Ciri-Ciri dan Keunggulan Pisang Cavendish

Pisang cavendish adalah jenis pisang favorit di Indonesia, memiliki berbagai keunggulan dari mulai bermanfaat bagi kesehatan sampai rasanya yang enak.
Ciri-Ciri dan Keunggulan Pisang Cavendish.jpg

Pisang cavendish adalah salah satu jenis pisang yang bisa kalian temui di Indonesia. Jenis pisang yang satu ini termasuk favorit karena warna buahnya yang cerah serta kulit yang mulus membuatnya tampak menarik. Selain itu rasanya yang manis serta kandungan nutrisi yang dibawanya menjadi nilai tambah tersendiri.

Dilansir dari Agro Nasa, berikut ciri-ciri dan keunggulan jenis pisang cavendish.

Ciri-Ciri Pisang Cavendish

Pisang cavendish sudah bisa dipanen ketika usianya antara 12 sampai 13 bulan. Seperti jenis pisang lain kebanyakan, pisang cavendish hanya berbuah 1 kali dan harus menunggu tunas berikutnya untuk bisa panen buahnya lagi. Pisang cavendish biasa tumbuh di iklim tropis dan kerap disebut dengan sebutan pisang ambon putih di Indonesia.

Cavendish memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis pisang lain, berikut ciri-ciri pisang cavendish:
- Tinggi pohon pisang cavendish sekitar 2,5 sampai 3 m.
- Warna batang pohon pisang cavendish berwarna hijau kehitaman sementara warna daunnya adalah hijau tua.
- Buah pisang cavendish biasanya memiliki tandan dengan jumlah delapan sampai 13 sisir, sementara setiap sisirnya bisa memiliki 12 buah sampai yang paling banyak 22 buah.
- Pisang cavendish memiliki tekstur buah yang lembut serta rasa yang manis, namun agak sedikit asam.
- Sebelum matang, buah pisang cavendish memiliki kulit yang berwarna hijau dan terlihat cukup tebal. Setelah matang, warnanya berubah jadi kuning mulus.

3 Keunggulan Pisang Cavendish

Pisang cavendish memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu jenis pisang paling diminati di Indonesia. Berikut 3 keunggulan pisang cavendish.

1. Sumber gizi yang banyak

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita jika dikonsumsi dengan baik tak terkecuali pisang cavendish ini. Baik anak-anak atau orang dewasa bisa menjadikan pisang cavendish ini sebagai buah sehat untuk konsumsi harian. Beberapa kandungan gizi yang ada di pisang cavendish antara lain vitamin A, niacin, serat, besi, vitamin C, kalium, folat, vitamin B6, magnesium, mangan, dan riblofavlin.

2. Komoditas ekspor yang menjanjikan

Untuk kalian yang ingin mencoba memulai membudidayakan pisang maka bisa mencoba dengan pisang cavendish. Pisang cavendish adalah salah satu komoditas favorit yang memiliki tren permintaan cukup tinggi di pasar dunia. Maka tak heran bisnis budidaya pisang cavendish dengan menggunakan metode kultur jaringan ini bisa sangat menguntungkan para petani.

3. Rasanya yang enak

Inilah kenapa pisang cavendish ini banyak diminati. Cavendish memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Selain itu kulit pisang cavendish yang cukup tebal dengan warna kuning cerah membuatnya semakin menarik di mata orang-orang yang melihatnya.

Itulah tadi informasi singkat tentang ciri-ciri dan keunggulan pisang cavendish. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan kalian tentang salah satu jenis pisang favorit di Indonesia ini.

Referensi:
https://www.agronasa.com/

Keywords: berapa lama berbuah, bibit, berapa kalori, asal dari mana, ada cacing, aman untuk bayi, apakah sama dengan pisang ambon, asli, lampung, berasal dari mana, kuning, hijau, adalah, harga, pisang cavendish sunpride, berapa lama panen pisang cavendish, bagaimana rasa pisang cavendish, apa manfaat pisang cavendish, apa bedanya pisang cavendish dan sunpride, apakah pisang cavendish baik untuk bayi, apakah pisang cavendish bisa digoreng, apa itu pisang cavendish