Family Farm Adventure, Game Farming dengan Unsur Petualangan yang Cukup Seru

Family Farm Adventure adalah sebuah game yang menggabungkan game farming dan game adventure dengan cerita sederhana namun menarik.
Family Farm Adventure, Game Farming dengan Unsur Petualangan yang Cukup Seru.jpg

Perangkat mobile kembali kedatangan game bertemakan farming, kali ini sebuah game besutan developer Century Games Pte. Ltd berjudul Family Farm Adventure. Game ini adalah sebuah game gratis yang pertama kali dirilis secara resmi di Play Store pada 14 April 2021 untuk Android, game ini juga tersedia di perangkat iOS. Game ini sudah di-download sebanyak 5 juta kali dan mendapatkan rating 4,6/5 dari sekitar 174 ribu ulasan. Jika sekilas melihat ratingnya, Family Farm Adventure sepertinya terlihat menarik untuk dimainkan. Apakah game ini memang sebuah game farming yang seru atau biasa-biasa saja dan belum bisa bersaing dengan game-game farming di perangkat Android lainnya?

Game ini menggabungkan farming dan adventure. Kalian di game ini bisa berpetualang menjelajahi berbagai tempat dan mengikuti alur ceritanya. Di samping itu kalian juga bisa bertani dan beternak serta tak lupa kalian juga bisa mendekorasi tempat pertanian kalian. Mode farming di Family Farm Adventure mengingatkan saya dengan game Green Farm 3 keluaran Gameloft. Benar-benar mirip, hanya saja Green Farm 3 tidak memiliki mode adventure seperti di Family Farm Adventure ini. Namun, mode petualangan di Family Farm Adventure juga mirip salah satu game Gameloft lainnya di Android yaitu Ice Age Adventures. Jadi, Family Farm Adventure tidak bisa disebut menyuguhkan sesuatu yang baru, apa yang ditawarkan game ini pada dasarnya sudah pernah ada di game lainnya.

Apakah itu membuat game ini tidak seru untuk dimainkan? Saya rasa tidak, harus diakui Family Farm Adventure berhasil memberikan cerita yang sederhana tapi memikat dipadukan dengan grafis yang smooth dan cerah meskipun dalam bentuk tampilan yang terlihat sangat kartun. Selain grafis, musik juga sangat menyatu dengan nuansa yang dibawa game ini. Soal visual gambar maupun audionya, Family Farm Adventure sangat memuaskan.

Untuk cerita, Family Farm Adventure akan membawa kita berpetualang dengan seorang karakter wanita bernama Felicia. Ia diceritakan kembali ke tempat neneknya yang sekarang keadaannya tidak seindah saat Felicia kecil dulu. Kemudian ia ingin kembali membuat tempat si nenek seperti dulu, salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Bunga yang meriah. Untuk mewujudkannya ternyata tidak mudah, Felicia akan berpetualang ke berbagai tempat berbahaya namun menakjubkan dan bertemu orang-orang baru.

Ceritanya seperti yang saya bilang terlihat sederhana namun seru untuk diikuti. Kekurangannya, game ini memang belum menyediakan Bahasa Indonesia yang mungkin bisa jadi masalah untuk kalian yang kurang paham Bahasa Inggris. Tapi, sebenarnya cerita maupun dialog di game ini tidak menggunakan Bahasa Inggris yang terlalu ribet, buktinya saya saja yang bisa dikatakan pemahaman Bahasa Inggrisnya belum terlalu bagus masih bisa menikmati cerita maupun setiap dialog di game ini.

Sayangnya salah satu kekurangan dari game ini yang paling saya keluhkan adalah adanya sistem energi. Sistem energi ini membuat kita kurang leluasa memainkan Family Farm Adventure karena progres kita khususnya di mode adventure akan terhambat karena adanya sistem energi ini. Apalagi energinya tergolong cukup cepat terkuras, seperti saat kita ingin membersihkan berbagai tempat di game ini yang membutuhkan cukup banyak energi. Memang ada cara-cara tertentu untuk mendapatkan energi tambahan tapi bagi saya itu tetap saja terasa kurang dan berpengaruh pada keseruan bermain. Tapi, memang sistem energi ini seperti dibutuhkan juga agar game tidak cepat selesai karena jika tidak ada sistem energi ini maka cerita di Family Farm Adventure sepertinya akan cepat selesai.

Saya tidak terlalu fokus ke mode petualangannya ketika memainkan game ini, saya hanya mencoba menyelesaikan tiga tempat saja untuk mode petualangan di game ini selebihnya saya mencoba mode farming-nya. Disinilah keluhan sistem energi begitu terasa, di awal game kita harus membersihkan tempat pertanian kita jika kita ingin mendekorasi tempat tersebut seperti yang kita inginkan. Membersihkan tempat disini membutuhkan energi yang tidak sedikit. Malas saja rasanya harus keluar dulu dari game untuk beberapa waktu kemudian masuk lagi setelah energi kita terisi agar kita bisa melanjutkan petualangan atau mendekorasi pertanian kita.

Rating: 6/10

Keywords: Game Family Farm Adventure Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial