Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sky: Children of the Light, Game dengan Visual dan Musik Terindah di Android

Sky: Children of the Light, Game dengan Visual dan Musik Terindah di Android.jpg

Jika ditanya untuk apa kalian bermain game maka jawabannya bisa bermacam-macam, dua diantaranya adalah untuk mencari tantangan atau untuk mencari ketenangan. Di Android, jika kalian mencari game yang memberikan tantangan kebanyakan orang akan bermain game kompetitif semacam Mobile Legends, PUBG, Free Fire atau game semacamnya yang memberikan kesan persaingan yang seru, kadang bikin jengkel jika kita kalah terus. Nah, bagaimana untuk kalian yang bermain game dengan tujuan mencari ketenangan dan melepas penat dari hari-hari yang melelahkan, bermain game yang saya sebutkan sebelumnya tentu bukan pilihan yang bagus, apalagi jika kalian kalah dalam permainannya, bukannya menenangkan malah bikin tambah pusing. Lalu, game Android mana yang layak dimainkan sebagai sarana hiburan menenangkan pikiran? Saya akan langsung menjawab, Sky: Children of the Light.

Sky: Children of the Light atau biasa juga hanya disebut Sky adalah sebuah game adventure yang bisa dimainkan di Android. Game ini juga biasa disebut art/graphic game, saya tidak tahu jenis game semacam apa itu, saya menemukan informasi tersebut dari Wikipedia pada halaman informasi terkait game ini.

Sky dikembangkan oleh Thatgamecompany. Pengembang game yang satu ini merupakan sebuah pengembang game indie yang didirikan oleh Jenova Chen dan Kellee Santiago pada 2006. mereka merupakan mahasiswa di University of Southern California. Pada awal terbentuknya, Thatgamecompany langsung dikontrak Sony Computer Entertainment untuk membuat tiga game di PlayStation 3. Developer tersebut sudah menyelesaikan kontraknya dengan membuat tiga game yaitu Flow, Flower dan Journey. Sky adalah game keempat dari Thatgamecompany dan kali ini tidak dirilis di PlayStation 3 tapi di iOS, Android dan sedang direncakan untuk dirilis juga di Nintendo Switch. Menurut Chen, Thatgamecompany selalu mengusung ide game-game dengan pendekatan emosional kepada para pemainnya. Baik Flow, Flower, Journey dan game Sky ini memiliki penyajian yang mementingkan keindahan dan memberikan sesuatu sensasi yang berbeda dalam bermain game.

Di Android, Sky sudah dirilis sejak 7 April 2020. Game ini berhasil mendapatkan rating 81/100 di Metacritic. Sky juga berhasil mendapatkan penghargaan Mobile Game of the Year pada ajang SXSW Gaming Awards serta Audience Award pada Game Developers Choice Awards. Pada 5 Oktober 2020, Gamasutra melaporkan Sky sudah di-download lebih dari 50 juta kali di seluruh dunia.

Sebelum kita membahas keunggulan game ini yaitu dari segi grafis dan musiknya, mari kita bahas terlebih dahulu gameplay yang diusung game ini. Di Sky, kita akan memainkan seorang bocah yang tak jelas apakah ia bocah laki-laki atau perempuan, saya juga menyebutnya bocah karena ukuran tubuhnya yang tergolong kecil. Bocah yang kita mainkan punya kemampuan untuk terbang dengan menggunakn jubah berbentuk sayap. Cerita awal game ini saya kurang paham karena pemahaman Bahasa Inggris saya belum terlalu bagus, tapi dari apa yang saya tangkap game ini menceritakan kekuatan kegelapan yang membuat para bintang jatuh. Kemudian para bintang membuat dunia di atas awan, si bocah yang kita mainkan memiliki tugas mengembalikan para bintang ke angkasa, tempat mereka seharusnya berada. Kalian bisa mengkoreksi jika cerita ini salah, karena cerita disampaikan dalam Bahasa Inggris dan seperti yang saya bilang kemampuan Bahasa Inggris saya masih kurang.

Meskipun memiliki sebuah latar cerita, tapi Sky tidaklah membuat cerita tersebut ribet dan juga tidak menjadikan cerita tersebut sebagai hidangan utama di game ini. Sky masih sebuah game sederhana dengan konsep adventure. Kita akan menggunakan karakter bocah tadi untuk berpetualang di setiap level di tujuh dunia berbeda. Untuk menyelesaikan setiap level kita hanya perlu mengikuti teka-teki di game ini, tenang saja, teka-tekinya mudah kok, setidaknya begitulah yang saya rasakan sejauh saya bermain sampai saat ini.

Kita bisa mengatur penampilan karakter bocah tersebut dengan berbagai item atau aksesoris yang kita dapatkan sepanjang petualangan game ini. Salah satunya adalah penampilan gaya rambut, di bagian inilah kita bisa memilih apakah karakter bocah yang kita mainkan ingin terlihat sebagai bocah perempuan atau laki-laki. Kita juga bisa mengumpulkan winged light, sebuah item yang akan membuat karakter kita bisa terbang lebih tinggi.

Yang saya keluhkan dari game ini hanya di bagian kontrol yang agak sulit. Sebagai pemula kalian pasti akan kesulitan mengontrol karakter kalian, apalagi saat terbang. Tapi, saya pernah berjumpa dengan pemain di game yang pergerakannya sangat mulus, sepertinya dia sudah terbiasa dengan kontrol game ini. Jadi, mungkin kita juga bisa semakin terbiasa memainkan game ini jika sudah cukup lama atau sering memainkannya, ini hanya masalah waktu.

Sekarang kita masuk ke bagian keunggulan game ini, apalagi kalau bukan visual yang memanjakan mata. Grafis Sky sangat memukau, berhasil memberikan tampilan dunia di atas awan yang sempurna. Apalagi jika kalian adalah seorang penggemar dongeng-dongeng fantasi dengan makhluk-makhluk ajaibnya, kalian akan merasa terpuaskan dengan game ini, karena dunia fantasi di game ini juga diisi makhluk-makhluk yang unik, aneh namun juga indah dalam waktu bersamaan. Kalian benar-benar akan merasa dibawa ke dunia fantasi yang luar biasa indah, di beberapa momen kalian akan berharap dunia di game ini benar-benar nyata saking indahnya.

Sky juga memiliki pengaturan tingkatan grafis, bisa kalian atur ke grafis paling rendah jika spesifikasi ponsel kalian masih tingkat bawah karena memainkan game ini di tingkatan grafis tertinggi pada ponsel kelas bawah akan membuatnya cepat panas dan keseruan bermainpun akan terganggu. Percayalah, pada pengaturan grafis tingkat bawah pun game ini masih memberikan kesan visual yang sangat keren, tak akan ada yang protes akan hal itu. Tapi, memang jika ponsel kalian memadai ada baiknya memainkan game ini di tingkat grafis paling tinggi karena akan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Visual indah tentu tidak lengkap tanpa musiknya. Sky juga punya musik yang tak kalah menenangkan. Musik yang ada di game ini dibuat oleh Vincent Diamante dan musiknya cukup beragam bukan hanya satu. Musiknya disesuaikan dengan kejadian yang sedang terjadi, jika sedang momen epik maka musik yang diperdengarkan juga adalah musik yang memiliki nuansa epik. Pokoknya, musik dan visual di game ini sangat sinkron, tidak ada musik yang merusak suasana justru menguatkan kesan yang dibawa game ini sendiri di adegan-adegan tertentu. Untuk kalian yang suka dengan musik di game ini, kalian bisa memutarnya di berbagai layanan streaming musik seperti Spotify.

Dalam game ini kalian bisa bermain secara online bersama teman kalian atau lebih cocok mungkin bersama pasangan kalian karena di game ini kalian bisa berjalan-jalan atau lebih tepatnya terbang di dunia fantasi yang indah sambil pegangan tangan, kurang romantis apa coba? Karakter kita memang tidak bisa kita berikan nama tapi kita bisa memberikan nama pada karakter teman kita dan nama itu hanya bisa dilihat oleh kita sementara teman kita tidak bisa melihat nama yang kita berikan.

Mengusung keindahan sebagai sajian utama dalam gamenya, Thatgamecompany juga melakukan berbagai aksi amal yang tak kalah indahnya dalam game ini. Pada 2020, dalam memperingati Hari Bumi, ada sebuah fitur pembelian unik di game yang tentu saja menggunakan uang asli. Hasil dari pembelian tersebut disumbangkan untuk penanaman kembali pohon di Australia dan di Amazon karena dampak kebakaran hutan. Hasilnya ada lebih dari 40 ribu pohon di tanam dari aksi amal di game ini yang bekerja sama dengan badan amal OneTreePlanted. Selain itu, menanggapi pandemi Covid-19 yang terjadi, developer Thatgamecompany kembali menghadirkan pembelian unik di dalam game yang hasilnya disumbangkan pada organisasi Doctors Without Borders, sebuah organisasi kemanusiaan berskala internasional dari Prancis yang berfokus pada kesehatan terutama penanganan pada negara yang sedang terkena konflik dan juga pandemi sebuah penyakit. Dari aksi amal di game Sky ini terkumpul dana sebanyak $1.027.340 atau jika dirupiahkan sekitar Rp14 miliar lebih.

Baca juga: Pocket Build, Salah Satu Game Building Terbaik di Android

Overall, Sky adalah sebuah game dengan gameplay sederhana tapi visualnya luar biasa. Dari awal pihak developer memang tidak berfokus pada mekanisme game yang rumit tapi pada keindahan visual dan musik yang bisa menyentuh sisi emosional si pemain, dan itu harus diakui sangat berhasil. Kendala di kontrol permainan sepertinya hanya masalah waktu untuk kita bisa terbiasa.

Nilai: 9/10

Catatan:
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game Sky: Children of the Light yang dirilis di platform Android.
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Nilai tukar mata uang di artikel ini diambil berdasarkan nilai tukar saat artikel ini dipublikasikan atau diperbarui yakni tanggal 22 April 2021.

Keywords: Game Sky: Children of the Light Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, night, tv, game settings, release date, requirements

Posting Komentar untuk "Sky: Children of the Light, Game dengan Visual dan Musik Terindah di Android"