Cara Mengirim Uang dari OVO ke Sesama OVO, Rekening Bank, dan E-Wallet Lain

Inilah tutorial sederhana cara transfer uang dari OVO ke sesama OVO, ke rekening bank, dan ke e-wallet lain seperti Dana, Gopay, serta Shopeepay.
Cara Mengirim Uang dari OVO ke Sesama OVO, Rekening Bank, dan E-Wallet Lain.jpg

OVO didirikan oleh Lippo Group dan sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk beroperasi sebagai perusahaan fintech di seluruh Indonesia pada 25 September 2017.

Kita mengenal OVO sebagai dompet digital atau e-wallet meskipun sebenarnya OVO juga menyediakan berbagai layanan finansial, tepatnya pinjaman, investasi, dan asuransi. OVO saat ini memang menjadi salah satu dompet digital paling populer bersama Dana, Gopay, dan lainnya.

Salah satu fitur paling umum digunakan dalam dompet digital adalah fitur saling kirim uang. Di OVO juga kita bisa mengirim uang ke sesama OVO, rekening bank, serta e-wallet lainnya.

Kali ini saya akan membagikan cara tutorial sederhana melakukan transfer uang dari OVO ke sesama OVO, rekening bank, ataupun e-wallet lainnya. Namun, sebelum ke tutorialnya, pastikan akun OVO kalian sudah menjadi OVO Premier dengan melakukan verifikasi KTP.

Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Cara mengirim uang dari OVO ke sesama OVO

- Buka aplikasi OVO, kemudian klik bagian "Transfer".

- Pilih "Ke Sesama OVO".

- Masukkan nomor OVO yang akan kalian kirim uang, masukkan juga nominal uang yang akan ditransfer, lalu klik tombol "LANJUTKAN" di bawah.

- Periksa nama penerima uang, apakah sudah benar. Selanjutnya klik tombol "TRANSFER".

- Masukkan PIN OVO kalian.

- Berhasil! Kalian sudah berhasil mengirim uang ke sesama OVO.

Cara mengirim uang dari OVO ke rekening bank

- Buka aplikasi OVO, klik tombol "Transfer".

- Pilih "Ke Rekening Bank".

- Pilih bank tujuan, masukkan nomor rekening dan nominal jumlah uang yang akan dikirim pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutkan klik tombol "LANJUTKAN".

- Periksa nomor rekening dan nama penerimanya apakah sudah benar. Nama penerima memang disensor untuk beberapa huruf, tapi dari huruf-huruf yang tidak disensor saja pasti kalian sudah tahu apakah penerimanya sudah benar atau salah. Selanjutnya klik tombol "TRANSFER".

- Masukkan PIN OVO kalian.

- Pengiriman uang dari OVO ke rekening bank berhasil.

Cara mengirim uang dari OVO ke e-wallet lain

Cara mengirim uang dari OVO ke Dana

- Buka aplikasi OVO lalu klik "Transfer".

- Pilih "Ke Rekening Bank".

- Bank tujuan pilih Bank Permata. Untuk nomor rekening isi dengan 8528 + nomor HP kalian. Contoh 8528085123456789. Isikan juga nominal transfer, setelah itu klik tombol "LANJUTKAN".

- Klik tombol "TRANSFER".

- Masukkan PIN OVO kalian.

- Selesai. Kalian telah berhasil mengirim uang dari OVO ke Dana.

Cara mengirim uang dari OVO ke Gopay

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar cara mengirim uang dari OVO ke Gopay karena caranya sama seperti cara mengirim uang dari OVO ke Dana yang sudah saya jelaskan di atas. Yang harus kalian ubah hanya di bagian rekening yang akan kalian kirimi uang. Untuk mengirim ke Gopay pilih Bank Permata dan nomor rekeningnya isi dengan 898 + nomor Gopay kalian, contoh 898085123456789. Hanya bagian itu saja yang diubah, selebihnya sama saja.

Cara mengirim uang dari OVO ke Shopeepay

Untuk cara transfer uang dari OVO ke Shopeepay saya juga tidak akan menjelaskan terlalu panjang. Caranya sama seperti cara mengirim uang dari OVO ke Dana di atas yang sudah saya jelaskan. Kalian tinggal mengganti bank dan nomor rekeningnya saja. Untuk mengirim ke Shopeepay di bagian bank pilih Bank Mandiri dan untuk nomor rekeningnya isi dengan 893 + nomor Shopeepay kalian. Contoh 893085123456789.

Cara mengirim uang dari OVO ke LinkAja

Untuk cara transfer uang dari OVO ke LinkAja kita tidak bisa menggunakan cara seperti mengirim uang dari OVO ke Dana, Gopay, atau Shopeepay. Untuk mengirim uang ke LinkAja memang agak sedikit ribet. Yang pertama kalian bisa mengirim uang dari LinkAja ke rekening bank kemudian kalian melakukan top up LinkAja lewat rekening bank tersebut. Tapi, jika kalian tidak punya rekening bank, kalian bisa menggunakan jasa pihak ketiga, seperti Ahli Pulsa.

- Kunjungi Ahli Pulsa. Sebelumnya kalian harus sudah memiliki akun Ahli Pulsa dan memverifikasi nomor kalian, ada opsi memverifikasi email dan KTP, namun itu tidak dibutuhkan untuk tutorial ini. Jika sudah kalian pilih dulu "Semua".

- Pilih "Linkaja".

- Masukkan nomor HP LinkAja kalian dan pilih nominal. Untuk metode pembayaran pilih QRIS. Masukkan kode keamanan sesuai dengan angka yang tertera. Klik tombol "CHECKOUT".

- Masukkan kata sandi akun Ahli Pulsa kalian.

- Ambil screenshot kode QR yang muncul.

- Buka aplikasi OVO lalu klik tombol QRIS yang ada dibagian bawah tengah.

- Klik tombol untuk mengunggah kode QR yang ditunjukkan di gambar di bawah ini.

- Kalian tinggal pilih dan unggah kode QR yang kalian screenshot tadi di situs Ahli Pulsa. Kalian tinggal klik tombol "Bayar".

- Masukkan PIN OVO kalian.

- Kalian telah berhasil melakukan pembayaran.

- Kalian bisa kembali ke halaman di situs Ahli Pulsa, jika pembayaran sudah terkonfirmasi, kalian tinggal menunggu uang masuk ke akun LinkAja kalian.

Cara mengirim uang dari OVO ke Doku

Untuk mengirim uang dari OVO ke Doku kalian akan melakukan langkah-langkah seperti di bagian mengirim uang dari OVO ke rekening bank yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk banknya kalian pilih Bank Permata, sementara untuk nomor rekeningnya diisi dengan 856666 + ID akun Doku kalian. Untuk melihat ID akun Doku kalian silakan buka aplikasi Doku dan di bagian menu awal akan tertera ID akun Doku kalian.

Karena ID Doku saya disini 1225339321 maka di kolom nomor rekening isi dengan 8566661225339321. Selebihnya caranya sama seperti di bagian mengirim uang dari OVO ke rekening bank. Itulah tadi cara mengirim uang dari OVO ke sesama OVO, rekening bank, dan akun e-wallet kalian lainnya. Selalu teliti saat melakukan transaksi seperti mengecek terlebih dahulu nomor rekening atau nomor HP yang akan dikirim uang agar meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan. Untuk kode akun virtualnya saya tidak bisa jamin akan terus sama, mungkin bisa saja suatu waktu kode akun virtual untuk top up di Dana, Shopeepay, Gopay berubah. Selalu cek nama penerima juga, apakah sudah benar atau tidak.

Jika ada bagian dari tutorial di atas yang tidak kalian pahami, silakan bertanya di kolom komentar.

Keywords: bank gratis, apa ovo bisa transfer ke bank, transfer ovo dari atm mandiri, transfer ovo lewat alfamart, cara transfer ovo agar tidak kena biaya, ke atm, antar bank, ke bank biaya, ke shopee, ke linkaja, ke gopay, ke bca, ke dana, ovo transfer ke bank, shopeepay, apakah transfer ovo harus upgrade, apakah transfer ovo ke bank kena biaya