Makna Lagu YouDumber dari 8 Ball

Lagu "YouDumber" merupakan lagu sindiran dari 8 Ball untuk para youtuber gaming toxic, rapper dadakan, dan youtuber prank.
Makna Lagu YouDumber dari 8 Ball.jpg

 
     

Semua jadi youtuber pasaran biar keren
Side job, rapper, motivator apapun demi konten
Berasa famous dunia maya bikin tantangan
Penuhi ma follower di depan umum ciuman

Bikin prank kelewatan biar terlihat cool
Sini kerjain gue kalo butuh di pukul
Beda kan mana menghibur mana ngawur
Apapun jadi demi Adsense lu terus mancur

Jadi berhenti bikin panas jangan bacot ngeles
Kaya youtuber bikin diss track tapi tetep lemes
Followers banyak bisa langgar lalu lintas
Udah viral takut kaya bencong di kejar satgas

Drama lo malesin diss track lo itu kocak
Orang paling ga punya otak pun bilang what the fuck
Di samperin terbirit birit belaga pikun
Tutup akun curhat lo banci malu sama jakun

Scena ini buas selamat datang di hutan
Kalian pikir aman di bela alay militan
Badan saja tumbuh tapi otak embrio
Ajakin gua ribut di hate comment macam gang di riau

Alay alay tolol anggap hidup macam konsol
Konsol mainannya dari itu gamer tolol
Dari gamer maki maki mau jadi rapper
Liat seberapa kuat kecoak cicipi kamper

Guys njing guys njing
Kata itu makin sering kerupuk kalah garing
Gue dulu lebih sering pas sadar itu gak gagah
Gak usah berasa keren konten begitu lo unggah

Tetap memaki oke lah no problem
Tapi pas alay bodoh mencontoh lo jangan diem
Mereka ironinya mengidola hiperbola
Niru role model bodohnya ikutin semua pola

Kali ini kita akan membahas lagi berjudul "YouDumber" dari 8 Ball. Di Youtube sendiri lagu ini di-upload oleh channel 8 Ball Rap kalau tidak salah tanggal 24 Februari 2018.

Muhammad Iqbal atau lebih dikenal dengan nama 8 Ball ini memang sudah cukup lama tak mengeluarkan album. 8 Ball terkenal dengan lagu diss-nya yang sangat tajam dan bisa sangat melukai perasaan pihak yang di-diss. Meskipun 8 Ball tidak segencar dulu lagi dalam membuat lagu diss tapi kemampuannya dalam menyerang seseorang lewat lagu tak pernah tumpul.

Lewat lagu "YouDumber" ini 8 Ball mengkritik  para youtuber. Tentu saja tidak semua youtuber, lantas youtuber mana saja yang tersikut lagu "YouDumber"?

Dari beberapa bagian liriknya youtuber yang menjadi sasaran lagu diss 8 Ball kali ini adalah AA Utap, Reza Oktavian dan para youtuber yang suka melakukan prank. Hanya itu sih youtuber yang saya rasa menjadi target lagu "YouDumber", bisa juga ada youtuber lain yang dimaksud 8 Ball di lagu ini tapi saya tidak tahu.

Di lagu tersebut 8 Ball menyindir lagu diss yang dibuat AA Utap untuk Laurientius Rando. Lagu tersebut berjudul "Bukan Kacang Lupa Kulit". Lagu tersebut memang terdengar lembek untuk jenis lagu diss, apalagi kalau dibandingkan dengan lagu-lagu diss dari 8 Ball. Selain tentang lagu diss yang dibuat AA Utap, 8 Ball juga membawa-bawa kejadian AA Utap yang menyombongkan subscriber-nya yang banyak sampai berani melanggar lalu lintas. Kejadian tersebut memang sempat hangat diperbincangkan di jagat maya.

Korban selanjutnya dari lagu "YouDumber" adalah Reza Oktavian. Di lagu ini 8 Ball mengkritik gamer yang suka berbahasa kasar. Memang banyak sih gamer yang suka menggunakan kata-kata tak senonoh saat membuat video gaming-nya tapi bagian lirik "dari gamer maki-maki mau jadi rapper" seperti menegaskan kalau Reza Oktavian adalah gamer yang di maksud.

8 Ball juga memberitahu kalau dirinya sudah lebih dulu sering menggunakan kata-kata kasar tersebut di lagu-lagunya tapi ia sadar itu tidak membuatnya tampak gagah atau keren.

Terakhir, para pembuat video prank yang menjadi korban keganasan lagu diss "YouDumber" dari 8 Ball. 8 Ball menganggap video dengan konten prank di YouTube sudah ngawur dan tidak lagi menghibur. Jujur, saya pribadi kurang suka dengan video prank terutama dari youtuber Indonesia karena sangat garing dan saya tidak pernah tertawa karena video prank youtuber Indonesia.

Lagu "YouDumber" hanya berdurasi 2 menit 11 detik namun berhasil menyentil para youtuber Indonesia yang katanya 'keren-keren' itu.

Tentu saja reaksi orang berbeda-beda dengan kemunculan lagu "YouDumber" ini. Ada yang menganggapnya bagus dan menyukainya serta ada juga yang kurang menyukainya dan menganggap 8 Ball hanya cari sensasi.

Saya juga punya pendapat sendiri tentang lagu ini.

Kalau kalian mau lebih tahu tentang musik rap maka kalian tidak akan bilang lagu semacam ini sebagai cara untuk mencari sensasi. Musik rap yang merupakan salah satu unsur budaya hiphop terkenal dengan kritik sosialnya. Kalau lagu dangdut memiliki tema kritik sosial itu baru jarang tapi musik rap sudah dari sananya sebagai bentuk kritikan terhadap keadaan sosial. Dulu kita punya seorang Iwan Fals yang walaupun bukan seorang rapper tapi berani dengan lantang mengeluarkan karya-karya yang mengkritik masalah sosial bahkan sampai pemerintah pun ia sindir.

Saya sebenarnya senang saat musik rap kembali mencuat kepermukaan saat para youtuber mencoba jadi rapper setelah musik rap populer terakhir kali mungkin lewat lagu "Online" dari Saykoji. Di situ saya berharap muncul banyak lagu kritikan sosial yang keren minimal dari segi lirik karena musik rap yang terpenting itu lirik, tapi apa yang tersaji sekarang jauh dari ekspektasi saya. Jujur saya kecewa dengan lagu rap yang terlalu mementingkan musiknya yang sok kekinian dengan menggunakan musik EDM. Setelah Iwan Fals tak lagi menyuarakan isi hatinya saya sangat berharap para rapper yang menggantikan posisinya tapi ah sudahlah.

8 Ball adalah satu dari sedikit rapper yang mencoba mengingatkan kita tentang jati diri musik rap yang merupakan sarana untuk menyuarakan pendapat tentang berbagai masalah yang sedang terjadi di masyarakat kita. Karena itulah saya mengidolakan dia. Lagu-lagu 8 Ball sebelumnya juga bertemakan kritikan sosial seperti lagu "Milenial Denial" yang merupakan kritikan untuk para selebgram yang rela berpenampilan vulgar untuk mendapat pengikut.

Keywords: Review Makna Lirik Lagu YouDumber dari 8 Ball, Mp3, Audio, Download, Unduh, Ulasan, Trivia, Informasi Lengkap, Terbaru, Kabar, Update, Fakta Unik, Artinya, Lyrics Terjemahan Bahasa Indonesia, Video Klip, Video Music, Latar Belakang, Interpretasi, Chord, Kunci Gitar, Reff, Acoustic, Acapella, Akustik, Cover