Football Manager 2021 Mobile, Sedikit Update dari Tahun Sebelumnya

"Football Manager 2021 Mobile" adalah game simulasi manajer sepak bola di Android yang memungkinkan kita menjadi manajer di sebuah klub sepak bola.
Football Manager 2021 Mobile, Sedikit Update dari Tahun Sebelumnya.jpg

"Football Manager Mobile" ("FMM"), salah satu game favorit para pencinta sepak bola di perangkat mobile sudah mengeluarkan seri terbarunya yakni "Football Manager 2021 Mobile" ("FMM 21"). Sebenarnya saya terbilang telat membuat postingan ini karena game ini sendiri sudah rilis sekitaran bulan November 2020, tepatnya pada 23 November 2020 saat perilisannya di Play Store. Saya dulu pernah membuat ulasan game "Football Manager 2020 Mobile" (" FMM 20") di blog ini, seri sebelumnya dari "FMM". Ulasan saya mengenai "FMM 20" adalah postingan-postingan awal blog ini, tak terasa berarti usia blog ini sudah satu tahun lebih.

Kembali ke game.

"FMM" adalah versi mobile dari game "Football Manager" yang tersedia di PC, tentu saja dengan pemangkasan fitur dan tampilan yang disesuaikan untuk perangkat ponsel. "FMM 21" tersedia untuk Android maupun iOS, untuk Android minimal Android 4.4 (KitKat) dengan resolusi layar 800×480 sementara untuk iOS minimal iOS 9. Game ini dikembangkan oleh Sports Interactive dan dipublikasikan oleh Sega.

"FMM 21" bukanlah game gratis, ini merupakan game berbayar yang bisa kalian beli di Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS. Di Play Store harga game ini adalah Rp149 ribu, kadang bisa kurang dari itu jika ada diskon. Jika kalian ingin membeli game ini mau lewat pulsa atau metode pembayaran apapun usahakan dana kalian lebih dari harga yang tertera di halaman download-nya karena biaya akhir yang harus kalian keluarkan biasanya lebih besar karena pajak dan lainnya. Sediakan Rp200 ribu untuk jaga-jaga. Selain biaya yang harus kalian keluarkan tadi untuk men-download gamenya, di dalam gamenya juga ada berbagai fitur yang bisa kalian beli. Fitur-fitur seperti IGE (in-game editor) atau sugar daddy bisa kalian beli. Apa gunanya fitur-fitur tersebut? Sederhananya untuk memudahkan kalian dalam membuat klub kalian berjaya, tapi saran saya jangan pernah memakai bantuan seperti itu jika kalian memang datang untuk mencari tantangan, apalagi IGE, fitur ini sebelas dua belas dengan cheat.

"FMM 21" mendapatkan penilaian yang bagus di Play Store dengan rating 4,2/5 dari sekitar 9 ribu ulasan. Game ini sudah di-download sebanyak 100 ribu kali dan menempati posisi pertama sebagai game berbayar paling populer di Play Store untuk genre olahraga.

Di "FMM 21" kalian akan menjadi seorang manajer atau pelatih sebuah tim sepak bola. Game sejenis ini sebenarnya banyak bertebaran di Play Store namun saya berani jamin kalian tidak akan menemukan game bertemakan manajer sepak bola serealistis "FMM 21". Jika kalian ingin merasakan sensasi menjadi pelatih tim sepak bola seperti di kehidupan nyata, maka singkirkan game manajer sepak bola lain dan mainkan "FMM 21" ini.

Sebagai pelatih sepak bola apa yang bisa kalian lakukan di "FMM 21"?

Jawabannya banyak. Mengatur formasi, mengatur kontrak pemain, mengembangkan pemain muda, membeli dan menjual pemain, mengatur jajaran staf dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa berpindah-pindah tim di "FMM 21". Hati-hati, jika klub kalian ngampas kalian bisa saja dipecat sebagai pelatih dan menganggur untuk sementara waktu. Selain menjadi manajer di klub kalian juga bisa menjadi manajer timnas.

Saya tidak akan membahas terlalu detail apa yang ada di game ini karena akan panjang, kita langsung saja ke fitur-fitur baru yang disuguhkan seri terbaru "FMM" ini.

Seperti biasa di setiap tahunnya akan ada liga baru yang ditambahkan, untuk seri 2021 ini ada 3 liga yakni liga dari Argentina, Meksiko dan Kanada. Jadi, untuk "FMM 21" total ada 24 negara yang liganya tersedia, beberapa negara bahkan tersedia sampai liga divisi bawah. Sayangnya untuk lisensinya memang gitu-gitu aja, beberapa pemain tidak ada gambarnya, tim yang logonya berbeda dengan aslinya sampai nama kompetisi dan nama tim juga ada yang berbeda dengan yang ada di dunia nyata. Paling mencolok adalah Juventus yang namanya berubah jadi Zebre. Sebenarnya kekurangan ini bukan masalah, ada trik untuk mengatasi hal ini, lain kali saya akan share caranya.

Di bagian pengaturan formasi ada menu baru dimana sudah disediakan taktik-taktik tertentu jika kalian ingin memakainya dari mulai parkir bus, gegenpress, counter-attack sampai tiki-taka. Jika kalian memilih salah satu taktik tersebut, maka otomatis pengaturan strategi kalian akan diatur ke taktik tersebut. Kalian tetap bisa merubah beberapa opsi strategi jika dirasa kurang pas. Opsi pengaturan free-kick juga diperbarui menjadi lebih kompleks.

Dari bagian formasi bergeser ke fitur lainnya yaitu relationships. Jadi, sekarang muncul menu baru yang menampilkan informasi si pemain sedang dekat atau menjalin hubungan yang baik dengan pemain mana dan juga si pemain sedang memiliki hubungan buruk dengan pemain mana. Cukup menarik, semakin memberikan kesan nyata di game ini.

Lalu ada menu Hierarchy dan Social Group. Hierarchy ini semacam tingkatan si skuad kita yakni paling atas ada Team Leaders, lalu Influencer dan paling bawah Other. Tingkatan ini menunjukkan seberapa besar pengaruh si pemain di skuad terhadap pemain lain. Biasanya pemain-pemain senior akan berada di tingkatan paling atas. Untuk Social Group juga ada 3 jenis yakni Core, Secondary dan Other. Kalau Social Group ini saya juga kurang paham apa maksudnya.

Di bagian informasi pemain ada tambahan lagi yaitu bahasa yang dikuasai pemain. Bukan penambahan yang luar biasa banget, tapi lumayan menambah informasi si pemain, kalau berpengaruh tidaknya ke gameplay saya juga kurang tahu.

Fitur baru terakhir yang saya temukan di "FMM 21" adalah pengaturan friendly match alias pertandingan persahabatan. Di "FMM 21" ini kita sudah bisa mengatur pertandingan persahabatan, seperti membatalkan pertandingan persahabatan yang sudah dijadwalkan atau membuat pertandingan persahabatan baru.

Sayangnya memang dari segi visual pertandingan masih berupa bulatan-bulatan bukan visual bentuk pemain sungguhan. Suara juga tidak ada, entahlah, sesusah apa sih buat pengembang memberikan suara di game ini, atau kejadian ini hanya terjadi di ponsel saya, tapi saya sudah coba game ini di dua HP tetap tidak ada suaranya, jadi mungkin memang dari sananya yang tidak ada suaranya.

update-nya lumayan lah, yang paling berasa ada di bagian formasi, update lainnya bukan hal yang terlalu besar dan tidak berpengaruh besar ke gameplay. Seenggaknya ada update di bagian fiturnya bukan hanya memberikan pembaruan transfer pemain saja.

Baca juga: Cara Menambahkan Gambar Wajah Pemain, Logo Klub dan Seragam Klub di Football Manager 2021 Mobile dan Touch untuk Android

Overall, "FMM" dengan seri terbarunya, "FMM 21", semakin memperjelas dirinya sebagai game manajer sepak bola terbaik dan terealistis di perangkat mobile. Penambahan fitur yang lumayan, setidaknya "FMM" tak pernah absen membawa fitur-fitur baru di setiap tahunnya, ini semakin membuat kita penasaran fitur apalagi yang akan dibawa pihak developer untuk "FMM 22". Sayangnya, dari visual pertandingan, suara dan lisensi masih tak ada perkembangan.

Nilai: 7/10

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di postingan ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game ini mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game Football Manager 2021 Mobile yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Football Manager 2021 Mobile Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel