Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mendownload Video YouTube di Ponsel Android

Cara Mendownload Video YouTube di Ponsel Android.jpg

Siapa sih sekarang yang tidak suka menonton YouTube? Hampir semua orang suka menonton video di YouTube, terutama anak muda yang lebih paham teknologi dan suka mengikuti berita-berita viral terkini dari berbagai hal. Perihal men-download video YouTube sebenarnya aplikasi YouTube sendiri sudah memberikan fitur download video kalau-kalau kita mau menonton video tanpa menggunakan data dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu. Sayangnya, video yang kita download tidak tersimpan di penyimpanan ponsel, melainkan ada di sistem aplikasi YouTube itu sendiri.

Mungkin kalian kepikiran untuk mengunduh video dari YouTube dan menyimpan video tersebut di penyimpanan ponsel kita yang bisa kita akses melalui file manager atau bahkan menyimpannya di kartu memori untuk beberapa keperluan. Tentu saja ada caranya dan akan saya berikan tutorialnya di postingan ini. Tutorial yang akan saya berikan ini bisa kalian lakukan dengan ponsel Android kalian.

Ada dua jenis cara men-download video YouTube di Android yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga tapi menggunakan sebuah situs di internet. Keduanya akan saya bagikan disini.

Catatan: Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Baca juga: 10 Penyanyi dan Musisi dengan Subscriber Terbanyak di YouTube

Berikut Tutorial Cara Men-download Video YouTube di Ponsel Android Menggunakan Situs di Internet

- Buka aplikasi YouTube di ponsel kalian, putar video yang ingin kalian download lalu klik tombol Bagikan.

- Pilih Salin link.

- Buka aplikasi Chrome kalian lalu pergi ke situs www.y2mate.com. Tempel link video YouTube yang kalian salin tadi di kolom yang sudah disediakan.

- Gulir ke bawah maka kalian akan menemukan tombol Download untuk video tersebut. Kalian bisa memilih ingin men-download videonya dalam kualitas berapa. Untuk video yang saya gunakan sebagai contoh ini tersedia sampai resolusi 1080p, setiap video memiliki batas kualitas atau resolusi yang berbeda-beda. Klik saja tombol Download disamping kualitas video yang kalian inginkan.

- Tunggu beberapa saat lalu klik tombol Download.

- Video sedang di-download.

- Jika proses download sudah selesai kalian bisa mengeceknya di folder Download di penyimpanan ponsel kalian karena biasanya hasil download dari Chrome akan ada di folder tersebut, kecuali kalian sudah merubahnya.

Berikut Tutorial Cara Men-download Video YouTube di Ponsel Android Menggunakan Aplikasi

- Pertama-tama kalian harus download dulu aplikasi untuk men-download video YouTube-nya. Aplikasinya tidak ada di Play Store. Mungkin Google sudah melarang aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kita mengunduh video YouTube karena ketika kita mengetikkan kata kunci pencarian yang mengarah pada aplikasi-aplikasi semacam itu hasilnya tidak muncul.

- Tenang saja saya sudah menyediakan link download untuk aplikasinya. Aplikasinya bernama TubeMate, kalian bisa men-download aplikasinya di link di bawah ini.

- Download aplikasi TubeMate.apk

- Seperti cara sebelumnya, kalian masuk dulu ke aplikasi YouTube dan salin link video YouTube yang ingin kalian download.

- Buka aplikasi TubeMate. Sebelum kita mengunduh video YouTube-nya, kita atur dulu tempat folder kita menyimpan video hasil download dari aplikasi TubeMate ini agar tidak ribet nantinya. Setelah membuka aplikasinya, klik tiga titik di kanan atas.

- Pilih Preferensi.

- Di bagian Penyimpanan ada pilihan Folder untuk video, klik bagian itu.

- Kemudian atur dimana kalian akan menyimpan video YouTube yang kalian unduh dari aplikasi TubeMate ini. Disini saya memilih folder Download, karena saya memang selalu menaruh file hasil download saya disana agar tidak ribet mencarinya. Kemudian klik tombol Oke.

- Pengaturan ini hanya perlu kita lakukan sekali saja, setelahnya semua video YouTube yang kita unduh dari aplikasi TubeMate akan tersimpan di folder yang kita tentukan tadi.

- Kembali ke halaman awal aplikasi TubeMate. Pada dasarnya tampilan TubeMate sama dengan tampilan aplikasi YouTube di ponsel Android kita, bahkan sebenarnya kita tidak perlu link video YouTube-nya karena kita bisa mencari videonya sama seperti mencari video di aplikasi YouTube yaitu menggunakan kata kunci. Tapi, saya lebih suka lewat link saja. Bahkan di aplikasi TubeMate ini kita juga bisa login menggunakan akun Google kita, sebaiknya jangan lakukan hal ini, saya tidak tahu apa ini berbahaya atau tidak, tapi lebih baik cari aman saja.

- Setelah masuk di halaman awal TubeMate kemudian klik tombol berlogo pencarian di bagian kanan atas layar.

- Tempel link video yang akan kalian download.

- Video yang ingin kalian download akan tampil di hasil pencarian paling atas. Klik dan putar video tersebut.

- Klik tombol berlogo download yang berwarna hijau di bagian atas layar.

- Sama seperti cara yang pertama, disini kalian juga akan disuguhkan berbagai kualitas dan resolusi video yang ingin kalian download. Disini kualitas dan resolusinya lebih banyak dan beragam. Setelah kalian menentukan kualitas dan resolusi video yang akan kalian download, selanjutnya klik tombol Unduh.

- Untuk memeriksa proses unduhan, kalian pergi ke halaman awal TubeMate lalu klik tiga titik di pojok kanan atas layar.

- Klik Daftar unduhan.

- Disini kalian bisa melihat proses download-nya.

- Jika proses pengunduhan selesai kalian bisa cek videonya di folder yang sudah kalian tentukan sebagai folder untuk tempat hasil download video dari aplikasi TubeMate.

Itulah tadi dua cara untuk men-download video YouTube di Android baik itu menggunakan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi tambahan alias menggunakan bantuan sebuah situs. Kalian lebih memilih cara yang mana?

Baca juga: Crypt TV, Tempat Film Pendek Horror Berkualitas di YouTube

Jika ada yang kurang paham dengan tutorial yang saya sampaikan di atas bisa bertanya di kolom komentar atau melalui halaman Contact.

Keywords: download video youtube mp4, gagal, tidak ada suara, kenapa download video youtube tidak bisa, di iphone, di hp, di laptop, cara download video youtube, apakah download video youtube legal, subtitle, jalan tikus, format, mod, apkpure, android tanpa aplikasi, aplikasi, y2mate, dari android, di telegram, hd

Posting Komentar untuk "2 Cara Mendownload Video YouTube di Ponsel Android"