Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial, Tips & Trik Cara Bermain Stardew Valley di Android

Tutorial Stardew Valley.jpg

Stardew Valley adalah salah satu game paling populer bertemakan bertani yang sudah tersedia di perangkat Android. Meskipun memang paling sering disebut sebagai game bertani, nyatanya Stardew Valley menyuguhkan banyak hal lain selain bertani, seperti memancing, menambang, menjalin hubungan dengan karakter NPC lainnya sampai menikah dan punya anak. Ada sedikit unsur aksi juga yang ditambahkan di game ini.

Gameplay-nya mengingatkan saya pada beberapa game Harvest Moon, karena memang sang pembuat game ini sepertinya terinspirasi dari Harvest Moon. Game ini memang seru untuk dimainkan, bahkan dibandingkan seri Harvest Moon resmi yang dirilis di Android, Stardew Valley jauh lebih menyenangkan.

Di postingan ini saya akan memberikan beberapa tutorial, tips & trik cara bermain Stardew Valley. Semoga bisa membantu kalian dalam memainkan game ini. Yang saya bagikan di postingan ini semuanya murni tutorial, tidak ada cheat, dan saya juga sangat tidak menyarankan kalian menggunakan cheat untuk game semacam ini karena keseruannya akan hilang. Keseruan game semacam ini datang disaat progres kalian sudah jauh dan berkembang, rasa kepuasan akan datang mengingat darimana kalian memulainya, hal tersebut akan terasa lebih berkesan, kalian tidak akan mendapatkan perasaan tersebut jika memainkannya dengan cheat.

Beberapa barang atau item akan saya tulis dalam Bahasa Inggris, yaitu bahasa asli dari game Stardew Valley sendiri. Saya tidak menuliskannya dalam Bahasa Indonesia karena memang game ini belum tersedia dalam Bahasa Indonesia. Ada sih hasil modifikasi Bahasa Indonesia dari game Stardew Valley untuk Android, tapi belum sepenuhnya diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, jadi disini saya akan menggunakan Bahasa Inggris untuk menamai beberapa item atau yang lainnya dari game ini.

Berikut Kumpulan Tutorial, Tips & Trik Bermain Game Stardew Valley di Android

Cara Mendapatkan Kuda di Stardew Valley

Kuda adalah salah satu hewan peliharaan di Stardew Valley, dengan memelihar kuda maka kalian bisa menungganginya dan membuat pergerakan kalian lebih cepat. Untuk bisa memelihara kuda kalian harus membangun stable. Kalian bisa membeli stable di Carpenter's Shop. Bahan yang diperlukan untuk membuat stable adalah 100 hardwood dan 5 iron bar serta ada biaya 10.000g yang harus kalian bayarkan. Saat stable berhasil dibangun, maka otomatis kalian akan memiliki kuda.

Cara Upgrade Tas di Stardew Valley

Untuk upgrade tas agar storage kalian lebih banyak, kalian perlu pergi ke Pierre's General Store. Disana kalian bisa meng-upgrade tas kalian yang awalnya hanya memiliki 12 slot menjadi 24 slot. Selanjutnya, kalian masih bisa meng-upgrade tas kalian lagi menjadi 36 slot. Untuk upgrade pertama membutuhkan biaya 2.000g dan untuk upgrade kedua membutuhkan biaya 10.000g.

Cara Memindahkan Chest di Stardew Valley

Chest atau peti adalah sebuah item untuk menyimpan item atau barang lainnya di Stardew Valley. Chest bisa menyimpan 36 item berbeda. Untuk memindahkan chest yang sudah kita tempatkan sebelumnya, kalian harus pastikan dulu chest tersebut sudah kosong tidak ada item lainnya di dalamnya. Setelah itu kalian tinggal pukul chest tersebut dengan alat yang kalian punya, bisa cangkul atau kapak. Chest akan otomatis pindah ke inventory kalian dan bisa kalian taruh kembali di tempat yang kalian inginkan.

Cara Mendapatkan Clay di Stardew Valley

Clay atau tanah liat adalah salah satu item di Stardew Valley. Item ini cukup berguna terutama sebagai bahan-bahan crafting. Clay menjadi salah satu bahan dalam pembuatan garden pot, brick floor, fiber seed, bone mill, serta silo. Clay bisa didapatkan dari mencangkul tanah, pasir, atau artifact spot. Clay juga bisa didapatkan dengan menambang clay node di Ginger Island Dig Site. Kalian juga berkemungkinan mendapatkan clay saat membuka geodes.

Cara Mendapatkan Hardwood di Stardew Valley

Hardwood adalah jenis kayu di Stardew Valley yang lebih spesial karena lebih kuat dan tahan lama dibanding kayu yang biasa. Kalian bisa mendapatkan hardwood dengan menebang large stump. Ada 6 large stump yang muncul setiap harinya di secret woods yang bisa kalian tebang, total kalian akan mendapatkan 12 hardwood setiap harinya. Khusus untuk pertanian jenis forest farm dan four corner farm ada tambahan large stump yang bisa kalian temukan di pertanian kalian. Untuk bisa menebang large stump kalian harus sudah meng-upgrade kapak kalian menjadi copper axe.

Cara Mendapatkan Coal di Stardew Valley

Untuk mendapatkan coal atau batu bara, kalian bisa melakukan berbagai cara seperti menambang batu di tambang, membeli dari Clint di Blacksmith Shop atau membuatnya dengan Charcoal Kiln. Di Charcoal Kiln kalian membutuhkan 10 kayu untuk membuat 1 coal.

Cara Membuat Furnace di Stardew Valley

Furnace adalah sebuah alat hasil crafting yang memungkinkan kalian untuk mengubah ore menjadi bar. Agar bisa membuat furnace kalian harus mengambil dulu copper ore di tambang lalu akan ada cutscene dimana Clint akan memberikan resep crafting untuk membuat furnace. Bahan-bahan untuk membuat furnace adalah 25 stone/batu dan 20 copper ore.

Cara Membuat Copper Bar, Iron Bar, Gold Bar, dan Iridium Bar

Kalian bisa membuat copper bar, iron bar, gold bar, dan iridium bar di furnace. Resepnya cukup masukan jenis ore seperti copper ore, iron ore, gold ore, atau iridium ore dengan 1 coal ke furnace maka bar akan kalian dapatkan tergantung jenis ore yang kalian masukkan tadi. Waktu tunggu untuk tiap jenis bar bisa berbeda-beda, copper bar paling cepat dan iridium bar paling lama prosesnya.

Cara Memenangkan Egg Festival/Festival Telur di Stardew Valley

Egg festival adalah festival pertama yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini digelar pada tanggal 13 Spring dan berlokasi di Pelican Tower Square. Di festival ini kalian akan berlomba dengan karakter NPC lainnya untuk mencari telur sebanyak-banyaknya, yang paling banyak menemukan telur maka dia pemenangnya.

Dibawah ini adalah rute rekomendasi yang bisa kalian ambil untuk bisa mengumpulkan 18 telur dan menjadi pemenang festival telur.

Jika gambar agak buram, klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas!

Cara Mendapatkan Telur Dinosaurus/Egg Dinosaurs di Stardew Valley

Egg dinosaurs atau telur dinosaurus adalah salah satu item di Stardew Valley. Dengan memiliki telur dinosaurus kalian bisa menetaskannya di inkubator lalu kalian akan memiliki dinosaurus yang akan menghasilkan telur dinosaurus. Lalu, dimana kalian harus mendapatkan telur dinosaurus untuk pertama kalinya? Telur dinosaurus bisa didapatkan dengan menggali/mencangkul Artifact Spot di sekitaran area The Mountains, dari Fishing Treasure Chests setelah level memancing kalian mencapai level 2, dijatuhkan dari Pepper Rex, mencari di Prehistoric Floors pada Skull Cavern, atau memenangkan Crane Game di Movie Theater.

Cara Mendapatkan Truffle di Stardew Valley

Truffle adalah salah satu jenis jamur di Stardew Valley. Jamur ini bisa muncul setelah kalian memiliki pig/babi. Tempatkan babi kalian diluar kandang maka kalian akan mendapatkan truffle. Babi sendiri bisa dibeli di Marnie's Ranch seharga 16.000g dengan syarat kalian sudah memiliki Deluxe Barn, yaitu Barn yang sudah di-upgrade sebanyak 2 kali.

Cara Mendapatkan Prismatic Shard di Stardew Valley

Prismatic Shard adalah salah satu item paling langka di Stardew Valley. Kalian bisa mendapatkannya dengan menambang Mystic Stone di The Mines level 100+, Skull Cavern, dan Quarry. Kalian juga memiliki kemungkinan mendapatkannya dari menambang Iridium Node di Skull Cavern, Quarry, dan Volcano Dungeon. Omni Geode juga memiliki kemungkinan mengelurakan item ini ketika dibuka. Rainbow Trout Fish Pond dan Fishing Treasure Chest juga bisa menghasilkan item ini. Katanya langka tapi kok banyak cara untuk mendapatkannya? Memang caranya banyak tapi kalian akan sangat jarang mendapatkannya, kemungkinan kalian mendapatkannya dari cara-cara diatas sangatlah rendah persentasenya.

Cara Upgrade Rumah di Stardew Valley

Kalian bisa meng-upgrade rumah dengan cara pergi ke Carpenter's Shop yang dikelola Robin dan membawa item-item yang diperlukan. Kalian bisa melakukan 3 kali upgrade pada rumah kalian. Upgrade yang pertama membutuhkan 450 kayu dan 10.000g. Upgrade kedua membutuhkan 150 hardwood dan 50.000g. Upgrade yang ketiga membutuhkan 100.000g. Untuk tiap upgrade Robin membutuhkan waktu 3 hari untuk menyelesaikannya.

Cara Masuk Sewer di Stardew Valley

Sewer atau selokan bisa diakses dari Pelican Town atau Cindersap Forest. Untuk bisa mengaksesnya kalian harus terlebih dahulu memberikan 60 item yang berupa artefak atau mineral ke museum lalu kalian akan mendapatkan Rusty Key. Dengan item itulah kalian bisa mengakses Sewer.

Cara Mendapatkan Maple Syrup di Stardew Valley

Maple Syrup bisa didapatkan dengan menempatkan Tapper di Pohon Maple yang sudah besar. Kemudian kalian bisa mendapatkan Maple Syrup setiap 9 hari sekali. Tapper sendiri bisa kalian buat setelah level foraging kalian mencapai level 3. Bahan-bahan untuk membuat Tapper adalah 40 kayu dan 2 Copper Bar.

Cara Membuat Wine di Stardew Valley

Kalian bisa mendapatkan Wine dengan cara memasukkan buah ke dalam Keg. Tunggu selama seminggu alias 7 hari maka kalian akan mendapatkan Wine. Keg bisa kalian buat di menu crafting setelah Farming level kalian mencapai level 8. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 30 kayu, 1 Copper Bar, 1 Iron Bar, 1 Oak Resin.

Cara Menikah di Stardew Valley

Untuk bisa menikah kalian harus memiliki 10 hati dalam hubungan kalian dengan NPC yang kalian akan nikahi. Saat memasuki 8 hati kalian harus memberikan bouquet pada NPC tersebut. bouquet bisa dibeli di Pierre's General Store dengan harga 200g saat kalian sudah mencapai 8 hati dengan salah satu kandidat karakter yang bisa dinikahi. Untuk mempercepat hubungan kalian dengan karakter tersebut mencapai 10 hati, kalian bisa memberikan karakter tersebut barang kesukaanya, setiap karakter memiliki barang kesukaan yang berbeda-beda.

Setelah itu kalian harus memberikan NPC tersebut sebuah Mermaid's Pendant yang bisa dibeli di Old Mariner. Old Mariner ini ada dipantai dan hanya akan muncul saat hujan, saat musim salju dia tidak muncul kecuali kalian menggunakan Rain Totem. Untuk bisa menemukan Old Mariner kalian harus memperbaiki sebuah jembatan di pantai yang memerlukan 300 kayu. Old Mariner tidak akan menjual Mermaid's Pendant sebelum kalian meng-upgrade rumah kalian. Setelah kalian melamar karakter tersebut dengan memberikan Mermaid's Pendant, pernikahan akan dilangsungkan 3 hari setelahnya. Misal kalian melamar tanggal 1 maka pernikahan akan dilangsungkan pada tanggal 4 di pagi hari.

Cara Cerai di Stardew Valley

Jika kalian ingin bercerai kalian cukup pergi ke Mayor's Manor. Disana ada sebuah buku kecil yang akan memberikan pilihan untuk bercerai. Biaya untuk bercerai adalah 50.000g. Setelah kalian memilih untuk bercerai kalian punya kesempatan untuk membatalkannya di hari yang sama sampai jam 10pm ketika Mayor's Manor tutup. Jika kalian tidak membatalkannya, keesokan harinya kalian sudah bercerai dan pasangan kalian sudah tidak akan ada di rumah kalian lagi.

Cara Membuka Community Center di Stardew Valley

Community Center adalah sebuah bangunan yang tampak terbengkalai dan berada di Pelican Town. Untuk memicu cutscene yang mengarah pada dibukanya Community Center kalian harus mengunjungi Pelican Town dari arah area Bus Stop saat tidak hujan antara pukul 08:00 am sampai 01:00 pm. Kalian bisa melakukannya setelah tanggal 5 Spring tahun pertama.

Setelah cutscene itu kalian akan mendapatkan beberapa quest yang harus kalian jalankan. Selesaikan quest-quest tersebut karena itu penting untuk permainan.

Cara Menyelesaikan Community Center - Bundle di Stardew Valley

Setelah kalian menyelesaikan quest-quest yang saya singgung sebelumnya, kalian akan bisa melihat bundle di Community Center. Kalian harus menyetorkan berbagai barang dan item ke Community Center. Ini adalah hal yang diperlukan karena jika kalian berhasil memenuhi semua permintaan barang/item bundle maka akan banyak fitur terbuka. Dari mulai jembatan menuju The Quarry, bus yang akan mengantar kalian ke gurun, greenhouse, dan masih banyak lagi.

Sedikit tips agar kalian bisa dengan mudah dan cepat memenuhi semua barang/item bundle Community Center adalah kalian harus selalu mengecek di awal musim apa saja barang/item yang dibutuhkan. Beberapa barang/item ada yang hanya bisa kalian dapatkan di musim-musim tertentu saja, seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan. Jadi, sebaiknya sebisa mungkin cek barang yang diperlukan di awal musim lalu mulai mencoba mendapatkan barang tersebut sepanjang musim. Jika kalian melewatkannya kalian harus menunggu cukup lama lagi untuk bisa mendapatkan barang/item musiman tersebut.

Beberapa barang/item bundle memiliki kemungkinan kecil muncul di Traveling Cart dan bisa kalian beli.

Cara Mendapatkan Banyak Uang di Stardew Valley

Untuk mendapatkan uang di Stardew Valley memang banyak caranya, namun intinya ujung-ujungnya adalah menjual barang.

Cara yang pertama adalah menanam tanaman. Ini adalah salah satu cara menghasilkan uang yang bisa kalian lakukan diawal permainan. Tapi, untuk memaksimalkan pendapatan jangan menanam sembarang tanaman. Usahakan pilih tanaman yang memiliki nilai profit besar dan waktu tanam sampai panen yang singkat. Kalau tidak mau ribet, pilih saja tanaman yang bisa dipanen berulang-ulang, seperti jagung misalnya. Jagung cukup direkomendasikan apalagi tanaman ini bisa tumbuh di 2 musim berturut-turut yakni Summer dan Fall.

Diawal permainan langsung menjual hasil panen sebenarnya cukup bijak dan masuk akal. Namun, jika progres bermain kalian sudah cukup panjang misalnya sudah di tahun ke-2 atau ke-3, maka menjual langsung hasil panen bukan lagi pilihan terbaik. Cobalah membuat Preserves Jar atau Keg. Dua alat hasil crafting itu bisa membuat nilai hasil panen kalian berlipat-lipat saat dijual. Buah-buahan dan sayuran hasil panen kalian jika dimasukkan ke dua alat tersebut bisa menjadi barang-barang dengan nilai jual yang lebih mahal, seperti acar, selai, dan lain-lain. Hal ini berlaku untuk barang yang dihasilkan dari hewan pertanian. Telur dari ayam dan susu dari sapi di tahun pertama memang lebih disarankan dijual langsung namun di tahun-tahun selanjutnya kalian harus membuat alat pembuat keju serta mayones. Susu bisa menjadi keju dan telur bisa menjadi mayones. Untuk keju bahkan kalian masih bisa mengawetkannya lagi agar kualitasnya lebih baik dan nantinya lebih mahal lagi harga jualnya.

Selain itu, memancing juga masih bisa dijadikan salah satu cara menghasilkan uang yang baik, terutama di awal permainan.

Sejauh saya bermain Stardew Valley cara diatas adalah yang terbaik untuk menghasilkan uang, setidaknya menurut saya pribadi. Mungkin ada cara lain seperti menduplikat mineral dengan Crystalarium. Namun, saya belum mencobanya.

Itulah tadi beberapa tutorial, tips & trik cara bermain game Stardew Valley di perangkat Android. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan bertanya lewat kolom komentar di bawah!

Keywords: honey, hardwood, harvey, emerald, earth crystal, egg festival, eel, elliott, emily, android 1.5, anime mod, apkpure, alex, abigail, apk mod, stardew valley apk 1.4.5.151 original

Posting Komentar untuk "Tutorial, Tips & Trik Cara Bermain Stardew Valley di Android"

close