Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nobody (2021), John Wick dengan Pembawaan yang Berbeda

Nobody (2021), John Wick dengan Pembawaan yang Berbeda.jpg

Untuk beberapa tahun kebelakang, seri film "John Wick" bisa dibilang sebagai film aksi-laga terbaik yang menyuguhkan ketegangan luar biasa juga menarik dari segi karakternya. Pada tahun 2021 ini ada sebuah film aksi-laga ala "John Wick" berjudul "Nobody". Bukan tanpa alasan orang-orang banyak yang mengaitkan film ini dengan "John Wick" karena ternyata di bagian penulisannya ada orang yang sama di balik film-film "John Wick" yaitu Derek Kolstad. Jadi, tidak heran "Nobody" di beberapa bagian akan terlihat seperti "John Wick".

"Nobody" diarahkan oleh sutradara Ilya Naishullerdan dan dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 26 Maret 2021 sementara di Indonesia pada 28 Maret 2021. Film yang didistribusikan oleh Universal Pictures ini berhasil meraih pendapatan sekitar $6,8 juta pada pekan pertama penayangannya di Amerika Serikat dan Kanada. Film yang diperkirakan menelan biaya produksi sekitar $16 juta ini mendapatkan rating 7,5/10 dari sekitar 42 ribu penilaian di IMDb sementara di Rotten Tomatoes mendapatkan rating 82% dari 214 ulasan. Rating yang cukup membuat kita berekspektasi lebih pada film ini. Sementara untuk para pemainnya ada, Bob Odenkirk, Connie Nielsen, Aleksei Serebryakov, RZA, Christopher Lloyd, Gage Munroe, Paisley Cadorath, Michael Ironside dan Billy MacLellan.

Sinopsis: Di suatu malam, Hutch (Bob Odenkirk) mencoba membantu seorang wanita dari gangguan sekelompok pria, ia pun berhasil menghajar para pria tersebut. Namun, aksinya tersebut membuat dirinya diincar oleh kelompok mafia. Ternyata, Hutch juga bukan orang sembarangan.

Review No Spoiler!

Cerita "Nobody" berdasarkan ide dari sang pemeran utama, Bob Odenkirk, dimana Odenkirk pernah menjebak para pencuri yang menerobos rumahnya di ruang bawah tanah. Ia merasa frustasi dengan pihak berwenang yang menangani kejadian tersebut dan ia membayangkan bagaimana jika ia adalah seorang yang badass maka ia akan mengatasi para pencuri itu sendirian. Badass disini dalam artian kuat, bisa berkelahi dan terlatih, ya seperti karakter yang diperankan Odenkirk di film "Nobody" ini.

"Nobody" memang terlihat seperti "John Wick", kesamaan karakter utamanya yaitu Hutch Mansell dan John Wick adalah mereka sama-sama orang badass dan mengerikan di masa lalunya namun sekarang sudah berhenti alias pensiun. Hingga suatu kejadian membawa keduanya kembali memunculkan sosok monster di diri mereka ke permukaan. Kedua film pun sama-sama memiliki fokus cerita di pengembangan karakter utamanya. Bedanya, pembawaan "Nobody" terkesan lebih ceria dan memiliki sedikit rasa humor ketimbang "John Wick" yang dibawakan dengan serius.

Dengan keputusan pembawaan yang lebih ke humoris ini, pemilihan Odenkirk sebagai pemeran karakter utamanya adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Kita tahu bagaimana ia hebatnya memerankan karakter Saul Goodman yang terlihat humoris di "Breaking Bad", kemudian ia memperlihatkan bahwa ia juga bisa sedikit lebih serius memerankan karakter tersebut di "Better Call Saul". Odenkirk memang aktor berbakat, tak ada keraguan mengenai itu. Melihat jajaran cast-nya ada Odenkirk saya jadi tidak khawatir jika film ini mau berfokus sepenuhnya pada karakter yang ia perankan karena saya yakin ia bisa menanganinya, tapi memerankan karakter yang badass dan jago bertarung bahkan menggunakan beragam senjata, apakah ia bisa? Jawabannya, iya, Odenkirk berhasil mengatasinya. Odenkirk bahkan berhasil menyuguhkan sisi pergulatan batin karakter utamanya, karakternya dibawakan dengan humoris namun dibalik semua itu Odenkirk juga menunjukkan kegelisahan si karakter yang ia perankan. Odenkirk kabarnya berlatih selama dua tahun untuk persiapan perannya di film ini. Wow, terbayar lunas dengan penampilan apiknya.

Sayangnya, karakterisasi di "Nobody" bisa dibilang tidak berimbang. Ketika karakter utama, Hutch Mansell, begitu mencuri perhatian di sisi lain karakter antagonisnya terasa hambar.

Jika kita mencoba membandingakn sebuah film dengan "John Wick" maka yang paling menjadi sorotan harusnya adalah adegan aksinya, apakah mampu bersanding dengan si 'Baba Yaga'? Jujur saja, di awal bahkan saya lebih menyukai "Nobody" apalagi di adegan perkelahian di bus. Itu mungkin adalah salah satu adegan perkelahian terbaik yang saya tonton, kenapa? Karena koreografinya luar biasa keren serta sadis, pengambilan gambar yang menarik meskipun di ruang sempit dan juga terkesan realistis serta berimbang, meskipun tentu saja di akhir jagoannya yang akan menang. Tapi selanjutnya, adegan aksinya terkesan biasa saja, bukan berarti buruk, masih tetap tergolong yang terbaik hanya saja ekspektasi saya pada film yang disandingkan dengan seri film "John Wick" harusnya lebih dari ini. Tapi itu penilaian saya jika memasukkan ekspektasi, tanpa ekspektasi tentu saja adegan aksi di film ini sangat luar biasa, bahkan untuk kalian yang datang ingin melihat adegan baku hantam dan saling tembak yang menegangkan percayalah "Nobody" tidak akan mengecewakan kalian karena plot film berjalan cepat untuk menyuguhkan adegan aksi ke adegan aksi yang lain, setidaknya setelah pertarungan di bus tadi. "Nobody" mendapatkan rating R dari MPAA sementara di Indonesia mendapatkan rating 17+ jadi bersiap-siaplah dengan adegan darah muncrat dan sebagainya.

Disini juga ada beberapa adegan aksi dengan gaya slow-motion yang diiringi lagu-lagu klasik, eh itu lagu klasik apa bukan sih, saya kurang tahu juga soalnya asing di telinga saya, tapi kedengarannya seperti lagu klasik tahun 90-an kebelakang.

Baca juga: Gangs of London Season 1, Pertarungan Sadis Para Mafia di London

Overall, "Nobody" adalah salah satu film aksi-laga terbaik tahun ini. Soal adegan aksinya memang kualitas kelas atas apalagi penampilan apik Odenkirk juga menambah kualitas film ini meskipun juga mengubur penampilan yang lain, termasuk antagonisnya sendiri. Untuk sekuel apakah akan dibuat? Rating sih sudah oke, tinggal pendapatan ini nih bagaimana, kalau pendapatannya juga oke biasanya produser dan rumah produksi juga akan mewujudkan adanya sekuel film ini. Crossover sama "John Wick" bisa kali, hehe.

Nilai: 8/10

Keywords: Review & Ulasan Film Nobody (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, location, soundtrack, cast, box office, amazon prime, izle, wiki

Posting Komentar untuk "Nobody (2021), John Wick dengan Pembawaan yang Berbeda"