Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Lagu Motivasi untuk Menjadi Penyemangat Hidup

Lagu Motivasi untuk Menjadi Penyemangat Hidup.jpg

Jalannya hidup ini kadang tidak sesuai seperti yang kita harapkan. Rencana yang kita sudah susun secara matang kadang bisa kacau begitu saja. Itulah kehidupan, tidak mudah ditebak, kadang manis kadang pahit. Kita pasti pernah berada di posisi yang sangat tertekan dan menganggap kehidupan kita sudah gagal.

Lagu kadang bisa menjadi sebuah motivasi yang berguna di saat kita kehilangan semangat untuk menjalani hidup ini. Mendengar lagu saja tentu tidak akan menyelesaikan masalah dan membuat hidup kalian lebih baik, kalian perlu bergerak dan melakukan sesuatu. Tapi, setidaknya lagu-lagu penyemangat sedikitnya bisa memberikan dampak positif dan memperbaiki mood kalian.

Berikut 16 Lagu Motivasi untuk Menjadi Penyemangat Hidup Versi AzizPedia

1. Mereka Bisa Apa? (Sufte ft. Nadya)

Mungkin kebanyakan dari kalian akan merasa asing dengan lagu ini tapi percayalah lagu ini benar-benar keren. "Mereka Bisa Apa?" adalah sebuah lagu rap yang dibawakan oleh Sufte dan Nadya.

Nama aslinya adalah Yusuf Adam, ia adalah seorang rapper asal Jakarta yang lahir pada tanggal 15 Agustus 1996. Ia mulai menyukai dunia musik rap sejak tahun 2008 dan memulai kariernya sebagai rapper sejak kelas 2 SMP tahun 2009 di Bekasi. Saya tidak tahu kenapa ia menggunakan nama Sufte sebagai nama panggungnya. Untuk Nadya, saya benar-benar tidak tahu dia siapa.

"Mereka Bisa Apa?" adalah sebuah lagu dari Sufte yang berkolaborasi dengan Nadya. Sufte di lagu ini menyanyikan bagian versenya sementara Nadya menyanyikan bagian chorusnya. Lagu ini hanya diiringi permainan gitar sederhana dan gebukan drum yang santai, dengan instrumen yang seperti itu membuat kita bisa lebih mendalami makna dan pesan dari lagu ini.

"Mereka Bisa Apa?" sebenarnya memiliki makna yang cukup mainstream yakni tentang kita yang harus kuat mewujudkan cita-cita dan harapan meskipun orang-orang meremehkan dan merendahkan usaha kita. Mungkin ada juga lagu-lagu lain yang bertemakan serupa tapi "Mereka Bisa Apa?" berada di tingkatan yang berbeda terutama dalam hal kualitas lirik.

Sayangnya, Sufte sudah lama tidak mengeluarkan lagu baru. Entah dia berhenti bermusik atau bagaimana saya kurang tahu, tapi saya berharap suatu hari nanti dia bakal comeback dengan lagu-lagu kerennya.

2. A Million Dreams (Ziv Zaifman, Hugh Jackman, Michelle Williams)

"A Million Dreams" adalah lagu yang menjadi soundtrack film "The Greatest Showman". Film "The Greatest Showman" sendiri adalah sebuah film drama musikal arahan sutradara Michael Gracey, ini merupakan film debutnya sebagai sutradara. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, Rebecca Ferguson dan Zendaya.

"A Million Dreams" berhasil mendapatkan sertifikat 2× platinum di Britania Raya dan sertifikat platinum di Amerika Serikat. Lagu yang ditulis oleh Benj Pasek dan Justin Paul ini menceritakan optimisme seseorang untuk menggapai impiannya. Dunia memang punya sisi buruk dan baik, itu adalah hal yang mutlak, tapi daripada fokus ke hal buruk kita bisa fokus ke hal baik yang bisa memotivasi kita untuk terus melangkah dan mengabaikan ketakutan akan hal buruk yang sudah pasti akan kita lalui.

3. High Hopes (Panic! at the Disco)

"High Hopes" adalah sebuah lagu dari Panic! at the Disco yang dirilis pada 23 Mei 2018 dan masuk ke album "Pray for the Wicked". Lagu berdurasi 3 menit 10 detik ini bisa dibilang sebagai lagu tersukses dari Panic! at the Disco. Bagaimana tidak, "High Hopes" berhasil mencapai posisi 4 di Billboard Hot 100, menjadikannya lagu Panic! at the Disco dengan posisi tertinggi di tangga lagu tersebut. Lagu ini juga memegang rekor sebagai lagu terlama yang bertengger di posisi 1 pada tangga lagu US Hot Rock Songs, yakni selama 65 minggu. Pada 8 Februari 2021, "High Hopes" telah diputar sebanyak 1 miliar kali di Spotify, menjadi lagu pertama Panic! at the Disco yang menyentuh angka tersebut. "High Hopes" juga menjadi pemenang pada kategori Top Rock Song di ajang Billboard Music Awards.

"High Hopes" bermakna tentang perjalanan mengapai impian dan tetap mempertahankan semangat untuk menggapai impian itu tetap ada. Panic! at the Disco tidaklah hanya asal bicara di lagu ini karena pada kenyataannya perjalanan grup musik ini memang tidaklah mudah khususnya bagi sang vokalis grup ini. Fakta uniknya, Panic! at the Disco memang sebuah band namun saat ini hanya beranggotakan satu orang saja yaitu tak lain dan tak bukan adalah sang vokalis, Brendon Urie. Perjalanan Panic! at the Disco sempat ditimpa masalah finansial di awal sampai akhirnya keluar masuknya anggota grup musik ini juga menjadi cobaan tersendiri untuk Urie. Tapi, dengan semua rintangan itu Urie tetap percaya bahwa ia akan menjadi salah satu diantara banyaknya orang yang berhasil mengukir namanya diantara bintang-bintang dan meninggalkan sejarah manis dalam kehidupannya, dan pada akhirnya ia berhasil.

Tak ada mimpi yang terlalu besar, yang ada hanya usaha yang terlalu kecil. Jika kalian yakin dan berusaha pada akhirnya kalian akan mendapatkan hasilnya, bisa jadi lebih besar atau lebih kecil dari ekspektasi kalian. Entah itu lebih besar atau lebih kecil yang kalian dapatkan di akhir, intinya kalian tidak pernah benar-benar gagal dan tidak pernah menyerah, itu yang terpenting.

Video klip "High Hopes" dirilis pada 27 Agustus 2018 dan sampai bulan April 2021 sudah ditonton lebih dari 573 juta kali di YouTube. Video klip lagu ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai video rock terbaik di ajang MTV Video Music Awards.

4. Ya Sudahlah (Bondan Prakoso & Fade 2 Black)

"Ya Sudahlah" dirilis pada tahun 2010 dan menjadi lead single di album "For All".

"Ya Sudahlah" adalah sebuah lagu tentang berpasrah diri menerima semua hasil dari perjuangan kita. Pasrah disini bukan berarti menyerah tapi lebih ke menyerahkan semua hasilnya pada keputusan Tuhan. Hidup ini tidak selalu sesuai keinginan kita, dan saat itu terjadi baiknya jangan larut dalam kesedihan, terima itu lalu lanjutkan perjuangan.

Lagu berdurasi 4 menit 5 detik ini memiliki pembawaan yang keren, perpaduan rap Fade 2 Black serta suara merdu Bondan adalah kombinasi yang sempurna untuk didengarkan saat mengawali hari yang sulit.

5. Lanjutkanlah (8 Ball)

Ada alasan kenapa saya membahas lagu ini setelah lagu "Ya Sudahlah" dari Bondan & Fade 2 Black. Lagu "Lanjutkanlah" dari 8 Ball ini seperti bantahan untuk lagu "Ya Sudahlah" dari Bondan. 8 Ball mungkin menganggap "Ya Sudahlah" adalah sebuah lagu tentang menyerah makanya ia membuat lagu ini.

"Lanjutkanlah" memiliki makna yang sama bagusnya dengan "Ya Sudahlah". Lagu ini bermakna tentang jangan menyerah dan terus berusaha. Seperti biasa, soal lirik kalau buatan 8 Ball memang punya kualitas tersendiri.

Pada akhirnya mau itu "Ya Sudahlah" atau "Lanjutkanlah" keduanya punya makna positif tergantung kita para pendengar mengambil pesan apa dari kedua lagu tersebut.

6. Meraih Mimpi (J-Rocks)

"Meraih Mimpi" masuk ke album "Road to Abbey". Album ini merupakan sebuah album mini dari J-Rocks yang dirilis pada tahun 2009 melalui Aquarius Musikindo.

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak lagu ini tentang apa. Lagu "Meraih Mimpi" ini mencoba memberikan kita semangat untuk meraih mimpi. Pembawaannya yang ceria membuat lagu ini asyik dinyanyikan beramai-ramai.

7. Jalan Panjang (Saykoji ft. Guntur Simbolon)

"Jalan Panjang" adalah lagu dari Saykoji yang berkolaborasi dengan Guntur Simbolon. Sebuah lagu yang penuh semangat menggebu-gebu. Kualitas lirik sudah pasti tak perlu diragukan lagi karena ini lagu rap dan penulisnya juga seorang Saykoji yang sudah dikenal berkualitas jika soal menulis lirik lagu.

8. Buka Semangat Baru (Lala Karmela ft. Ello, Barry, Ipang)

Lagu "Buka Semangat Baru" ini masuk ke album "Kamu, Aku, Cinta" dari Lala Karmela yang dirilis pada tahun 2011 dibawah naungan label Sony Music Indonesia.

Lagu berdurasi 3 menit 52 detik ini dibawakan oleh Lala Karmela, Ello, Barry dan Ipang. Sebuah lagu yang sangat pas didengarkan di pagi hari sebagai awal untuk menjalani hari dengan perasaan optimis.

9. Manusia Kuat (Tulus)

Lagu "Manusia Kuat" menjadi salah satu lagu yang masuk ke album "Monokrom". Album "Monokrom" merupakan cara Tulus mengucapkan terima kasih untuk seluruh hati dan nama yang memahat pribadinya, serta mewarnai perjalanan hidup dan tentu musiknya, sejauh ini.

Penyanyi kelahiran 20 Agustus 1987 ini memang selalu hadir dengan lagu-lagu yang unik baik itu dari segi musik maupun lirik. Lewat lagu ini Tulus berharap kita untuk terus berjuang meskipun rintangan dan cobaan terus datang, tak peduli berapa banyak luka yang diterima, kita akan selalu punya alasan untuk tetap berjuang, itulah manusia kuat. Bukan mereka yang tak pernah terluka atau tak terkalahkan tapi mereka yang selalu bangkit dan terus mencoba sebanyak apapun mereka gagal.

10. Hadapi Dengan Senyuman (Dewa 19)

Lagu berdurasi 4 menit 1 detik ini diciptakan oleh Ahmad Dhani dan masuk ke album Dewa 19 yang bertajuk "Laskar Cinta". Vokal di lagu ini diisi oleh Once Mekel dan Ahmad Dhani.

Ini adalah sebuah lagu tentang menerima semua cobaan dengan senyuman. Ikhlas menjalani semuanya dan yakin bahwa ini adalah jalan yang terbaik yang dipilihkan Tuhan untuk kita, meskipun kadang kita sulit untuk menerimanya.

11. Hall of Fame (The Script ft. will.i.am)

"Hall of Fame" merupakan lead single di album studio ketiga The Script, "#3". Dalam lagu ini The Script berkolaborasi dengan will.i.am. Lagu yang dirilis pada 20 Agustus 2012 ini berhasil mendapatkan sertifikat platinum dan multi-platinum di beberapa negara seperti Australia, Italia, Selandia Baru, Swedia, Norwegia, Britania Raya dan Amerika Serikat.

"Hall of Fame" adalah lagu tentang menggapai impian kita dan memperjuangkannya dengan semua yang kita bisa lakukan. Di video klipnya diperlihatkan seorang pria yang tampak lemah yang bercita-cita menjadi petinju serta ada juga seorang wanita yang menderita gangguan pendengaran yang ingin menjadi penari balet. Video klipnya seperti memperlihatkan pada kita semua tak ada impian yang terlalu tinggi, kita mungkin menganggap kita tak akan pernah meraihnya dengan keadaan kita sekarang tapi dengan ketekunan dan kerja keras tak ada yang tahu bagaimana hasilnya di akhir, bisa saja kita berhasil mewujudkannya dan berada di puncak.

12. Girl on Fire (Alicia Keys)

Saya pertama kali mendengarkan lagu ini saat dibawakan oleh penyanyi cilik Angelica Hale di ajang America's Got Talent. Aksinya memang luar biasa, membuat semua penonton berdiri dan pada akhirnya ia diganjar golden buzzer atas penampilannya tersebut. Karena penampilannya tersebut saya jadi penasaran dengan lagu "Girl on Fire" ini dan mencoba mendengarkan versi asli yang dibawakan Alicia Keys di YouTube. Lagu ini ternyata memang luar biasa, mampu memberikan sebuah semangat.

Lagu yang dirilis pada 4 September 2012 ini masuk ke album studio kelima Alicia Keys yang juga berjudul "Girl on Fire". Lagu ini berhasil mendapatkan sertifikat platinum dan multi-platinum di Jerman, Meksiko, Selandia Baru, Britania Raya, Amerika Serikat dan masih banyak lagi.

Keys yang membawakan lagu ini dengan cara agak berteriak semakin menguatkan kesan kalau lagu ini adalah lagu pemberi semangat yang tak main-main. "Girl on Fire" memang seakan secara spesifik menyebutkan kalau lagu ini merupakan penyemangat untuk para perempuan namun sebenarnya lagu ini juga bisa kita maknai secara universal. Lagu ini menceritakan tentang penemuan sebuah jati diri, sebuah perjuangan serta bagaimana mempercayai insting dan diri sendiri.

13. Laskar Pelangi (Nidji)

Lagu "Laskar Pelangi" ini adalah soundtrack di sebuah film yang juga berjudul "Laskar Pelangi" yang dirilis pada tahun 2008. Bagi saya, film arahan sutradara Riri Riza ini masih menjadi film Indonesia dengan genre drama terbaik sampai saat ini. Tak ada film Indonesia dalam genre serupa yang mampu melewati kualitas film ini secara keseluruhan, baik itu dari akting, visual, pesan moral yang dibawa dan tentu saja soundtrak-nya. Film ini masih berada di level teratas perfilman Indonesia, bahkan setelah lebih dari satu dekade semenjak dirilisnya.

"Laskar Pelangi" memberikan kita pesan untuk selalu bersyukur dengan apa yang ada dan tak pernah berhenti meraih mimpi. Mimpi adalah kunci, sebuah penggalan lirik paling awal lagu ini. Saya setuju dengan itu. Mimpi, harapan atau impian adalah hal penting, orang yang hidup tanpa itu sebenarnya tidaklah hidup, ia hanya bernapas. Impian itu tak selalu sesuatu yang megah, hal-hal sederhana yang kita inginkan adalah sebuah impian yang layak diperjuangkan.

14. Stronger (Kelly Clarkson)

Kesan yang diberikan lagu ini bagi saya serupa dengan "Girl on Fire" dari Alicia Keys, sama-sama dibawakan dengan penuh semangat oleh seorang wanita.

"Stronger" berhasil merajai Billboard Hot 100 dan lima belas tangga lagu Billboard lainnya seperti Adult Pop Songs, Adult Contemporary, Hot Dance Club Songs dan Pop Songs. Sesuatu yang tak pernah dicapai lagu Clarkson sebelumnya. Lagu ini juga mendapatkam nominasi di Grammy Award dan World Music Award.

"Stronger" seperti judulnya merupakan lagu yang berisi pesan agar kita bisa selalu kuat. Meskipun ada unsur kalau lagu ini tentang masalah asmara tapi kita bisa memaknainya secara umum, bukan hanya untuk persoalan cinta saja.

15. Marchin On (OneRepublic)

"Marchin On" diciptakan oleh vokalis OneRepublic sendiri, Ryan Tedder, dan masuk ke album studio kedua mereka, "Waking Up". Lagu ini dirilis pada 18 Juni 2010 dibawah naungan label Mosley Interscope.

Lagu "Marchin On" maknanya bisa banyak sekali tergantung perspektif masing-masing. Bisa jadi ini tentang terus melanjutkan hidup walaupun kita sedang dalam keadaan yang buruk. Ada juga yang berpendapat ini tentang hidup. Kita mempunyai 'pertarungan' kita sendiri di kehidupan ini dan bagaimana pun buruknya 'pertarungan' itu kita harus tetap melanjutkan hidup ini, hidup tidak berhenti hanya kita terluka atau bersedih karena suatu masalah. Tapi, lagu ini bisa juga bermakna bercerita tentang sebuah hubungan yang sedang dalam masa sulit.

16. Fight Song (Rachel Platten)

"Fight Song" adalah lagu dari Rachel Platten yang dirilis pada 19 Februari 2015. Lagu ini awalnya masuk ke album EP Platten yang juga berjudul "Fight Song" kemudian juga menjadi salah satu lagu dalam album studio debutnya, "Wildfire". Lagu yang ditulis Platten bersama Dave Bassett ini berhasil mencapai posisi 6 di Billboard Hot 100 dan mendapatkan sertifikat 6× platinum di Amerika Serikat.

Lagu ini diciptakan Platten sebagai pengingat bahwa ia harus percaya pada dirinya sendiri. Ini merupakan ungkapan rasa percaya diri Platten saat dirinya seperti tidak ada harapan di industri musik, ia akan tetap akan membuat musik, meskipun itu hanya dalam skala kecil, meskipun musik yang ia buat hanya untuk dirinya sendiri. Kritikus memuji lagu ini karena pesan yang dibawanya dan vokal kuat dari Platten semakin menegaskan maksud lagu ini.

Baca juga: Lagu-Lagu Barat Paling Romantis

Itulah lagu-lagu motivasi yang bisa kalian dengarkan untuk menjadi penyemangat menjalani hari-hari kalian. Mana lagu motivasi favorit kalian? Ada lagu motivasi keren lainnya yang tidak ada dalam daftar di atas? Silakan tulis di kolom komentar ya!

Keywords: lagu motivasi kehidupan, lagu penyemangat hidup, lagu tentang semangat hidup, lagu yang memotivasi, musik motivasi, lagu barat pembangkit semangat, lirik lagu motivasi perjalanan hidup, lirik lagu motivasi bahasa inggris, lirik lagu motivasi untuk pelajar, lirik lagu motivasi, apa itu motivasi lagu, lagu motivasi cinta, lagu motivasi anak sekolah, lagu motivasi kerja, lagu motivasi indonesia, lagu motivasi barat, lagu penyemangat barat, lagu penyemangat indonesia, lagu penyemangat kerja, lagu penyemangat hidup

Posting Komentar untuk "16 Lagu Motivasi untuk Menjadi Penyemangat Hidup"