Review dan Sinopsis Film Ron's Gone Wrong (2021)

"Ron's Gone Wrong" akan menceritakan kisah persahabatan seorang anak bernama Barney dan seorang robot B-Bot yang bernama Ron.
Review dan Sinopsis Film Ron's Gone Wrong (2021).jpg

Trailer

Gambar


Sinopsis

Marc Weidell menciptakan sebuah robot bernama B-bot untuk menjadi temen setiap orang. B-bot terbilang sukses besar dan membuat perusahaan Bubble company menjadi sebuah perusahaan teknologi yang besar.

Di tempat lain ada Barney Pudowski, ia adalah seorang penyendiri yang tak memiliki teman. Ia kesulitan mendapatkan teman salah satunya karena ia tidak dibelikan B-bot oleh ayah dan neneknya karena berbagai pertimbangan.

Namun, di hari ulang tahun Barney, setelah melihat Barney tampaknya sangat menginginkan B-bot, ayah dan neneknya pergi untuk membeli B-bot. Sayangnya, B-bot yang mereka beli ternyata rusak dan tidak berfungsi semestinya. B-bot yang rusak tersebut justru membawa Barney pada bagian di hidupnya untuk memaknai sebuah persahabatan.

Review

Perhatian, review mungkin mengandung spoiler!

"Ron's Gone Wrong" adalah sebuah film animasi yang disutradarai oleh Sarah Smith dan Jean-Philippe Vine. Salah satu karya Sarah sebagai sutradara adalah "Arthur Christmas". Selain mereka berdua ada juga Octavio E. Rodriguez sebagai co-director. Sebenarnya Octavia lebih dikenal di bagian art department. "Coco" dan "Incredibles 2" adalah film animasi dimana ia ikut berkontribusi di bagian art department. Sementara di bagian penulisan ada Sarah Smith bersama dengan Peter Baynham. Peter dikenal sebagai penulis naskah film "Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan" dan sekuelnya yang berjudul "Borat Subsequent Moviefilm". Ia berhasil mendapatkan nominasi Best Adapted Screenplay di ajang Oscar berkat dua film tersebut.

Film "Ron's Gone Wrong" melakukan penayangan perdana di BFI London Film Festival pada 9 Oktober 2021. Di Amerika Serikat film yang berdurasi 1 jam 47 menit ini dirilis pada 22 Oktober 2021 sementara di Indonesia pada 31 Desember 2021. Film ini diproduksi oleh Twentieth Century Animation, Locksmith Animation, TSG Entertainment, dan 20th Century Studios. "Ron's Gone Wrong" adalah feature film pertama dari rumah produksi Locksmith Animation dan merupakan film animasi pertama yang diproduksi oleh TSG Entertainment. Awalnya "Ron's Gone Wrong" akan didistribusikan oleh Paramount Animation yang merupakan bagian dari Paramount Pictures namun entah kenapa akhirnya malah didistribusikan oleh 20th Century Animation yang merupakan bagian 20th Century Studios. Film ini juga menjadi film animasi pertama dari 20th Century Animation setelah mereka menutup Blue Sky Studios, anak perusahaan mereka yang memiliki nama besar di genre animasi. "Ron's Gone Wrong" mendapatkan total pendapatan $60 juta dari seluruh dunia, sementara untuk modal produksinya saya tidak mendapatkan informasinya.

Untuk para pengisi suaranya ada Jack Dylan Grazer sebagai Barney Pudowski, Zach Galifianakis sebagai Ron, Ed Helms sebagai Graham Pudowski, Olivia Colman sebagai Donka Pudowski, Rob Delaney sebagai Andrew Morris, Justice Smith sebagai Marc Wydell, Kylie Cantrall sebagai Savannah Meades, Ricardo Hurtado sebagai Rich Belcher, Cullen James McCarthy sebagai Noah, Ava Morse sebagai Ava, dan masih banyak lagi.

"Ron's Gone Wrong" mendapatkan rating 7,1/10 di IMDb dari sekitar 27 ribu penilaian sementara di Metacritic mendapatkan 65 Metascore dari 23 ulasan. Di Rotten Tomatoes film ini mendapatkan rating 80% dengan certified fresh dan untuk audience score-nya mendapatkan 94%. Melihat dari rating, "Ron's Gone Wrong" cukup menjanjikan dan memang animasi yang satu ini telah mendapatkan pujian dari berbagai aspek.

"Ron's Gone Wrong" memiliki cerita yang imajinatif dan tentu saja cocok untuk anak-anak. Film ini bisa menjadi tontonan keluarga yang pas, karena rating usianya sendiri di Indonesia adalah SU (Semua Umur). Cerita imajinatif di "Ron's Gone Wrong" dicampurkan dengan sedikit bumbu science. Rasanya memang sebuah impian anak di seluruh dunia memiliki teman yang selalu di sisi kita dan memahami semua tentang kita layaknya B-Bot di "Ron's Gone Wrong".

Humor di "Ron's Gone Wrong" juga lumayan menghibur bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Ron adalah sumber komedi di film ini, lewat aksinya yang tidak mematuhi algoritma yang dipasang pada dirinya berbagai kejadian lucu terjadi.

"Ron's Gone Wrong" di ceritanya membawa berbagai isu sosial yang saya yakin akan menyentil banyak orang, bahkan saya sebagai orang Indonesia yang tinggal di kampung sedikitnya bisa merasakan isu yang dibawa film ini. "Ron's Gone Wrong" coba mengangkat isu ketergantungan anak-anak pada gadget, obsesi pada ketenaran, serta hubungan ayah-anak. Lewat B-Bot sebagai perumpaan gadget, "Ron's Gone Wrong" berhasil memberikan sentilan halus bagaimana anak-anak sekarang bersosialisasi lewat gadgetnya, menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh. Meskipun begitu, "Ron's Gone Wrong" tetaplah sebuah film animasi anak yang fokus utamanya memberikan hiburan dengan cara yang sederhana. Jadi, pembawaan isu-isu tadi tidaklah terlalu berat, bahkan anak-anak mungkin akan mengabaikannya karena mereka tentu saja masih belum paham dan fokus mereka adalah menikmati keseruannya.

Film ini seperti kebanyakan film animasi anak lainnya mengedepankan persoalan pentingnya persahabatan. Namun, cara "Ron's Gone Wrong" membawa unsur persahabatan ke ceritanya tidaklah murahan dan tidak ketinggalan zaman, cukup relate dengan kehidupan di zaman modern sekarang ini, itu tak terlepas dari isu soal gadget tadi.

"Ron's Gone Wrong" punya visual B-Bot yang lucu dan saya rasa akan disukai anak-anak. Desain karakter B-Bot tersebut mengingatkan saya pada Eve dari film "Wall-E". Beberapa desain B-Bot juga mengambil referensi karakter populer seperti Stormtroopers dan Darth Vader dari "Star Wars" serta Iron Man, Black Panther, dan Captain Marvel dari Marvel. Perusahaan-perusahaan pembuat film tersebut yaitu Lucasfilm dan Marvel Entertainment, keduanya adalah anak perusahaan The Walt Disney Company, termasuk 20th Century Studios yang memproduksi film "Ron's Gone Wrong" ini juga merupakan anak perusahaan dari rumah produksi dengan maskot si tikus, Mickey Mouse, tersebut.

    Postingan Terkait:
Visual "Ron's Gone Wrong" cukup memanjakan mata. Ada beberapa momen dimana gambarnya cukup cocok di jadikan wallpaper saking keren dan indahnya. Sayangnya di bagian musik serta scoring-nya terasa agak kurang. Genre animasi biasanya, meskipun tidak selalu, punya soundtrack yang cukup catchy tapi disini tidak. Kekurangan minor sih bagi saya, bukan yang terlalu parah juga, toh kita akan diberikan kualitas dari segi yang lain.

Produksi film ini serta pengambilan suara para pengisi suaranya dilakukan secara terpisah dan jarak jauh karena adanya pandemi. Meskipun begitu, hasilnya masih sangat memuaskan. "Ron's Gone Wrong" sebagai film debutan dari Locksmith Animation sangatlah menjanjikan. Sebagai 'pemain baru', Locksmith Animation sudah menunjukkan potensi mereka. Semoga kita dapat pengganti yang sepadan untuk Blue Sky dengan hadirnya Locksmith Animation.

Overall, "Ron's Gone Wrong" adalah sebuah tontonan animasi yang seru dan berkualitas. Pasti sangat disukai anak-anak lewat cerita imajinatif dan desain B-Bot yang menarik. Meskipun membawa isu sosial yang sebenarnya terlalu berat untuk target audience-nya, namun karena pembawaannya yang tetap fun, isu tersebut bisa ditampilkan dengan baik tanpa merusak keseruan film ini untuk anak-anak. Kualitas visualnya juga sudah sangat bagus, hanya kurang di scoring musiknya saja.

Rating: 8/10

Referensi:
https://www.rottentomatoes.com/
https://en.m.wikipedia.org/
https://m.imdb.com/

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Ron's Gone Wrong (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar