Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review dan Sinopsis Film Who Am I (2014)

Review dan Sinopsis Film Who Am I (2014).jpg

 
     

Sinopsis

"Who Am I" menceritakan tentang seorang remaja bernama Benjamin Engel (Tom Schilling) yang merupakan seorang introver, lemah, tak dianggap, dan memiliki keluarga yang kacau. Saat ia baru lahir ayahnya kabur dan meninggalkan ia serta ibunya dan pada saat usia Benjamin 8 tahun ibunya bunuh diri. Kini ia bekerja sebagai pengantar piza dan tinggal bersama neneknya yang sudah mengidap penyakit alzheimer. Bisa dibilang Benjamin adalah pecundang sejati dengan semua kekurangan dan kesialannya. Namun, di dunia maya ia adalah seorang hacker hebat.

Suatu hari ketika mengantarkan piza ia secara tak sengaja bertemu dengan Marie (Hannah Herzsprung), wanita yang ia sukai semenjak masa sekolah. Dasar sifat si Benjamin yang pemalu, saat masa sekolah untuk sekadar menyapa saja ia tidak berani. Mendengar kalau Marie memiliki masalah dengan ujiannya Benjamin memutuskan untuk membantu Marie dengan cara pergi ke universitas dan men-download soal-soal ujian dari server tapi sayangnya aksinya itu gagal dan ia pun ditangkap. Karena tidak memiliki catatan kriminal sama sekali Benjamin hanya mendapat hukuman pelayanan masyarakat.

Saat sedang menjalani hukuman Benjamin bertemu dengan Max (Elyas M'Barek), seorang lelaki badboy yang juga tertarik dengan dunia hacker. Untuk memastikan apakah Benjamin memang bisa meretas atau tidak, Max mengajak Benjamin ke suatu pesta dan disana Benjamin diperkenalkan kepada dua teman Max yakni Stephan (Wotan Wilke Mohring) dan Paul (Antoine Monot Jr.) yang juga seorang hacker. Benjamin di sana disuruh melakukan peretasan dan Benjamin pun berhasil.

Mereka berempat akhirnya membuat sebuah kelompok hacker dengan nama CLAY yang merupakan singkatan dari Clowns Laughing At You. CLAY mulai melakukan beberapa peretasan atas dasar kesenangan serta ketenaran dan merekamnya untuk kemudian diunggah di Youtube, mereka langsung dikenal banyak orang dan mendapatkan reputasi sebagai kelompok hacker yang hebat.

Di film ini ada kelompok hacker lain yang lebih superior yaitu FR13NDS yang salah satu anggotanya adalah MRX, hacker paling disegani dengan tiga aturannya; no system is safe, aim for the impossible, dan enjoy the meat world as much as the net world.

MRX menganggap apa yang dilakukan CLAY belum seberapa. Merasa diremehkan CLAY ingin mengincar gedung BND (German Central Intelligence) yang katanya tidak bisa diretas. Rencananya adalah meretas mesin printer di gedung tersebut agar secara otomatis mencetak kertas bertuliskan "CLAY WAS HERE! NO SYSTEM IS SAFE" dengan gambar topeng badut. Mereka akhirnya berhasil melakukannya namun tanpa sepengetahuan Max, Stephan, dan Paul ternyata Benjamin mengambil data rahasia BND. Benjamin menyerahkan data tersebut pada MRX sebagai pembuktian kalau ia bukan hacker biasa. Namun, keputusan Benjamin tersebut berdampak sebuah konsekuensi besar dan membuat CLAY terlibat dalam masalah serius, mereka juga menjadi incaran Europol. Apa konsekuensi yang didapat CLAY dari tindakan Benjamin tersebut? Masalah apa yang mereka hadapi? Bagaimana nasib kelompok CLAY dan FR13NDS?

Review

Review mungkin mengandung spoiler!

Saya sangat menyukai dunia hacker walaupun saya sendiri tidak bisa melakukan peretasan tapi tetap saja saya selalu terpesona dengan dunia hacker. Terlepas dari jahat baiknya seorang hacker, saya tetap menganggap seorang hacker itu keren.

Jika kalian mengira saya menyebut film ini keren hanya karena konsepnya yang tentang hacker maka kalian salah. Konsepnya mungkin penunjang utama tapi yang membuat saya terkesima adalah ceritanya. Sebagus apapun sebuah konsep film, mau itu tentang bencana alam, tentang perang antar geng, tentang balas dendam atau tentang apapun itu jika ceritanya dangkal maka konsep tersebut tak ada artinya. "Who Am I" bukanlah film hacker pertama yang saya tonton, sebelumnya saya pernah menonton film "Hacker" tapi saya kurang puas dengan film tersebut, terutama karena ceritanya yang kurang menarik.

"Who Am I" menyuguhkan sebuah cerita hacker yang menarik dari mulai perselisihan antara kelompok hacker sampai kejar-kejaran dengan pihak Europol. Saya benar-benar salut dengan permainan twist berlapis yang diberikan Baran bo Odar di plot film ini. Film asal Jerman ini memiliki ending yang menarik dan akan membuat kita berpikir, saya yakin kalian akan tertipu dengan twist ending di film ini. Saya sendiri tertipu dengan twist yang kedua, untuk yang pertama bisa sedikit saya antisipasi tapi yang kedua saya sampai geleng-geleng kepala. Baran bo Odar memang hebat memainkan twist, bahkan dengan alur maju mundur yang dipakai film ini.

Sebelum menonton film ini coba deh kalian cari tahu dulu tentang kelainan kepribadian ganda, biar bisa langsung ngerti sekali nonton film ini gak perlu dua atau tiga kali nonton.

Saya tertarik dengan film ini setelah membaca tag line-nya "No system is safe", entah kenapa kalimat itu terdengar keren untuk orang yang tertarik dengan dunia hacker seperti saya. Di dalam filmnya kita diperlihatkan kalau memang tak ada sistem yang aman, seperti halnya gedung BND yang katanya tidak bisa diretas tapi kenyataannya CLAY berhasil meretasnya.

Bagian yang paling saya suka dari film ini adalah ketika CLAY meretas acara TV yang memberitakan statistik keuangan, statistik tersebut di ubah menjadi seperti gambar tangan mengacungkan jari tengah. Ada juga aksi CLAY yang mengacaukan kampanye sebuah partai dengan mengganti video yang ditayangkan dengan video animasi Hitler yang kocak. Benar-benar gokil!

Abaikan saja bagaiamana cara mereka melakukan peretasan, melihat kode-kodenya saja kepala saya malah pusing jadi enjoy dan nikmati saja dengan hasil peretasan mereka di film ini.

Ada satu hal yang saya pelajari dari film ini yaitu bukan hanya komputer yang bisa diretas tapi juga manusia. Max membuktikannya dengan 'rekayasa sosial', seperti saat ia mengelabui pegawai toko roti. Benjamin melakukan peretasan manusia yang lebih luar biasa, ia menipu secara telak ketua divisi siber Europol, Hanne Lindberg (Trine Dyrholm).

Baran bo Odar juga berhasil membuat ilustrasi forum para hacker dengan sangat baik. Penggambarannya di sebuah gerbong kereta yang gelap dan dengan orang-orang yang memakai topeng semakin menambah misterius dunia hacker.

Tom Schilling dan Elyas M'Barek menurut saya adalah dua aktor yang aktingnya terbaik di film ini. Tom Schilling sebagai Benjamin berhasil tampil sebagai remaja introver yang penuh problem sementara Elyas M'Barek sebagai Max adalah kebalikannya. Ia tampil selalu percaya diri, nakal dan pandai memikat wanita. Dua aktor itulah yang membuat film ini lebih hidup dan seru untuk ditonton.

Overall, "Who Am I" adalah salah satu film hacker terbaik yang pernah ada. Konsep tentang hacker-nya ditunjang dengan plot twist apik dan akting pemainnya yang mempuni. Bahkan untuk kalian yang tidak suka dunia hacker pun masih bisa menonton film ini karena ceritanya memang tidak membosankan.

Rating: 9/10

Untuk kalian yang suka menonton film di ponsel smartphone, tentu kalian membutuhkan earphone/headset dengan kualitas yang mamadai agar pengalaman menonton kalian semakin maksimal. Cek link di bawah ini untuk melihat rekomendasi earphone/headset terbaik dengan harga yang murah!
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Who Am I (2014), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar

Posting Komentar untuk "Review dan Sinopsis Film Who Am I (2014)"