Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan Komentar di Channel Telegram

Cara Mengaktifkan Komentar di Channel Telegram.jpg

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan dengan segudang fitur yang menarik seperti bot, grup, channel, dan lain sebagainya.

Jika kalian membuat channel untuk pertama kalinya di Telegram mungkin kalian akan sedikit kebingungan karena melihat channel orang lain ada kolom komentar sementara channel kalian tidak ada.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur komentar di channel kita? Caranya tergolong mudah jika kalian sudah paham. Simak tutorialnya di bawah ini.

Berikut Tutorial Cara Mengaktifkan Komentar di Channel Telegram

Jika gambar agak buram, klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Buka aplikasi Telegram kalian, pastikan kalian sudah login ke akun kalian. Selanjutnya klik tombol pensil yang ada di sudut kanan bawah layar.

Pilih Channel Baru.

Disini kalian bisa membuat nama channel, deskripsi, dan menambahkan foto. Jika sudah, klik tanda centang di bagian sudut kanan atas layar.

Disini kalian bisa memilih channel kalian akan menjadi channel publik atau private, kalian juga bisa membuat tautan publik untuk channel kalian. Jika sudah, klik tanda centang di sudut kanan atas layar.

Disini kalian bisa menambahkan orang untuk menjadi pengikut channel kalian. Kalian bisa melewati langkah ini dengan langsung menekan tanda panah di bagian sudut kanan bawah.

Kalian sudah berhasil membuat channel.

Tadi adalah langkah membuat channel, jika kalian sudah punya channel, kalian tak perlu melakukan langkah-langkah diatas.

Selanjutnya kalian harus membuat grup, jika kalian belum tahu cara membuat grup di Telegram, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di halaman utama aplikasi Telegram, kalian klik tombol pensil di sudut kanan bawah.

Pilih Grup Baru.

Disini kalian harus memasukkan orang ke grup kalian, cukup satu orang saja. Tulis nama penggunanya di kolom yang sudah desediakan. Jika sudah, kalian klik tombol panah di sudut kanan bawah layar kalian.

Disini kalian harus membuat nama grup Telegram kalian, kalian juga bisa menambahkan foto grup kalian, ini opsional. Selanjutnya klik tanda centang di bagian sudut kanan bawah.

Kalian sudah berhasil membuat grup Telegram.

Selanjutnya adalah menghubungkan channel dan grup kalian agar fitur kolom komentar muncul. Caranya masuk ke channel kalian lalu klik bagian atas channel seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar di bawah ini.

Klik tombol pensil.

Pilih Diskusi.

Lalu pilih grup yang akan sambungkan ke channel-nya.

Klik SAMBUNGKAN.

Klik tanda centang di sudut kanan atas layar.

Sekarang fitur kolom komentar sudah aktif di channel kalian. Silakan kalian coba buat postingan lalu kunjungi channel kalian dari akun lain untuk melihat bagaimana fitur kolom komentar tampil pada pengunjung channel.

Itulah tadi tutorial sederhana cara mengaktifkan atau memunculkan fitur komentar di channel Telegram kalian. Nantinya, semua komentar yang masuk di channel kalian juga akan muncul di grup yang kalian sambungkan.

Jika ada bagian yang tidak kalian pahami, kalian bisa bertanya lewat kolom komentar di bawah.

Keywords: cara bikin, cara menonaktifkan, cara menambah kolom, cara komentar di telegram, cara channel telegram ada komentar, cara aktifkan komentar di channel telegram

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Komentar di Channel Telegram"

close