Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makna Lagu Back to December dari Taylor Swift

Makna Lagu Back to December dari Taylor Swift.jpg

Video Klip

Lirik

I'm so glad you made time to see me
How's life? Tell me how's your family?
I haven't seen them in a while

You've been good, busier than ever
We small-talk, work and the weather
Your guard is up and I know why

Because the last time you saw me is still
burned in the back of your mind
You gave me roses and I left them there to die

So this is me swallowing my pride
Standing in front of you, saying, "I'm sorry for that night,"
And I go back to December all the time

It turns out freedom ain't nothing but missing you
Wishing I'd realized what I had when you were mine
I'd go back to December, turn around and make it all right
I go back to December all the time

These days I haven't been sleeping
Staying up, playing back myself leaving
When your birthday passed and I didn't call

And I think about summer, all the beautiful times
I watched you laughing from the passenger side
And realized I loved you in the fall

And then the cold came, the dark days when fear crept into my mind
You gave me all your love and all I gave you was "Goodbye"

So this is me swallowing my pride
Standing in front of you, saying, "I'm sorry for that night."
And I go back to December all the time

It turns out freedom ain't nothing but missing you
Wishing I'd realized what I had when you were mine
I'd go back to December, turn around and change my own mind
I go back to December all the time

I miss your tanned skin, your sweet smile
So good to me, so right
And how you held me in your arms that
September night:
The first time you ever saw me cry

Maybe this is wishful thinking
Probably mindless dreaming
But if we loved again, I swear I'd love you right

I'd go back in time and change it but I can't
So if the chain is on your door I understand

But this is me swallowing my pride
Standing in front of you, saying, "I'm sorry for that night."
And I go back to December

It turns out freedom ain't nothing but missing you
Wishing I'd realized what I had when you were mine
I'd go back to December, turn around and make it all right
I'd go back to December, turn around and change my own mind

I go back to December all the time
All the time

Informasi & Pembahasan

Taylor Swift punya banyak mantan pacar dan tak jarang ia membuat lagu tentang mantan pacarnya. Namun lagu yang berisi permintaan maaf untuk mantannya hanya satu yakni "Back to December", untuk mantan yang mana ini ya?

"Back to December" adalah singel ke-2 dari album "Speak Now". Lagu berdurasi 4 menit 53 detik dalam versi original dan 4 menit 11 detik dalam versi radio edit ini bergenre country pop. Dirilis pada 15 November 2010, lagu ini ditulis sendiri oleh Swift di bawah naungan label Big Machine.

Kritikus memuji lagu ini dari segi lirik, melodi, dan vokal. Lagu ini pun berhasil bercokol di posisi 6 Billboard Hot 100 dan meraih sertifikat double platinum di Amerika Serikat serta sertifikat gold di Kanada.

Nuansa musiknya khas country-nya Swift, tentu saja dengan lirik naratifnya. Permainan gitar lembut yang membuat musiknya mampu 'membelai' telinga, ditemani latar musik orkestra yang sesekali terdengar karena country lebih ditonjolkan di lagu ini.

"Elegant ballad full of orchestral swells, solemn guitars, and pleading lyrics." - Stephen M. Deusner

Oke, mari kita ke makna lagu ini dan mantan Swift yang mana yang dimaksud disini.

Mantan pacar Swift yang dimaksud di "Back to December" adalah Taylor Lautner si pemeran Jacob Black di "The Twilight Saga". Bagi kalian yang pernah menonton film-film "The Twilight" pasti tahu lah sama aktor tampan dengan kulit sawo matangnya ini. Sebenarnya saya tidak tahu apakah Swift pernah mengonfirmasi kalau lagu ini benar untuk Lautner atau bukan, yang pasti banyak orang berspekulasi kalau lagu ini memang untuk Lautner dari beberapa clue yang ada di lagu ini, termasuk bagian lirik "I miss your tanned skin, your sweet smile," yang sangat mengarah ke Lautner. Kabarnya juga jika kalian membeli CD aslinya, dalam lirik lagunya ada beberapa huruf yang sengaja di tulis menggunakan huruf kapital padahal seharusnya tidak, huruf-huruf itu jika digabung akan menjadi kata "TAY" yang bisa saja merujuk pada nama Taylor Lautner. FYI, cara ini ia gunakan juga di beberapa lagu lainnya untuk menyampaikan secret message dibalik lagu tersebut.

Jika ini benar untuk Lautner, lantas apa yang dilakukan Swift sampai ia harus minta maaf?

Swift dan Lautner pertama kali bertemu saat mereka berdua syuting film "Valentine's Day", setelah pertemuan itu mereka kemudian beberapa kali kepergok kencan. Namun, mereka dikabarkan putus pada musim dingin tepatnya di bulan Desember, dan dari lagu ini diketahui sepertinya Swift yang memutuskan hubungan mereka karena beberapa alasan.

Untuk video klipnya di sutradarai oleh Yoann Lemoine yang juga pernah menyutradarai video klip "Teenage Dream" dari Katy Perry. Video klip ini berfokus pada Swift dan love interest-nya yang diperankan oleh seorang model bernama Guntars Asmanis. Video klipnya sengaja dibuat muram karena ini memang lagu patah hati, ditambah latar salju yang turun turut menambah kesan 'dingin' video klip ini, belum lagi liriknya.

Dari sebuah sumber di internet, katanya banyak hal di video klip ini yang merujuk pada Lautner, entah benar atau dilebih-lebihkan, inilah beberapa hal dari video klip "Back to December" yang katanya berkaitan dengan sosok Lautner:

- Asmanis di dalam video ini mengenakan jaket kulit. Dan Lautner adalah orang yang sangat suka mengenakan jaket kulit.
- Di video itu, Asmanis banyak menghabiskan waktu berpikir di bangku sebuah stadion sekolah. Lautner saat bermain dalam "Valentine’s Day"menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku stadion.
- Stadion itu bercat biru tua. Warna itu sama dengan warna pada tim sepak bola perguruan tinggi Michigan dari negara asal Lautner, the Wolverines. Yang slogannya adalah "Go Blue!"
- Kamera berfokus pada sebuah patung anjing kecil di dalam kamar Swift. Lautner, seorang penyayang binatang, memiliki anjing maltese bernama Roxy. Ia juga bermain dengan beberapa anak anjing saat sesi pemotretan Teen Vogue.
- Kamar Swift dalam video itu dipenuhi dengan memorabilia gajah, termasuk patung gajah kecil. Swift dan Lautner pernah kencan di sebuah bar bernama California’s Elephant Bar di Valencia.
- Meskipun banyak judul di rak buku Swift yang sulit terbaca, sebuah buku berjudul Mastering Spanish terlihat jelas. Dalam "Valentine’s Day", Felicia (karakter Swift) pertama kali memperhatikan Willy (karakter Lautner) pada saat "Ia meludah kepadaku di kelas bahasa Spanyol".
- Ketika Swift di lantai bawah, ada sebuah sepeda bersandar di dinding. Dan pada The Twilight Saga, alat transportasi yang digunakan Jacob Black (karakter Lautner) adalah sepeda motor.
- Meja makan ruang Swift tidak terdapat banyak makanan, tetapi jelas terdapat sebuah apel, buah yang sama yang muncul pada sampul Twilight.
- Ketika Asmanis keluar dari mobilnya di arena olahraga, dia berjalan melalui pertanian yang mirip dengan Jacob Black saat di adegan salah satu film Twilight.
- Swift menggantung kalung berliontin kunci (yang sama seperti yang digunakan Lautner) di lampu tidur di kamarnya.
- Salju turun di dalam rumah Swift, karena pada waktu itu Swift putus dengan Lautner ketika salju turun, pada bulan Desember.

Apakah itu hanya kebetulan atau Swift sengaja memasukkan itu ke dalam video klip? Entahlah.

Beberapa bait pertama menceritakan Swift yang kembali bertemu dengan Lautner setelah hubungan mereka kandas. Swift sangat senang Lautner mau meluangkan waktu untuk bertemu dengannya, mereka memulai obrolan kecil tentang bagaimana kabar keluarga Lautner, pekerjaan, dan basa-basi soal cuaca. Swift melihat Lautner tampak hati-hati, Lautner tampak tak ingin mengarahkan pembicaraan ke topik soal perasaan dan Swift paham itu karena apa yang Swift lakukan dulu pada Lautner, saya suka pengandaian yang Swift berikan "You gave me roses and I left them there to die".

Swift menurunkan kadar gengsinya sebagai wanita, biasanya wanita kan tidak mau mengakui kesalahan, mereka yang mengakhiri sebuah hubungan mereka juga yang menangis sambil bilang "semua cowok sama aja, sama-sama jahat", kebanyakan sih begitu, tapi tidak semua wanita seperti itu kok, buktinya Swift di lagu ini terang-terangan meminta maaf atas apa yang ia lakukan dulu dan berharap bisa memperbaikinya. Namun, Swift juga paham bagaimana perasaan Lautner, memperbaiki hubungan mereka tentu tidak mudah bahkan bisa dibilang mustahil jika tujuannya kembali bersama sebagai kekasih. Mengingat Swift yang mengecewakan Lautner dulu, maka Swift sangat memaklumi jika pintu hati Lautner sudah tertutup untuk Swift.

Saya dulu sering menonton video klip lagu ini di sebuah acara televisi musik yang saya lupa apa namanya dan saya juga lupa di saluran televisi mana, yang pasti bukan saluran televisi terkenal seperti RCTI, Trans7, Indosiar, dan semacamnya. Di acara musik tersebut tidak banyak video klip yang ditayangkan, pasti yang itu-itu saja, yang masih saya ingat selain "Back to December" ada "Fuckin' Perfect" dari Pink dan "Kristy, Are You Doing Okay?" dari The Offspring. Waktu itu saya masih SMP dan belum punya ponsel pintar Android seperti sekarang yang membuat menonton video klip dan mendengarkan musik sangat mudah. Entah kenapa mendengarkan lagu ini kembali membawa nuansa dulu ketika saya menontonnya di acara tersebut, termasuk beberapa hal yang saya alami semasa SMP, cinta pertama misalnya. 😂

"Back to December" adalah lagu yang menarik dari segi pembawaan, kesan patah hatinya sangat terasa, ditambah lirik dari pengalaman Swift yang juga menarik dan sedikit memberikan kita pelajaran dalam mengambil sebuah keputusan apalagi soal hubungan. Video klipnya lumayan keren meskipun untuk lagu dengan lirik naratif seperti ini video klipnya tidak mampu mengimbangi karena kurang dari segi penceritaan. Jujur, saya mengharapkan yang lebih, minimal seperti "Teardrops on My Guitar".

"I've never felt the need to apologize in a song before. But in the last two years I've experienced a lot, [including] a lot of different kinds of learning lessons. And sometimes you learn a lesson too late and at that point you need to apologize because you were careless." - Taylor Swift

Keywords: Review Maksud Arti Makna Lirik Lagu Back to December dari Taylor Swift Menceritakan Tentang Apa, Mp3, Audio, Download, Unduh, Ulasan, Trivia, Informasi Lengkap, Terbaru, Kabar, Update, Fakta Unik, Artinya, Lyrics Terjemahan Bahasa Indonesia, Video Klip, Video Music, Latar Belakang, Interpretasi, Chord, Kunci Gitar, Reff, Acoustic, Acapella, Akustik, Cover

Posting Komentar untuk "Makna Lagu Back to December dari Taylor Swift"

close