Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Blog dengan Subdomain di Blogger/Blogspot Tanpa Hosting

Cara Membuat Blog dengan Subdomain di Blogger/Blogspot Tanpa Hosting.jpg

Blogger atau ada yang juga menyebutnya Blogspot adalah sebuah layanan pembuatan situs berjenis blog yang dimiliki Google. Ketika membuat blog di Blogger maka kalian akan membuat blog dengan menggunakan subdomain blogspot.com tapi nantinya kalian juga bisa memasang domain TLD kalian sendiri.

Selain itu, setelah kalian memasang domain TLD kalian, kalian juga bisa membuat blog dengan menggunakan subdomain dari domain TLD yang kalian pasang sebelumnya.

Apa Itu Subdomain?

Subdomain adalah sebuah turunan dari domain utama/induk. Mengacu pada Wikipedia, berikut penjelasan subdomain; Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah subdomain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai third-level domain.

Di Blogger/Blogspot, meskipun memiliki fitur terbatas tapi kalian masih bisa membuat sebuah blog dengan subdomain dari domain utama kalian. Tentu saja ini sama seperti blog dengan domain utama kalian di Blogger, sama-sama tak memerlukan hosting.

Jika blog dengan domain utama/induk kalian sudah diterima oleh Adsense, kalian juga bisa langsung menayangkan iklan di blog yang memakai subdomain dari domain utama kalian yang sudah diterima Adsense tersebut. Kalian tak perlu lagi melewati tahapan peninjauan situs.

Tujuan/Kegunaan Blog Subdomain

Sebenarnya setiap orang punya tujuan berbeda-beda kenapa mereka membuat blog dengan subdomain dari domain utamanya. Bukan hanya blog perorangan, tapi banyak situs berita, perusahaan, dan jenis situs lainnya yang menggunakan subdomain ini.

Saya sendiri membuat blog dengan subdomain dari blog ini dengan tujuan agar blog ini tidak terlihat terlalu acak-acakan dalam tema pembahasan yang dibawanya. Blog ini sendiri memang sudah menjadi blog gado-gado, istilah yang digunakan untuk blog dengan berbagai niche pembahasan, karena itulah jika saya menambahkan artikel dengan niche atau pembahasan lain maka akan terlihat semakin kacau. Setiap blog subdomain dari blog ini akan menyajikan postingan dengan niche yang berbeda dari postingan di blog utamanya ini. Seperti food.azizpedia.com yang berfokus pada resep dan makanan.

Hal serupa juga dilakukan berbagai situs media besar, Detik misalnya. Mereka memiliki situs dengan subdomain yang dikhususkan membahas topik-topik tertentu, seperti kesehatan dan olahraga.

Cara Membuat Blog dengan Subdomain di Blogger

Jika gambar agak buram, klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Sebelum membuat blognya, kalian harus terlebih dahulu masuk ke pengaturan DNS domain kalian di tempat kalian membeli domainnya. Disini saya menggunakan layanan Rumahweb, tampilan untuk setiap layanan pasti berbeda-beda tapi intinya sama saja, kalian harus menambahkan CNAME baru.

Di bagian domain kalian masukan subdomain yang akan kalian buat, sebagai contoh saya memasukan health yang nantinya subdomainnya akan menjadi health.azizpedia.com. Untuk TTL samakan dengan nilai yang ada di pengaturan CNAME domain utama yang dipasang di Blogger. Record type pilih CNAME. Untuk hostname masukkan ghs.google.com.

Selanjutnya pergi ke Blogger lalu buat blog baru atau kalian bisa menggunakan blog yang sudah ada dan belum dipasang domain kustom. Saya yakin kalian sudah tahu caranya membuat blog baru di Blogger, jika kalian mencari tutorial memasang subdomain di Blogger tapi tidak tahu cara membuat blog di Blogger rasanya tidak mungkin.

Kalian tinggal pergi ke Setelan lalu pilih Domain kustom di bagian Mempublikasikan.

Masukkan subdomain yang kalian buat tadi lalu klik simpan.

Selesai, kalian tinggal tunggu beberapa saat sampai subdomain kalian aktif dan bisa dikunjungi secara normal.

Sebagai informasi tambahan, jangan mengaktifkan fitur Alihkan domain. Jika kalian mengaktifkannya maka kalau ada orang yang hanya mengunjungi domain induk kalian tanpa www (misal azizpedia.com, tanpa www) maka si orang tersebut akan dialihkan ke blog subdomain kalian bukan ke blog yang menggunakan domain induk.

Tutorial ini bisa kalian lakukan di perangkat ponsel Android karena Blogger sudah memiliki tampilan yang mobile-friendly pun dengan beberapa layanan penyedia domain juga tampilannya sudah sangat nyaman diakses lewat perangkat mobile.

Mungkin sampai disini saja postingan tutorial cara membuat blog dengan subdomain di Blogger tanpa hosting ini. Jika ada bagian yang tidak kalian pahami atau ada yang ingin kalian tanyakan, silakan bertanya di kolom komentar di bawah.

Keywords: custom domain blogspot rumahweb, membuat subdomain tanpa hosting, cara membuat subdomain di blogger, apakah domain blogspot bisa daftar adsense, cara membuat subdomain blogspot, subdomain blogger, contoh blog subdomain, subdomain blog blogspot

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog dengan Subdomain di Blogger/Blogspot Tanpa Hosting"

close