Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Game Sepak Bola Terbaik di Android

Game Sepak Bola Terbaik di Android.jpg

Sepak Bola adalah olahraga paling populer untuk saat ini. Selain menyaksikan para pemain bintang bertanding di lapangan hijau, bermain sepak bola sebagai hobi untuk kita yang bukan pemain sepak bola profesional adalah sebuah hal yang menyenangkan. Tak heran, sepak bola terasa dekat dengan kehidupan banyak orang.

Karena popularitasnya yang luar biasa, sudah banyak game-game yang mengangkat tema tentang olahraga sepak bola di berbagai platform. Perkembangan pesat smartphone khususnya Android membuat para pengembang game mulai membuat game bertemakan sepak bola dan menghadirkannya di Android. Kali ini saya akan membuat daftar game-game sepak bola terbaik di Android, tapi beberapa game yang ada di daftar ini konsepnya tidak sepenuhnya seperti sepak bola yang kita tahu, ada yang memakai konsep yang berbeda namun tetap ada unsur sepak bolanya.

Untuk game bertemakan manajer sepak bola yaitu game simulasi dimana kita menjadi manajer sebuah tim sepak bola, bukan memainkan pemainnya, tidak akan disertakan dalam daftar ini karena saya akan membuat postingan lainnya untuk jenis game manajer sepak bola.

Berikut Game Sepak Bola Terbaik di Android

1. eFootball PES

Saya tidak mengurutkan daftar ini dari yang paling bagus. Jadi, game yang berada di posisi satu di daftar ini bukan berarti yang terbaik tapi saya memasukkan eFootball PES di posisi ini karena jika ada yang meminta rekomendasi game sepak bola di Android pada saya maka saya akan pertama kali merekomendasikan game eFootball PES ini. Alasannya sepertinya kalian sudah tahu sendiri. Name PES bukanlah nama yang asing di ranah game sepak bola, bukan hanya di platform Android tapi juga di platform lainnya. Berbicara game eFootball PES sebagai game sepak bola di Android itu seperti PUBGM di genre battle royale atau Mobile Legends di genre MOBA, mereka sudah berada di posisi yang sulit dikejar para pesaingnya di genre serupa. Mereka sudah punya popularitas, jumlah pemain dan tentu saja kualitas untuk merajai genre-genre tersebut.

eFootball PES memiliki grafis yang keren, pergerakan pemain yang lumayan smooth, kontrol yang nyaman serta kesan kompetitif yang cukup terasa. Pokoknya game ini mampu membusungkan dada di bagian-bagian tersebut. Tapi, bukan berarti game ini tanpa kekurangan. Kualitas server yang masih sering terjadi kendala ketika bermain online serta lisensi yang terbatas jadi kekurangan game eFootball PES. Tenang saja, Konami selaku pengembang eFootball PES setiap tahunnya selalu mencoba menyempurnakan setiap bagian dari game ini, jika dibandingkan beberapa tahun lalu, kualitas servernya sekarang bisa dibilang lebih baik meskipun belum mencapai tahap stabil.

Dengan kualitas grafis yang bagus, eFootball PES membutuhkan ponsel Android dengan spesifikasi yang lumayan tinggi jika ingin memainkan game ini dalam pengaturan grafis tertinggi.

Saya sempat menyinggung di atas kalau kesan kompetitif game ini cukup terasa, itu karena saya sempat mengikuti turnamen kecil-kecilan yang dibuat orang di grup PES di Facebook. Cukup banyak orang yang membuat turnamen PES semacam itu, lumayan untuk senang-senang saja dan menambah teman bermain.

2. FIFA Mobile

Sama seperti PUBGM yang memiliki saingan Free Fire di genre battle royale, eFootball PES juga memiliki saingan berat yaitu FIFA Mobile.

Grafis FIFA Mobile sebenarnya juga sama bagusnya dengan eFootball PES, hanya saja punya kesan yang berbeda. Untuk kontrol agak berbeda dengan eFootball PES, masih lebih nyaman eFootball PES. Keunggulan FIFA Mobile dibanding eFootball PES adalah lisensinya yang sudah lumayan lengkap.

FIFA Mobile juga mendukung fitur bermain online dengan pemain lain, bedanya di FIFA Mobile ada sistem permainan online dimana kita tinggal memasukkan bola dari beberapa peluang yang diberikan. Bagusnya peluang kita tergantung seberapa besar kekuatan skuad kita dibandingkan kekuatan skuad tim lawan.

3. Dream League Soccer

Datang dari developer First Touch Games dan X2 Games, Dream League Soccer menyelinap dibalik kepopuleran eFootball PES dan FIFA Mobile yang memang sudah bermodalkan nama besar ketika muncul di Android.

Dream League Soccer adalah game sepak bola asli yang dikembangkan untuk perangkat mobile Android dan iOS. Sayangnya, memang dari beberapa bagian Dream League Soccer bisa dibilang kalah telak. Grafis dan pergerakan pemain di game ini masih terasa kaku jika dibandingkan dengan FIFA Mobile atau eFootball PES. Pun begitu kontrol juga masih bisa dikembangkan menjadi lebih nyaman daripada yang sudah ada.

Berbeda dengan FIFA Mobile maupun eFootball PES yang konsep permainannya menyusun skuad puncak yang berisikan pemain-pemain kelas atas dengan menyelesaikan berbagai event, Dream League Soccer hadir dengan konsep yang mungkin kita kenal sebagai Master League di PES versi konsol. Ceritanya sepak bola seluruh dunia bersatu dan membentuk sebuah kompetisi yang terdiri dari berbagai divisi, kalian akan membuat sebuah tim dan memulai perjalanan kalian dari divisi terbawah. Konsep Master League di PES versi konsol sebenarnya tidak seperti ini, tapi lumayan mirip lah. Untuk saya yang berharap Konami mau membawa fitur Master League di PES versi konsol ke versi Android, Dream League Soccer seperti mewujudkan hal itu meskipun dengan gameplay yang terasa kurang.

Perjalanan kalian akan dimulai dengan membuat klub. Kemudian kalian mulai bisa melakukan aktivitas transfer pemain seperti menjual atau membelinya. Mengembangkan fasilitas klub seperti stadion juga merupakan hal penting jika kalian ingin klub kalian bersiang di divisi atas dengan klub-klub top.

Dream League Soccer juga menyediakan fitur bermain secara online dengan pemain lain tapi sayangnya fitur ini jauh dari kata memuaskan.

4. Champion of the Fields

Champion of the Fields bisa dibilang adalah game sepak bola yang tergolong baru di Android jika dibandingkan dengan tiga game sebelumnya. Game ini datang dari pengembang game NetEase, developer yang satu ini bukan developer ecek-ecek di Android. NetEase sudah merilis banyak game di Android dan game-game keluaran NetEase bukanlah game ringan, ukuran game-game karya NetEase biasanya di atas 1 GB. Salah satu game besutan NetEase favorit saya adalah Life After, sebuah game survival terbaik yang pernah saya mainkan di Android. Jadi, saya punya ekspektasi tinggi pada Champion of the Fields karena melihat nama besar NetEase dibelakang layarnya.

Champion of the Fields memiliki mode permainan seperti FIFA Mobile, saya bahkan merasa terlalu mirip hingga menganggap game ini plagiat. Tapi, kesamaannya hanya dari mode permainan, karena gameplay keduanya jelas terasa beda. Champion of the Fields memang tidak berhasil memenuhi ekspektasi tinggi saya tapi jika kalian ingin merasakan gameplay lainnya dari game sepak bola di Android, memainkan Champion of the Fields saya rasa tidak ada salahnya.

5. Score! Hero 2

Berbeda dengan empat game sebelumnya dimana gameplay-nya masih seperti permainan sepak bola pada umumnya yang kita kenal, Score! Hero 2 menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Game ini merupakan besutan First Touch Games, ya developer yang sama yang membuat game Dream League Soccer.

Di game ini kalian hanya akan mengusap layar untuk membuat operan atau tembakan ke gawang. Kalian akan membuat sebuah karakter lalu akan mengikuti perjalanan karakter tersebut sebagai pemain bola profesional dimulai dari akademi sampai membela timnas di ajang internasional. Game sederhana namun menantang karena semakin panjang perjalanan kalian semakin susah pula skenario yang diberikan game ini.

6. Score! Match

Melihat dari namanya sudah jelas game ini masih datang dari pengembang yang sama dengan game sebelumnya. Score! Match memang merupakan game bertemakan sepak bola lainnya dari First Touch Games, bedanya game ini dengan Score! Hero 2 adalah dari gameplay-nya. Kita akan memainkan pertandingan seperti biasanya, hanya saja kita mengontrol pemain kita hanya saat melakukan operan dan tembakan saja, selebihnya pemain akan bergerak dengan sendirinya menyesuaikan role mereka masing-masing.

Di game ini kalian bisa bermain online melawan pemain lain dengan aturan yang mencetak dua gol terlebih dahulu langsung dinyatakan sebagai pemenang tanpa harus menunggu waktu selesai, sementara jika hasil imbang akan dilanjutkan lewat adu penalti.

7. Football Strike

Football Strike dikembangkan oleh Miniclip.com dan dirilis pada 13 September 2017. Suguhan utama game ini adalah permainan pemain melawan pemain lain secara online dimana gameplay game ini hampir sama dengan Score! Hero 2, kita hanya mengusap layar untuk menentukan bagaimana kita menembak. Di mode online tersebut ada dua mode yaitu mode dimana kalian dan lawan akan bersaing meraih poin tertinggi dengan menembak target dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Mode lainnya yaitu mode free-kick dimana kalian akan bergantian dengan lawan sebagai penendang dan penjaga gawang. Game ini sebenarnya juga punya mode career tapi tetap saja sajian utamanya adalah mode bermain online dengan pemain lain karena itulah yang membedakan game ini dengan Score! Hero 2.

8. Head Ball 2

Head Ball 2 adalah sebuah game keluaran MASOMO yang sudah tersedia di Play Store untuk Android sejak tanggal 17 April 2018. Game ini mengusung gameplay yang sangat jauh dengan sepak bola pada umumnya yang kita kenal. Kalian akan menggunakan seorang karakter dengan kepala yang besar dan satu kaki melawan karakter lawan, tugas kita adalah memasukkan bole ke gawang lawan sebanyak mungkin sampai waktu pertandingan selesai. Kontrol di game ini hanya ada tiga yaitu untuk melompat, menendang datar dan menendang lambung, kedua tombol menendang tersebut juga bisa digunakan untuk menyundul. Selain itu kalian juga bisa menggunakan berbagai super power seperti membekukan musuh, membuat lawan tidak bisa melihat bola, membuat tubuh karakter kita membesar, membuat gawang lawan semakin tinggi, dan masih banya super power lainnya.

Game ini adalah game online jadi untuk memainkannya kalian harus terhubung ke internet.

9. New Star Soccer

Bersama dengan eFootball PES, game ini adalah game yang paling sering saya mainkan diantara game lainnya yang ada di daftar ini. Di game ini kalian akan membuat sebuah karakter lalu memulai karier sepak bola kalian di usia 16 tahun, biasanya kalau kalian memilih untuk bermain di liga-liga terkenal seperti Liga Inggris, Liga Italia, atau Liga Spanyol kalian akan diminati oleh tim divisi bawahnya, sementara jika kalian memilih liga yang kurang populer seperti Liga Indonesia misalnya, kalian bisa langsung diminati oleh klub divisi utamanya. Ya, disini juga ada Liga Indonesia yang berisikan tim-tim yang kita kenal seperti Persib, Persija, Arema, Persipura, dan Persebaya.

Gameplay game ini cukup unik, ini layaknya mini game yang digabungkan untuk membentuk sebuah konsep permainan sepak bola baru dalam video game.

New Star Soccer dikembangkan oleh New Star Games dan dipublikasikan oleh Five Aces Publishing untuk Android. Game ini sebenarnya sudah lebih dulu hadir di perangkat PC. New Star Soccer juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan salah satunya BAFTA dalam kategori Best Sports/Fitness Game.

Itulah tadi daftar game-game bertemakan sepak bola terbaik yang ada di perangkat Android. Tentu saja daftar tersebut tidak mutlak bisa dijadikan patokan kualitas sebuah game, kalian tentu saja pasti punya daftar masing-masing jika ditanya game-game bertemakan sepak bola mana saja yang terbaik di Android. Saya membuat daftar ini hanya untuk sekadar rekomendasi jika kalian kebetulan sedang mencari game-game bertemakan sepak bola yang seru di Android. Jika kalian tahu game-game bertemakan sepak bola terbaik yang menurut kalian cocok masuk ke dalam daftar ini silakan tulis judul gamenya di kolom komentar, jika ada waktu mungkin saya bisa memainkannya dan jika menurut saya game tersebut bagus akan saya masukkan ke dalam daftar ini.

Semua game yang ada di daftar ini tersedia untuk diunduh di Play Store, setidaknya sampai saat tulisan ini dibuat game-game tersebut masih tersedia di Play Store.

Catatan:
=> Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur, dan informasi tentang game di postingan ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.
=> Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas versi game yang dirilis di platform Android.

Keywords: game sepakbola android hd, seperti ps3, multiplayer bluetooth offline, terbaru, offline grafik terbaik 2020, terbaik 2021, game sepak bola android offline, android kitkat, ram 1gb

Posting Komentar untuk "9 Game Sepak Bola Terbaik di Android"