Citampi Stories, Game Simulasi Kehidupan Buatan Indonesia di Android

Game Citampi Stories adalah game life simulation di android buatan Ikan Asin Production yang merupakan developer game asal Indonesia.
Citampi Stories, Game Simulasi Kehidupan Buatan Indonesia di Android.jpg

Game simulasi kehidupan memang selalu seru untuk dimainkan dan memberikan kesan tersendiri, memainkan game semacam ini seperti memiliki kehidupan kedua dimana kita merasa lebih bebas mengeksplorasinya. Jika ditanya mana game simulasi kehidupan terbaik dan paling populer mungkin kebanyakan orang akan menjawab "The Sims" atau "Harvest Moon". Tapi, ternyata ada pengembang game asal Indonesia yang membuat game simulasi kehidupan yang cukup memuaskan di Android. Game tersebut bernama "Citampi Stories" dari developer Ikan Asin Production.

"Citampi Stories" hadir di Play Store pada 6 Mei 2019. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store namun ada beberapa fitur berbayar di dalam game ini. Game ini bisa kalian jalankan secara offline alias tanpa koneksi internet. Selain untuk Android, game ini juga tersedia untuk iOS.

Di "Citampi Stories" kita akan memainkan karakter laki-laki. Diceritakan kita tinggal di kampung dan kedua orang tua kita terlilit hutang yang cukup besar pada seorang juragan di kampung tersebut. Karena tak sanggup melunasi hutang tersebut, kita dipaksa untuk menikahi anak perempuan si juragan yang buruk rupa. Sumpah ini Ikan Asin Production kebangetan bikin wajah anak si juragan, lebih mirip banci njir... Hehe. Karena tidak mencintai putri si juragan dan enggan menikahinya, kita pun nekat merantau ke kota mencari pekerjaan agar bisa membayar hutang orang tua kita pada si juragan. Tibalah kita di Citampi dan petualangan kita pun dimulai.

Tujuan kita di game ini adalah melunasi hutang orang tua kita dengan melakukan berbagai pekerjaan di Citampi. Tenggat waktu pembayaran hutang adalah 10 minggu dimana setiap hari minggu kita harus mengirim uang pada orang tua kita di kampung agar bisa membayar hutangnya pada si juragan. Setiap minggu uang yang harus kita bayarkan akan semakin bertambah jadi kalian harus konsisten dan rajin bekerja.

Yang menarik dari "Citampi Stories" tentu saja adalah nuansa khas Indonesia yang dibawa. Tak salah jika kita menyebut game ini sebagai "Stardew Valley" atau "Harvest Moon" dengan kearifan lokal. Ada juga beberapa easter egg khas Indonesia, salah satunya kuntilanak di kuburan.

"Citampi Stories" memiliki sistem gameplay yang mirip dengan "Stardew Valley" terutama dalam pengembangan hubungan kita dengan karakter-karakter di Citampi. Lebih jauhnya mengingatkan saya dengan "Harvest Moon: Friend of Mineral Town" di GBA. Untuk meningkatkan hubungan kita dengan warga Citampi kita harus sering memberikan mereka hadiah, setiap hadiah memberikan penambahan poin hubungan yang berbeda-beda. Semakin suka si karakter dengan barang yang kita berikan, semakin besar pula poin hubungan yang kita dapatkan dengan si karakter tersebut. Setiap karakter warga Citampi punya barang favoritnya masing-masing. Jika ada barang yang disukai maka ada juga barang yang tidak disukai, jadi berhati-hatilah ketika memberikan hadiah, jangan beri barang tidak jelas seperti sampah.

Setiap karakter di Citampi punya cutscene-nya yang akan tampil ketika hubungan kita dengan si karakter tersebut bertambah. Indikator hubungan kita dengan setiap karakter ditampilkan dengan lambang hati. Untuk menampilkan cutscene kalian harus datang ke tempat dan di waktu yang sudah ditentukan setelah indikator kalian dengan si karakter bertambah satu hati. cutscene-nya cukup menghibur apalagi dialog-dialognya disajikan dalam Bahasa Indonesia, jadi untuk kalian yang kurang paham Bahasa Inggris di "Citampi Stories" kalian bisa tetap menikmati ceritanya.

Kontrol di "Citampi Stories" ada virtual analog dan touch. Keduanya bisa digunakan secara bersamaan, kalian bebas mau pakai yang mana. Di sudut kiri bawah ada tombol yang memungkinkan kalian bergerak secara otomatis ke tempat yang tersedia di map yang sedang kalian kunjungi. Untuk kontrol tidak ada masalah, semuanya dibuat sangat efisien. Sedangkan di sudut kanan bawah ada tombol ponsel dimana di menu ponsel ada banyak fitur yang sangat membantu. Di menu ponsel ini kalian bisa melihat hari, peta, statistik kemampuan karakter kalian, informasi karakter warga Citampi dan lain-lain. Di bagian informasi warga Citampi ini ada indikator hubungan dengan lambang hati yang saya jelaskan di atas, informasi cutscene dan posisi si karakter tersebut. Bagi saya, fitur informasi karakter ini sangat membantu.

Pembeda game ini dengan "Stardew Valley" dan "Harvest Moon" adalah di bagian pekerjaannya. "Citampi Stories" bukanlah game bertani, tidak ada fitur bertani atau beternak di game ini. Pekerjaan yang tersedia di game ini ada ojek payung, ojek online, guru, sekdes, youtuber dan masih banyak lagi. Setiap pekerjaan memiliki persyaratan tertentu seperti harus memakai pakaian yang sudah ditentukan serta statistik kemampuan komunikasi, kecerdasan dan kekuatan kalian harus mencapai level tertentu. Untuk meningkatkan kemampuan ada beberapa cara tapi yang paling efektif adalah latihan di gym untuk meningkatkan kekuatan, main di warnet untuk meningkatkan kecerdasan dan berbicara setiap hari dengan warga Citampi untuk meningkatkan komunikasi. Untuk bekerja di game ini cukup mudah, kalian tinggal pergi ke papan pengumuman, papan pengumuman ini tidak cuma satu, setiap papan pengumuman punya pekerjaan yang berbeda-beda, setelah itu pilih pekerjaan yang kalian akan lakukan hari ini dengan syarat-syarat yang sudah terpenuhi. Pekerjaan akan menguras waktu dan energi kalian, jadi bijaklah dalam bekerja, jika di hari itu ada aktivitas lain yang akan kalian kerjakan, jangan habiskan waktu dan energi kalian untuk bekerja karena bukan hanya bekerja yang membutuhkan energi dan waktu. Kalian juga bisa memancing dan menjual ikan yang kalian dapatkan ke Pak Tatang atau memungut barang-barang lalu menjualnya juga ke Pak Tatang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menariknya di versi terbaru ini, "Citampi Stories" menghadirkan fitur untuk menanam sayuran, sepertinya game ini perlahan akan menjadi game farming layaknya "Stardew Valley". Apakah ini membuat "Citampi Stories" menjadi sebuah game plagiat? Saya rasa tidak karena game ini memberikan sentuhan yang berbeda dan tentu saja nuansa lokal yang diberikan menjadi pembeda yang amat sangat jelas.

Apakah tujuan di game ini hanya melunasi hutang orang tua kalian? Bagaimana jika hutang sudah lunas? Setelah hutang orang tua kalian lunas kalian masih tetap bisa memainkan game ini, tujuan selanjutnya adalah membuat kehidupan kalian di Citampi semakin baik dengan memiliki rumah sendiri (diawal game kalian akan tinggal di gudang Pak RT) dan menikah sampai punya anak. Ya, di game ini kalian juga bisa menikahi salah satu karakter perempuan lajang di Citampi, setiap karakter perempuan punya karakterisasi yang berbeda-beda, ada yang alim, ada yang aktif, ada yang imut dan lain-lain. Tenang saja, karakter perempuannya cantik-cantik kok enggak kaya putri si juragan... Hehe. Jika karakter biasa memiliki indikator tiga hati maka karakter perempuan yang bisa kalian nikahi memiliki 5 indikator hati yang harus kalian dapatkan agar bisa menikahinya. Tentu saja bukan cuma itu syaratnya, masih ada persyaratan lain.

"Citampi Stories" terlihat seru, namun tetap saja game ini memiliki kekurangan. Cuaca di "Citampi Stories" tidak berubah, tidak pernah ada hujan di game ini padahal untuk sebuah game life simulation ini adalah hal yang cukup mendasar untuk dihadirkan. Pemilihan karakter juga kurang memuaskan, kita tidak bisa memilih membuat karakter laki-laki atau perempuan, kita hanya bisa memilih karakter laki-laki, memang kita bisa menamainya sesuai keinginan kita tapi saya rasa itu masih kurang. Dibanding kelebihannya, kekurangan di "Citampi Stories" memang tak seberapa.

Ada kekurangan lainnya dari game ini, sebenarnya bukan cuma di "Citampi Stories" tapi hampir di semua game sejenis, yakni kebosanan yang bisa melanda saat memainkan game ini karena kita akan melakukan rutinitas yang itu-itu saja untuk beberapa waktu. Tapi, di game seperti ini ada kepuasan tersendiri jika kalian mendapatkan atau mencapai sesuatu, seperti menikah misalnya, karena menikah di "Citampi Stories" bukanlah hal yang mudah, banyak tahap yang harus di lalui, jika karakter kalian menikah ada kepuasan tersendiri melihatnya.

Untuk visual saya harap kalian jangan berharap banyak. "Citampi Stories" tampil dengan grafis pixel. Sederhana namun bukan berarti jelek, visual seperti ini sudah cukup bagus untuk sekelas game mobile. "Stardew Valley" juga kan visualnya enggak jauh beda seperti ini, jadi masih oke lah. Apalagi musik "Citampi Stories" tidaklah mengecewakan bahkan terdengar ikonis.

Ikan Asin Production selaku pengembang "Citampi Stories" masih punya banyak pekerjaan untuk menyempurnakan game ini, namun untuk saat ini secara keseluruhan "Citampi Stories" sudah cukup memuaskan. Update dari pihak pengembang kemungkinan akan terus berdatangan untuk "Citampi Stories" mengingat masih ada tempat-tempat yang masih belum dibuka, bangunan yang belum bisa dimasuki dan tentu saja fitur-fitur potensial lainnya seperti anak kita menjadi besar dan masuk sekolah serta fitur farming yang akan terus dikembangkan.

Jika kalian ada uang lebih bisa coba beli fitur-fitur premium di game ini sebagai bentuk dukungan pada pihak pengembang yang sudah membuat game ini. Enggak gampang loh bikin game kaya gini. Saya sebenarnya juga sempat agak kesal kenapa fitur-fitur seperti motor dan slot penyimpanan online tambahan harus bayar segala, tapi setelah dipikir-pikir ini hal yang wajar, tak perlu dipermasalahkan, mereka para developer sangat berhak melakukannya, ini juga untuk kelancaran pengembangan game "Citampi Stories" sendiri.

Nilai: 8/10

Keywords: Game Citampi Stories Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, ending, kesukaan warga, tips abu gosok, wiki, guide, bug, barang favorit, baby furniture, baru, stories after baby, anak, all character, adalah