Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Head Ball 2, Game Sepak Bola yang Unik

Head Ball 2, Game Sepak Bola yang Unik.jpg

"Head Ball 2" adalah sebuah game sepak bola yang unik. permainan sepak bola di game ini tidak seperti permainan sepak bola yang kita kenal. Tapi masih bisa disebut sepak bola, setidaknya ada bola, ada pemain, ada gawang jadi masih bisa disebut sepak bola.

Game "Head Ball 2" dibuat oleh developer Masomo. Selain "Head Ball 2", game lainnya dari Masomo adalah "Basketball Arena" yang juga tersedia di Play Store. Untuk saat ini Masomo sudah diakuisisi oleh Miniclip, developer game Android lainnya. Salah satu game yang paling populer dari Miniclip adalah "8 Ball Pool".

Game ini tersedia untuk Android serta iOS dan dirilis di Play Store pada 17 april 2018. Kalian bisa men-download game ini secara gratis.

Kita langsung bahas gameplay-nya saja. "Head Ball 2" akan menyuguhkan kita permainan satu lawan satu dimana kita mengontrol seorang pemain dengan tampilan yang unik. Tampilan pemain disini berupa kepala yang besar di atas satu kaki, agak lucu melihat desain karakter seperti ini, tapi ini memang sejalan dengan judul gamenya sendiri. Peraturannya adalah kalian harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu yang ditentukan. Pemain dengan jumlah gol terbanyak dinyatakan menang. Ya, seperti peraturan sepak bola pada umumnya.

Ada tiga tombol kontrol di game ini. Yaitu tombol untuk melompat, menendang lambung dan menendang datar. Tapi, kalian bisa mengombinasikannya seperti menekan tombol untuk melompat dan menendang lambung secara bersamaan. Game ini sangat bergantung pada timing kapan kalian harus meloncat, kapan kalian harus menendang serta bagaimana cara kalian mengantisipasi pergerakan lawan. Namun, saya merasa game ini juga memerlukan sentuhan keberuntungan karena pergerakan bola yang sulit ditebak, tak jarang kita bisa membuat sebuah gerakan bodoh yang berujung pada gol bunuh diri. Meskipun ada unsur keberuntungan tapi tetap saja skill sedikit banyaknya berbicara disini.

Selain tombol-tombol gerakan tersebut, di "Head Ball 2" kita juga bisa menggunakan kekuatan unik yang disebut super power. Super power ini ada beragam jenisnya, dari yang membuat lawan membeku, membuat gawang lawan jadi lebih tinggi, membuat kita tidak bisa dilihat lawan, membuat bola jadi tidak terlihat di mata lawan, membekukan bola dan banyak lagi. Kalian bisa memilih tiga jenis super power untuk setiap pertandingan dimana kalian bisa menggunakan satu kali untuk setiap jenis super power. Tapi, super power ini ada batasnya, jika super power kalian sudah habis maka setiap kalian menggunakan super power itu akan mengurangi diamond milik kalian.

Jangan lupa kalian bisa menggunakan fitur emoticon untuk mengejek lawan kalian jika kalian sudah unggul jauh, tapi jangan mengejek di awal pertandingan takutnya kalian sudah mengejek eh ternyata kalah. Hehe.

"Head Ball 2" merupakan sebuah game online dengan unsur kompetitif yang seru. Kita akan dimasukkan dalam sebuah liga dari mulai amateur league sampai yang paling atas champions league. Kita harus saling bersaing dengan pemain lain untuk mencapai posisi tertentu di liga agar selanjutnya kita bisa mendapatkan promosi ke liga yang lebih tinggi. Tapi, hati-hati jika kalian sudah berada di liga yang lebih tinggi maka kalian jangan sampai masuk posisi degradasi karena kalian bisa saja terlempar ke liga bawah jika kalian berakhir di posisi degradasi. Hitungan poinnya jika kalian menang mendapatkan 3 poin, imbang mendapatkan 1 poin dan kalah dikurangi 2 poin. Untuk yang berhasil finish di posisi pertama maka ia akan mendapatkan piala yang akan terpampang di halaman profil.

Ada juga event yang mengikuti pertandingan seru di dunia nyata seperti El Classico antara Real Madrid melawan Barcelona atau derbi Milan antara Inter Milan dan AC Milan. Kita akan memilih salah satu tim yang kita dukung pada pertandingan tersebut, setelah itu kita harus bermain untuk mencapai poin yang sudah ditentukan. Jika tim yang kita dukung menang, maka kita bisa mendapatkan hadiah berupa diamond.

Bagi saya, dibanding event yang saya sebutkan tadi, saya lebih suka event turnamen. Sebuah event dimana kita akan mengikuti sebuah turnamen dengan peserta berjumlah 16 orang dengan sistem gugur. Event memberikan kesan kompetitif yang lebih sederhana namun tetap seru. Jangan lupa, hadiah yang akan kalian dapatkan jika berhasil menjadi juara juga lumayan bagus.

Ada juga fitur tim dimana kita bisa membuat atau bergabung dalam sebuah tim bersama pemain lain dan bersaing untuk membuat tim kita menjadi yang terbaik. Ada juga liga untuk tim dimana hitungannya disini dari jumlah fan atau penggemar yang didapatkan oleh setiap anggota tim. Jadi, semakin aktif bermain anggota tim kalian maka semakin besar juga peluang untuk menjuarai liga tim.

Mode lainnya yang ada disini adalah mode career dimana kita bermain untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik. Mode yang sering diabaikan oleh saya karena lebih seru bermain di liga atau event turnamen.

Karakter-karakter di "Head Ball 2" ini sangat banyak dan bisa kalian kembangkan dengan menaikan levelnya dan menambahkan kartu peningkatan tertentu. Kalian juga bisa menambahkan aksesoris ke karakter kalian, jangan kira ini hanya untuk sekadar bergaya, aksesoris-aksesoris tersebut bisa meningkatkan beberapa statistik karakter yang kalian gunakan.

Hal penting yang harus kalian tahu soal "Head Ball 2" yaitu game ini menggunakan sistem energi/stamina dan tiket. Apa maksudnya itu? Jadi setiap karakter memiliki energi, setiap karakter memiliki jumlah energi yang berbeda-beda, semakin bagus sebuah karakter biasanya semakin banyak pula energi yang dimiliki, sebagai contoh karakter yang bisa kalian dapatkan di awal permainan memiliki jumlah 15 energi. Setiap match memerlukan 5 energi, jika salah satu karakter energinya sudah habis maka karakter tersebut tidak bisa digunakan untuk sementara waktu karena kita harus menunggu energinya terisi kembali. Kalian bisa memilih karakter lain jika masih ingin bermain atau kalian bisa membeli item yang bisa membuat energi karakter kalian penuh seketika. Sebenarnya untuk yang sudah memiliki banyak karakter bagus ini bukanlah sebuah masalah tapi untuk yang baru bermian dan baru memiliki beberapa karakter bagus ini jelas masalah karena kita harus menggunakan karakter yang lebih lemah dan percayalah jenis dan kualitas karakter di game ini sangat berpengaruh pada permainan. Untuk tiket bisa kita gunakan untuk bermain di liga atau liga tim dan jumlahnya ini sangat terbatas. Jika kalian terus-terusan bermain di liga kalian pasti akan kehabisan tiket karena tiket yang bisa kita miliki itu sedikit. Setelah tiket habis kita harus menunggu beberapa waktu agar tiket terisi kembali. Sistem energi dan tiket ini sebenarnya bagi saya cukup mengganggu tapi mungkin pendapat orang lain bisa berbeda.

Bentuk tampilan karakter di game ini memang lucu dan bisa disukai anak-anak tapi entahlah dengan sistem permainannya. Jelas terlalu ribet untuk anak kecil, tapi untuk anak kelas 5 SD mungkin mulai sudah paham. Musiknya benar-benar khas sepak bola sekali dan juga game ini sudah memiliki komentator, menarik juga ya game semacam ini ada komentatornya segala.

Sejauh ini mungkin kalian berpikir saya cuma kurang suka bagian sistem energi dan tiket di game ini, bagian lainnya saya terkesan memujinya. Tapi, ada satu kekurangan mayor yang saya temui di game ini. Iklan, ya iklan di game ini sangat mengganggu. Loh, kan sudah biasa kalau game gratis ada iklannya? Ya, tentu saja itu hal yang biasa, tapi iklan di "Head Ball 2" sudah menyentuh level menganggu unsur kompetitifnya. Kalau aturan kita harus menonton iklan untuk mendapatkan hadiah harian saya sangat memakluminya tapi bagaimana bisa ada pilihan kita harus menonton iklan agar poin yang kita dapat setelah bertanding bisa dua kali lipat. Ini sudah keterlaluan namanya, sangat mengurangi keseruan bermain dan persaingannya berasa tidak adil karena kita benar-benar dipaksa menonton iklan jika tidak jelas poin kita akan tertinggal oleh mereka yang menonton iklan. Bayangkan jika iklan yang muncul berdurasi satu menit yang mana hampir setara dengan waktu satu kali bermain di game ini. Satu menit kalian yang harusnya dibuat bersenang-senang bermain di game ini malah untuk menonton iklan yang saya jamin kalian bahkan tidak akan tertarik dengan iklan tersebut. Jika saat ini kita mengenal istilah pay to win maka "Head Ball 2" memperkenalkan kita istilah baru, watch ads to win.

Baca juga: Football Manager 2021 Mobile, Sedikit Update dari Tahun Sebelumnya

Overall, "Head Ball 2" adalah sebuah game dengan gameplay yang seru dan unik serta menyuguhkan kesan kompetitif yang tak kalah menariknya. Sistem energi dan tiket bisa menjadi plus minus tersendiri. Soal iklan, ini yang paling parah, andai pihak developer menghilangkan iklan di game ini khususnya yang mengganggu kesan kompetitifnya pasti game ini bisa terlihat lebih sempurna.

Nilai: 8/10

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game "Head Ball 2" yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Head Ball 2 Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android

Posting Komentar untuk "Head Ball 2, Game Sepak Bola yang Unik"