Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review dan Link Download Game Android Football Manager 2023 Mobile

Review dan Link Download Game Android Football Manager 2023 Mobile.jpg

Trailer

Gambar

Informasi & Review

Football Manager 2023 Mobile (FMM 23) adalah seri terbaru dari waralaba Football Manager, sebuah waralaba game bertemakan manajemen sepak bola paling populer dan terbaik saat ini.

Game FMM 23 ini dikembangkan oleh Sports Interactive sementara untuk publisher-nya adalah SEGA. Game ini dirilis pada 8 November 2022 untuk perangkat Android dan iOS. Game ini di Play Store memiliki harga Rp159.000, ini belum termasuk pajak dan tambahan biaya lainnya tergantung metode pembayaran yang kalian gunakan. Sebisa mungkin jangan pernah membeli sesuatu di Play Store lewat pulsa karena harga totalnya akan sangat membengkak. Kalian bisa menggunakan metode pembayaran e-wallet seperti Dana.

Di Play Store, FMM 23 ini sudah di-download lebih dari 10 ribu kali dengan rating yang didapatkan yaitu 4,5 dari dua ribu ulasan.

Di FMM 23 kita akan berperan sebagai seorang manajer sepak bola. Jika kalian bukan orang yang terlalu suka sepak bola dan kurang tahu tentang dunia sepak bola rasanya game manajemen ini akan sedikit membingungkan untuk kalian.

FMM 23 adalah salah satu game manajemen sepak bola paling realistis di perangkat Android untuk saat ini. Saingannya mungkin hanya Soccer Manager 2023, selebihnya tidak ada yang mampu menyentuh level FMM 23 dari segi sistem permainan yang realistis.

Saya selalu membuat ulasan untuk setiap seri FMM yang dirilis setiap tahunnya, jadi agak bosan juga rasanya harus terus menjelaskan apa itu FMM secara dasar di setiap ulasannya, jadi saya persingkat saja disini. FMM adalah sebuah game dimana kalian akan menjadi seorang manajer sepak bola dan mengatur berbagai hal selayaknya seorang manajer, dari mulai mengatur taktik, menjual atau membeli pemain, dan sebagainya. Disini kalian juga bisa pindah klub dan melatih timnas.

Yang menarik untuk dibahas dari setiap seri FMM adalah apa saja perubahan dan penambahan fitur yang diberikan. Kita mulai dari lisensi FMM 23 yang sudah memiliki lisensi kompetisi antar klub Eropa seperti UCL, UEL, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih fungsi adanya lisensi ini? Sebenarnya saya juga kurang paham, tapi yang saya lihat adanya lisensi ini memberikan pihak pengembang hak untuk memberikan kita sebagai pemain unsur-unsur yang ada di kompetisi-kompetisi antar klub Eropa tersebut, seperti latar belakang khas UCL atau UEL tergantung kompetisi mana yang kalian ikuti. Nama kompetisinya juga sudah sama seperti di dunia nyata, tidak ada pelesetan-pelesetan untuk nama kompetisi antar klub Eropa.

Di FMM 23 ini ada fitur team talk. Jadi, sebelum pertandingan atau saat jeda babak pertama kalian bisa memberikan team talk atau sederhananya sepatah dua patah kata untuk memotivasi para pemain. Akan ada opsi kesan apa yang akan kalian berikan dalam team talk tersebut, apakah ingin mendorong pemain untuk memenangkan pertandingan atau membuat mereka rileks dan tidak terlalu membebani mereka saat bermain. Kalian harus memilih dengan cermat pilihan ini, tergantung situasi dan kondisi. Meskipun sebenarnya saya agak kurang merasakan efek team talk ini. Bukankah sudah ada sistem morale untuk hal semacam ini, tapi entahlah saya juga kurang paham perbedaan dampak morale dan team talk disini. Mungkin morale sifatnya berkepanjangan dan team talk ini hanya berpengaruh di satu pertandingan saja.

Fitur baru lainnya adalah development hub. Ini berguna untuk melihat dan mengatur perkembangan pemain khususnya pemain muda. Performa para pemain pinjaman juga bisa kalian pantau disini. Ini adalah fitur favorit saya di seri 2023 ini.

Dibagian transfer juga katanya ada perubahan. Katanya ada perubahan aktivitas transfer dan bagaimana tim lawan melakukan penawaran pada pemain kita, tapi sayangnya saya tidak merasakan perbedaan apa-apa dari aktivitas transfer disini, tak ada bedanya dengan seri 2022. FYI, bug transfer 225 juta masih work di seri ini, jika kalian ingin menggunakannya, meskipun sebenarnya saya lebih menyarankan jangan pernah menggunakan bug ini karena akan mengurangi keseruan bermainnya.

Di seri ini kalian sudah bisa menjadi manajer sebuah timnas dari awal, berbeda dengan seri-seri sebelumnya dimana jika kalian ingin menjadi manajer timnas dari awal kalian harus membeli sebuah fitur atau membuka fitur tersebut dengan mendapatkan sebuah achievement.

Sayangnya untuk bahasa yang tersedia, FMM 23 masih belum menyediakan pilihan Bahasa Indonesia.

Untuk visual pertandingannya, FMM 23 masih seperti pendahulunya yaitu visual 2D dengan tampilan bulat-bulat seperti bola karambol. Sebenarnya saya sudah berhenti berharap dari segi visual ini, mau ada peningkatan ke 3D syukur kalaupun tidak bagi saya bukan masalah. Hal itu tidak akan mengurangi penilaian saya terhadap game ini, walaupun Soccer Manager 2023 sudah menampilkan visual pertandingan yang lebih modern.

Overall, setelah dikecewakan di seri 2022 akibat berekspektasi terlalu tinggi dan hasilnya ternyata tidak ada upgrade signifikan, saya menurunkan ekspektasi saya untuk seri 2023 ini dan hasilnya ternyata cukup memuaskan, fitur development hub rasanya jadi hal yang paling menarik perhatian bagi saya disini.

Rating: 8/10

Link Download

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sega.soccer.eleven

Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur, dan informasi tentang game di postingan ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game Football Manager 2023 Mobile yang dirilis di platform Android.

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/
https://play.google.com/

Keywords: Game Football Manager 2023 Mobile Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial

Posting Komentar untuk "Review dan Link Download Game Android Football Manager 2023 Mobile"

close