Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengirim Uang dari Dana ke Sesama Dana, Rekening Bank, dan E-Wallet Lain

Cara Mengirim Uang dari Dana ke Sesama Dana, Rekening Bank, dan E-Wallet Lain.jpg

Dana adalah salah satu dompet digital (e-wallet) yang paling banyak digunakan orang-orang saat ini. Dana didirikan pada 5 Desember 2018 oleh seorang pria bernama Vincent Iswara dan saat ini karyawannya sudah lebih dari 800 orang. DANA merupakan dompet digital yang terdaftar di Bank Indonesia dengan memiliki empat lisensi diantaranya sebagai uang elektronik, dompet digital, kirim uang, dan Likuiditas Keuangan Digital (LKD).

Di era digital saat ini penggunaan dompet digital seperti Dana ini memang cukup penting. Dengan Dana kita bisa melakukan pembayaran dan transaksi dengan mudah, cepat, dan aman.

Fitur utama Dana selain tempat menyimpan uang tentu saja adalah berkirim uang. Dari Dana kita bisa mengirim uang ke sesama Dana, ke rekening bank, bahkan ke dompet digital lain. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya di bawah ini!

Sebelum ke tutorialnya, kalian disarankan menggunakan akun Dana yang sudah di-upgrade ke premium dengan cara verifikasi data KTP. Akun Dana yang sudah premium memiliki fitur-fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan akun Dana biasa yang memiliki berbagai keterbatasan fitur.

   

Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Cara mengirim uang dari Dana ke sesama Dana

- Masuk ke aplikasi Dana lalu klik "Kirim".

- Masukkan nomor telepon Dana yang akan kalian kirim uang di kolom yang sudah disediakan.

- Klik nomor teleponnya, yang di bagian "KONTAK", bukan "REKENING BANK".

- Tuliskan nominal uang yang akan di kirim lalu klik tombol "BAYAR". Di bagian atas untuk memverifikasi orang yang akan kalian kirim urang, akan ada nama pemilik akun orang tersebut, memang beberapa huruf ditutupi tapi kalian bisa mengecek dari huruf awal dan akhirnya, seharusnya itu sudah cukup.

- Masukkan PIN akun Dana kalian.

- Pembayaran berhasil. Bertransaksi sesama akun Dana tidak dikenakan biaya admin atau biaya pengiriman.

Cara mengirim uang dari Dana ke rekening bank

- Masuk ke aplikasi Dana lalu klik "Kirim".

- Pilih "Kirim ke Bank".

- Pilih bank yang akan kalian kirim uang lalu tulis nomor rekeningnya di kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya klik tombol "SIMPAN & LANJUT".

- Masukan nominal uang yang akan kalian kirim lalu klik tombol "BAYAR".

- Masukkan PIN akun Dana kalian.

- Pembayaran berhasil.

- Dana memiliki semacam bonus dimana setiap bulan kalian akan mendapatkan 10 kali transfer ke rekening bank tanpa biaya admin dengan syarat nominal transfer di atas Rp50 ribu. Bonus ini tidak akan diakumulasikan, misalkan di bulan Januari kalian hanya melakukan tiga kali transfer ke rekening bank dan menyisakan tujuh kali transfer gratis biaya admin maka di bulan Februari transfer bebas biaya admin kalian akan kembali menjadi 10 kali, bukan menjadi 17 kali.

Cara mengirim uang dari Dana ke e-wallet lain

Dana kini mempunyai sebuah fitur yang dikhususkan untuk transaksi dari Dana ke e-wallet lain, nama fiturnya tertulis Saldo Digital. Namun, ada yang aneh dengan fitur ini, tidak seperti fitur lainnya yang bisa diakses langsung lewat halaman depan atau bagian layanan, Saldo Digital tidak bisa diakses dengan cara tersebut. Setelah saya sedikit cari tahu di Google, ternyata ini fitur yang bisa dibilang masih tahap beta dan katanya untuk beberapa akun sudah muncul di menu layanan, namun untuk kebanyakan akun sepertinya belum muncul. Meskipun tidak ada di menu layanan, ketika kalian hendak mengirim uang dari Dana ke e-wallet lainnya, kalian akan tetap di bawa ke fitur ini terlebih dahulu.

Cara mengirim uang dari Dana ke OVO

- Masuk ke aplikasi Dana, klik "Kirim".

- Pilih "Kirim ke Bank".

- Pilih bank BCA, sementara untuk nomor rekening kalian isi 39358 + nomor HP yang kalian daftarkan untuk membuat akun OVO. Contoh 39358085123456789, 39358 adalah kode virtual akun BCA untuk top up OVO sementara 085123456789 adalah nomor HP yang didaftarkan ke OVO. Jika kalian sudah mengisinya klik tombol "LANJUT".

- Klik tombol "COBA PAKAI SEKARANG".

- Kalian akan dibawa ke fitur Saldo Digital untuk top up berbagai e-wallet. Disini kalian tinggal menentukan nominal uang yang akan kalian kirim ke akun OVO kalian, minimal Rp10 ribu. Selanjutnya klik tombol "LANJUTKAN".

- Untuk transaksi antar e-wallet di Dana dikenakan biaya admin. Klik "KONFIRMASI"

- Klik tombol "BAYAR".

- Masukkan PIN akun Dana kalian.

- Selesai! Kalian berhasil melakukan transfer uang dari Dana ke OVO.

Cara mengirim uang dari Dana ke Gopay

Saya tidak akan menjelaskan terlalu panjang untuk bagian ini karena pada dasarnya cara mengirim uang dari Dana ke Gopay hampir sama dengan mengirim uang dari Dana ke OVO yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Perbedaannya hanya di bagian kode virtual akun BCA-nya. Jika untuk OVO 39358, maka untuk Gopay adalah 70001. Jadi, di bagian nomor rekening kalian tinggal isi 70001 + nomor HP yang didaftarkan untuk membuat akun Gopay kalian. Gampang kan!

Cara mengirim uang dari Dana ke Shopeepay

Sama seperti cara mengirim ke Gopay di atas, saya juga tidak akan menjelaskan terlalu panjang lebar untuk tutorial mengirim uang dari Dana ke Shopeepay ini. Caranya sama seperti tutorial mengirim uang dari Dana ke OVO. Untuk Shopeepay kode virtual akun top up BCA-nya adalah 122. Jadi, di bagian nomor rekening kalian isikan 122 + nomor HP Shopeepay kalian.

Cara mengirim uang dari Dana ke LinkAja

Untuk mengirim uang dari Dana ke LinkAja tidak bisa langsung seperti cara mengirim uang ke Gopay, OVO atau Shopeepay. Ada dua cara mengirim uang dari Dana ke LinkAja. Yang pertama menggunakan rekening bank dimana uang dikirim terlebih dahulu dari Dana ke rekening bank lalu kemudian dari rekening bank dikirim ke LinkAja. Jika kalian tidak punya rekening bank, kalian bisa menggunakan pihak ketiga. Disini saya akan memberikan contoh menggunakan layanan Ahli Pulsa.

- Sebelumnya kalian harus sudah membuat akun di situs Ahli Pulsa dan memverifikasi nomor HP kalian. Kunjungi Ahli Pulsa, selanjutnya pilih "Linkaja".

- Masukkan nomor HP LinkAja kalian, pilih nominal, dan untuk metode pembayaran pilih QRIS. Isi juga kode keamanan dengan angka yang muncul. Selanjutnya klik tombol "CHECKOUT".

- Masukkan kata sandi.

- Di bagian ini kalian ambil screenshot kode QR yang ada.

- Masuk ke aplikasi Dana lalu pilih tombol untuk melakukan scan kode QR yang ada di tengah.

- Klik ikon gambar untuk mengunggah gambar screenshot kode QR tadi.

- Setelah mengunggah gambar kode QR tadi, kalian akan disuruh melakukan pembayaran sesuai nominal yang kalian pilih tadi. Disini tentu saja ada biaya adminnya. Kalian tinggal klik tombol "BAYAR".

- Tunggu beberapa saat, uang kemudian akan sampai di akun LinkAja kalian.

Cara mengirim uang dari Dana ke Doku

Untuk mengirim uang dari Dana ke Doku kalian tidak menggunakan fitur Saldo Digital. Kalian akan melakukan langkah-langkah seperti di bagian mengirim uang dari Dana ke rekening bank yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk banknya kalian pilih Bank Permata, sementara untuk nomor rekeningnya diisi dengan 856666 + ID akun Doku kalian. Untuk melihat ID akun Doku kalian silakan buka aplikasi Doku dan di bagian menu awal akan tertera ID akun Doku kalian.

Karena ID Doku saya disini 1225339321 maka di kolom nomor rekening isi dengan 8566661225339321. Selebihnya caranya sama seperti di bagian mengirim uang dari Dana ke rekening bank. Itulah tadi cara mengirim uang dari Dana ke sesama Dana, rekening bank, dan akun e-wallet kalian lainnya. Selalu teliti saat melakukan transaksi seperti mengecek terlebih dahulu nomor rekening atau nomor HP yang akan dikirim uang agar meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan. Untuk kode akun virtualnya saya tidak bisa jamin akan terus sama, mungkin bisa saja suatu waktu kode akun virtual untuk top up di OVO, Shopeepay, Gopay berubah.

Selalu cek nama penerima juga, apakah sudah benar atau tidak. Di Dana memang nama penerimanya untuk beberapa huruf akan ditutupi, tapi seharusnya dari huruf awal dan akhir serta huruf-huruf yang tidak ditutupi saja kalian sudah bisa mengetahui apakah nama penerimanya sudah tepat atau tidak.

Jika ada bagian dari tutorial di atas yang tidak kalian pahami, silakan bertanya di kolom komentar.

Keywords: cara transfer dana ke shopeepay, atm mandiri, antar shopeepay, antar bank, tanpa premium, ke bank neo, dari bca, ke bank bri, ke linkaja, ke bank, ke bca, cara menarik uang dari dana

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Uang dari Dana ke Sesama Dana, Rekening Bank, dan E-Wallet Lain"

close