Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Day R Survival, Game Survival yang Unik dan Menarik di Android

Day R Survival, Game Survival yang Unik dan Menarik di Android.jpg

Day R Survival adalah sebuah game RPG dan survival yang sebenarnya sudah dirilis sejak lama. Game ini pertama kali dirilis di Play Store sejak tanggal 2 Februari 2016. Selain di Android, game yang dikembangkan oleh tltGames ini juga tersedia di perangkat iOS. Game ini tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi premium. Untuk versi premium dihargai Rp41.000, belum termasuk pajak. Tapi, kadang di waktu-waktu tertentu harganya bisa turun, saya sempat membeli versi premium game ini di harga Rp13.000 saja karena saat itu sedang ada bonus potongan harga. Perbedaan versi premium dengan versi biasa yang saya jumpai adalah adanya bantuan berupa item-item seperti hewan peliharaan, pakaian, ransel dan barang lainnya di awal game. Versi premium juga memberikan kita penanda yang lebih banyak dibanding versi gratis. Masih ada beberapa lagi keuntungan lainnya jika kita membeli versi premium dari game ini.

Di Android sendiri, game-game survival jumlahnya tidak sedikit, sebut saja Life After atau Last Day on Earth yang bisa dibilang paling populer. Game ini juga secara garis besar konsepnya hampir sama seperti dua game tersebut, bertahan hidup di dunia yang sudah hancur, meskipun Day R Survival bukan tentang zombie layaknya dua game tersebut. Namun secara gameplay Day R Survival ini jelas jauh berbeda, itulah kenapa game ini masih bisa bertahan sampai saat ini karena sebagian orang justru menyukai gameplay game survival di Day R Survival ketimbang di LDOE atau Life After.

Cerita di Day R Survival berlatar tahun 1990 di Uni Soviet yang sudah hancur karena perang nuklir. Kita akan memainkan seorang pria yang terbangun tanpa mengingat siapa dirinya dan apa yang terjadi. Kita akan menelusuri apa yang sebenarnya terjadi di negara tersebut dan juga tak lupa menguak masa lalu serta siapa sebenarnya pria yang kita gunakan di game ini. Keunggulan game ini salah satunya memang dari ceritanya karena game ini juga sudah mendukung Bahasa Indonesia jadi kita bisa paham cerita di Day R Survival. Ceritanya memang sangat menarik layaknya sebuah novel, kalian pasti akan menikmati cerita di game ini, kecuali jika kalian orang yang malas membaca.

Gameplay Day R Survival ini cukup unik, kalau mau dibilang open-world ya memang bisa disebut open-world tapi jangan membayangkan game open-world semacam GTA atau game sejenisnya. Cara kita menggunakan karakter di game ini hanya menekan di bagian tertentu di peta maka karakter kita akan bergerak.

Day R Survival adalah sebuah game survival yang penuh perhitungan dalam artian setiap keputusan yang kalian ambil harus kalian pikirkan matang-matang. Kesulitan game ini datang dari kelaparan, kehausan, radiasi dan penyakit. Tak lupa ada monster-monster dan para bandit yang juga harus kalian atasi. Bagi saya, tantangan terbesar di game ini adalah di awal game dimana kapasitas penyimpanan item kita yang terbatas akan membuat kita memilih-milih mana item yang layak dibawa dan mana item yang layak ditinggalkan begitu saja. Kadang untuk pemain baru yang tidak paham mana item yang penting akan membuat kesalahan dalam pemilihan item yang akan dibawa. Makanan, air bersih dan obat-obatan adalah item-item yang harus kalian utamakan, selain itu kalian juga harus membawa beberapa peralatan serta senjata, jika masih ada ruang penyimpanan kalian juga jangan lupa beberapa item penting yang berguna untuk crafting.

Day R Survival terasa kompleks di beberapa bagian. Contohnya saja item-item di game ini memiliki berat yang berbeda-beda. Kapasitas penyimpanan item di game ini diukur dari berat item-nya. Selain itu, untuk beberapa makanan juga ada waktu kadaluwarsanya, makanan jenis ini adalah makanan yang harus diutamakan untuk kalian makan terlebih dahulu.

Peta yang bisa kalian jelajahi di Day R Survival sangatlah luas dengan puluhan atau mungkin ratusan kota yang bisa kalian kunjungi dalam petualangan di game ini. Pokoknya petualangan kalian tidak akan berakhir dalam waktu singkat di Day R Survival.

Layaknya game RPG pada umumnya, Day R Survival juga menyuguhkan kita pada pengembangan karakter dengan cara menaikan levelnya lewat berbagai aksi yang kita lakukan seperti crafting untuk mendapatkan poin pengalaman yang nantinya akan membuat level karakter kita naik. Semakin tinggi level karakter kita, semakin banyak pula item-item yang bisa kita buat dengan cara crafting. Kita bisa membuat pakaian, senjata, peralatan sampai kendaraan jika level kita sudah mencapai level tertentu.

Di game ini kita juga bisa bertarung entah itu dengan hewan-hewan yang menjadi monster karena radiasi atau dengan para bandit jahat. Pertarungan di game ini cukup unik, jadi kita akan bermain secara bergiliran dengan lawan di sebuah arena layaknya papan catur. Kita bisa bergerak dan menyerang ataupun kabur dari pertarungan. Setiap pergerakan harus kalian perhitungkan baik-baik, apalagi jika lawan kalian kuat.

Di game ini juga ada tingkat kesulitan yang bisa kalian pilih di awal game. Ada mudah, normal, sulit dan juga online. Untuk online ini bedanya ya seperti namanya, ini mode online dimana kalian bisa bertemu dengan pemain asli lainnya di game ini. Apa yang bisa kalian lakukan dengan pemain lain di game ini? Yang pertama sudah pasti berkomunikasi lewat fitur chat dan juga bertukar barang. Katanya sih kalian juga bisa bersama-sama bertarung melawan para bandit tapi entahlah saya juga belum pernah mencobanya, jadi entah itu benar atau tidak saya juga kurang tahu. Dalam mode online ini sebenarnya tingkat kesulitan sama dengan di mode normal.

Di game ini ada pilihan kualitas grafis, tapi jujur saja saya tidak terlalu melihat perbedaanya antara grafis dalam tingkat tinggi atau rendah di game ini, semuanya terlihat sama saja. Pilih apa saja terserah kalian, kalau kalian mau mengaturnya di tingkat grafis tertinggi juga tidak masalah, ini bukan game berat, karena ponsel dengan spesifikasi rendah juga sudah bisa lancar memainkan game ini.

Baca juga: Film-Film Survival Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 1)

Hal yang menarik lainnya dari game ini adalah di bagian musiknya, terdengar creepy dan berhasil menambah kesan menegangkan di game ini. Tak lupa efek suara seperti langkah kaki ataupun suara saat kita mencari item terdengar sangat realistis.

Overall, Day R Survival adalah sebuah game survival dan RPG yang menarik dan memberikan kesan beda khususnya dari segi gameplay dimana ini setahu saya merupakan gameplay yang belum pernah diusung game survival lainnya di Android. Cerita yang seru serta musik yang realistis seakan membawa kita lebih jauh ke dalam keseruan game ini.

Nilai: 8/10

Catatan:
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game Day R Survival yang dirilis di platform Android.

Keywords: Game Day R Survival Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, belaz, bandit camps map, all weapons, all perks, all version, armor, apkpure, tamat, premium mod apk free craft, guide, mod apk 2021, 2022, 2023, cara cheat day r survival tanpa root, cara bermain day r survival

Posting Komentar untuk "Day R Survival, Game Survival yang Unik dan Menarik di Android"