Review dan Sinopsis Film Greenland (2020)

"Greenland" akan menceritakan tentang sebuah bencana hebat yang akan menimpa Bumi karena hantaman sebuah meteor besar.
Review dan Sinopsis Film Greenland (2020).jpg

 
     

"Greenland" menandai kerja sama kedua kalinya antara sutradara Ric Roman Waugh dan aktor Gerard Butler, setelah sebelumnya mereka terlibat dalam film "Angel Has Fallen". Sementara bagi Butler, ini adalah film bertemakan disaster keduanya setelah film "Geostorm" yang dirilis pada tahun 2017. Di departemen penulisan ada Chris Sparling, ia adalah penulis untuk film "Buried", film yang berhasil membuat saya sesak napas.

Setelah perilisannya mengalami penundaan karena pandemi COVID-19, "Greenland" kemudian dirilis di layanan streaming HBO Max dan Amazon Prime. Tapi, film berdurasi 1 jam 59 menit ini juga dirilis di bioskop untuk beberapa wilayah. Dari budget sekitar $35 juta, "Greenland" berhasil mendapatkan pendapatan dari seluruh dunia sebesar $52,3 juta.

Selain Butler, pemain di "Greenland" juga diisi Morena Baccarin, David Denman, Hope Davis, Roger Dale Floyd, Andrew Byron Bachelor, dan masih banyak lagi.

Sinopsis

John Garrity (Gerard Butler) adalah seorang insinyur pembangunan yang sedang mengalami masalah dalam rumah tangganya. Ia juga memiliki seorang anak yang menderita diabetes.

Ketika berbelanja dengan anaknya untuk keperluan ulang tahun anaknya, John mendapati peringatan dari pemerintah kalau ia, istrinya, dan anaknya terpilih sebagai orang yang akan dikirimkan ke tempat aman karena bencana besar akan menimpa Bumi. Bencana ini tidak disebarluaskan pada publik. Tentu saja rencana mereka untuk mencapai tempat aman tersebut tidak akan mudah karena rintangan demi rintangan yang berdatangan.

Review

Review mungkin mengandung spoiler!

Saya sebenarnya sudah skeptis pada film ini. Tak banyak film disaster yang memberikan cerita menarik, kebanyakan memukau dari segi visual saat adegan bencana ditampilkan, jika visualnya gagal maka sudah pasti saya tidak akan bisa menikmati filmnya. Namun, ternyata "Greenland" tidak begitu lemah dari segi cerita.

Yang saya suka dari "Greenland" adalah film ini berfokus pada upaya keluarga Garrity untuk selamat dari bencana besar yang akan datang. Film ini berhasil memaksimalkan plot utamanya tanpa harus ada sub-plot lain yang mengganggu. Kita tidak diberikan cerita bagaimana pemerintah menangani masalah bencana besar ini sampai mengambil keputusan menyeleksi setiap orang berdasarkan pekerjaannya tersebut. Fokus kita dari awal sampai akhir ada pada keluarga Garrity ini.

Karakter utama di film ini bukanlah orang dengan posisi penting yang bertindak untuk mengatasi masalah bencana tersebut. Karakter utamanya hanyalah karakter orang biasa, seorang warga sipil yang terpilih karena memang pekerjaannya dibutuhkan pasca bencana besar nanti. Ketegangannya semakin terasa ketika kita sebagai penonton sama tidak tahunya dengan apa yang terjadi seperti sang karakter utama di film ini. Kita seperti ikut merasakan kebingungan dan ketegangan yang dirasakan karakter John Garrity, apalagi saat ia dan keluarganya terpecah.

Drama keluarganya memang bukan yang terbaik yang bisa sampai membuat kita meneteskan air mata tapi setidaknya cukup menghibur dan menambah kualitas film ini. Walaupun di beberapa momen ada yang terasa terlalu sok mendramatisir, kebanyakan di momen Nathan Garrity, anak dari John Garrity, yang terlalu lebay dengan dialognya. Chemistry Gerard Butler dan Morena Baccarin sebagai sepasang suami-istri yang rumah tangganya sedang bermasalah kemudian menghadapi bencana besar terjalin dengan sangat baik, kurang di bagian anak mereka saja yang diperankan Roger Dale Floyd.

Visual bencana "Greenland" cukup baik. Film ini tak menyuguhkan kekacauan yang luar biasa karena bencana, hanya tampil beberapa adegan saja. Namun, walaupun tak banyak tapi cukup efektif karena disajikan dengan visual yang bagus. Ini lebih baik, sedikit tapi memikat daripada adegan bencana disana-sini dengan CGI yang terasa kasar.

Rating: 6/10

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Greenland (2020), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar