13 Jenis Pisang yang Ada di Indonesia

Berikut inilah daftar jenis pisang yang bisa kalian jumpai di negara kita, Indonesia. Rasanya enak dan bisa dijadikan berbagai olahan.
Jenis Pisang yang Ada di Indonesia.jpg

Pisang adalah salah satu tanaman yang sering dijumpai di Indonesia. Buah yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai makanan ataupun dimakan langsung. Salah satu olahan berdasar pisang yang paling populer adalah pisang goreng dan keripik pisang.

Pisang sendiri merupakan buah yang memiliki banyak manfaat seperti sumber karbohidrat serta vitamin A, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dapat menyehatkan tulang, dan beragam manfaat lainnya.

Budidaya pisang kerap dilakukan orang-orang di Indonesia, ada yang dalam jumlah banyak ada juga yang sedikit. Pisang sendiri bisa berbuah di tiap musim.

Buang pisang memiliki beberapa jenis. Dilansir dari Agro Nasa, inilah beberapa jenis pisang yang umum dijumpai di Indonesia.

Berikut 13 jenis pisang yang ada di Indonesia

1. Pisang Ambon

Pisang ambon adalah salah satu jenis pisang paling sering ditemui di Indonesia. Pisang yang satu ini sangat umum dikonsumsi atau dijadikan bahan olahan kue. Tekstur kulit pisang ambon ini halus dan biasanya berwarna kuning atau bisa juga hijau. Pisang ambon memiliki rasa yang manis dan juga di dalamnya tidak terdapat biji.

2. Pisang Merah

Seperti namanya, jenis pisang yang satu ini berwarna merah dan jika dilihat sekilas mungkin kalian akan mengira ini pisang mainan. Tak semua orang memang pernah melihat dan memakan pisang jenis ini, namun ternyata pisang merah memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh seperti untuk mengurangi berat badan, meningkatkan produksi darah, dan mengatur asam lambung.

3. Pisang Raja Sereh

Nama lain dari pisang raja sereh ini adalah pisang susu. Jenis pisang yang satu ini sering dibudidayakan di daerah Purworejo, Jawa Tengah.

Pisang raja sereh memiliki buah yang berwarna kuning kecoklatan dan berbintik coklat gelap ketika sudah matang, sementara daging buahnya berwarna putih dan dengan tekstur lunak serta sedikit masam. Selain dimakan langsung, pisang raja sereh juga cocok untuk bahan olahan makanan seperti dadar gulung, pisang nugget, ataupun bolu pisang.

4. Pisang Barangan

Sumatera Utara dan Sumatera Selatan adalah daerah penghasil pisang barangan. Jenis tekstur buah pisang barangan ini padat dan cocok sebagai penutup mulut dengan cara dimakan langsung. Rasanya sedikit masam dan manis serta ukuran pisang barangan ini tidak terlalu besar, panjangnya sekitar 11 cm dan diameternya berukuran 30-an mm.

5. Pisang Nangka

Keunikan dari pisang nangka ini adalah warna kulitnya yang akan terus hijau meskipun sudah matang, berbeda dengan jenis pisang kebanyakan yang warna kulitnya akan berubah jadi kuning saat sudah matang. Pisang nangka juga memiliki aroma yang harum serta rasa yang manis dan sedikit asam. Pisang nangka cocok dibuat menjadi kripik pisang atau bisa juga dijadikan sebagai bahan pembuatan kue.

6. Pisang Mas

Pisang mas biasanya memiliki bentuk yang kecil dan mungil sementara buahnya memiliki tekstur halus serta memiliki rasa yang manis. Seperti namanya, pisang ini akan berwarna keemasan setelah matang dan kulitnya juga tipis. Harga pisang mas tergolong murah dan terjangkau.

7. Pisang Kepok

Pisang yang banyak dibudidayakan di Kalimantan Timur ini cocok untuk dijadikan berbagai olahan seperti kue tradisional dan juga kolak. Pisang kepok mempunyai bentuk agak pipih dan dengan siku yang cukup tajam sementara kulitnya cukup tebal dengan daging buah yang padat.

8. Pisang Batu

Ciri khas dari pisang batu adalah banyaknya biji yang ada dalam buahnya sehingga membuat pisang ini kurang nyaman ketika dimakan. Meskipun begitu, pisang batu nyatanya punya banyak manfaat untuk kesehatan dan rasanya juga manis. Jenis pisang satu ini banyak ditemui di pulau Jawa dan Sumatera.

9. Pisang Uli

Pisang uli memiliki ciri khas yaitu tandannya terdiri dari sedikit pisang, hanya sekitar 5 sampai 8 saja. Jenis pisang yang satu ini memiliki ukuran yang sedang, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, serta cocok dijadikan berbagai olahan seperti pisang goreng, kolak hingga pisang molen.

10. Pisang Tanduk

Rasa dari jenis pisang yang satu ini tidak terlalu manis dengan daging buahnya yang padat. Pisang tanduk memang bisa dimakan langsung namun banyak orang menjadikan pisang ini sebagai kolak ataupun keripik.

11. Pisang Raja

Pisang raja sangat populer di pulau Jawa. Pisang yang satu ini bisa dibuat olahan dengan cara direbus, digoreng, ataupun dengan cara dikukus. Selain itu pisang raja juga bisa dimakan langsung karena rasanya yang manis legit ketika sudah matang. Sementara kulitnya cukup tebal dan kasar serta bentuk buahnya yang agak melengkung keatas.

12. Pisang Mas Kirana

Pisang mas kirana memiliki daya tahan yang lama karena itulah pisang jenis ini kerap kali dijadikan sebagai komoditas ekspor. Pisang mas kirana bisa dimakan langsung dan juga cocok dijadikan sebagai olahan pisang sale yang enak.

13. Pisang Candevish

Salah satu keunggulan jenis pisang candevish adalah harga jualnya yang tinggi. Kulit pisang candevish juga akan terlihat mulus dan bersih saat sudah matang. Sementara bentuk buahnya melengkung dan memiiki panjang yang berkisar 14 sampai dengan 15 cm. Itulah tadi daftar pisang yang bisa ditemukan di Indonesia. Semoga menambah informasi untuk kalian yang memang sedang mencari informasi tentang pisang untuk kalian konsumsi atau kalian budidayakan. Tapi, untuk kalian yang berniat membudidayakan pisang dan menjadikannya ladang bisnis tentu informasi di atas masih sangat kurang karena tulisan di atas hanya penjelasan ringkasnya saja untuk setiap jenis pisang. Kalian harus menelusuri lebih jauh lagi tentang pisang jika kalian memang berniat membudidayakan buah yang satu ini agar tidak terjadi kegagalan dalam usaha kalian.

Keywords: jenis pohon pisang hias, gambar jenis jenis pohon pisang, pohon pisang jenis gerakan yang dilakukan, bentuk pohon pisang emas, cara membedakan, cepat berbuah, cavendish, yang cepat berbuah, yang bisa dimakan, jenis akar pohon pisang, jenis batang pohon pisang adalah, ambon, yang pendek, pendek berbuah, yang mahal, merah, varigata, pendek