Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Si Pengirim

Berikut cara-cara membaca pesan baru WhatsApp tanpa diketahui si pengirim pesan, bisa menggunakan aplikasi WhatsApp resmi bukan WhatsApp MOD.
Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui si Pengirim.jpg

Apakah bisa membaca pesan di aplikasi WhatsApp tanpa diketahui si pengirim alias tanpa centang biru? Ini bisa dan WhatsApp bahkan sudah menyediakan fiturnya, jadi tidak perlu menggunakan aplikasi WhatsApp MOD untuk melakukannya.

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat paling populer dan paling banyak digunakan. Seperti yang kita tahu, ada beberapa notifikasi dengan tanda centang saat kita melakukan percakapan lewat WhatsApp. Yang pertama adalah centang satu, ini berarti pesan sudah terkirim namun belum sampai ke penerima, biasanya karena si penerima sedang offline alias tidak terhubung ke internet. Yang kedua adalah centang dua, ini berarti pesan sudah terkirim dan sampai di si penerima hanya saja si penerima belum membukanya. Yang selanjutnya yaitu centang dua biru, ini menandakan pesan sudah dibaca.

Centang biru ini kadang menimbulkan masalah ketika si penerima sudah membaca pesan dan si pengirim sudah mengetahui hal tersebut namun si penerima pesan tak kunjung memberikan balasan, ini bisa jadi masalah apalagi jika pesannya berisi pertanyaan atau ajakan. Disinilah sebagian orang berpikir untuk mematikan fitur centang biru. Aplikasi WhatsApp sudah menyediakan fitur ini, kalian tak perlu menggunakan aplikasi WhatsApp MOD untuk mendapatkan fitur semacam ini. Aplikasi WhatsApp MOD sendiri merupakan aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi dengan fitur tambahan entah itu untuk mempercantik tampilannya atau adanya fitur advance seperti melihat pesan yang sudah dihapus si pengirim dan melihat story yang sudah dihapus. Namun, aplikasi WhatsApp MOD tidak disarankan karena bukan aplikasi resmi dari pihak WhatsApp dan bisa membahayakan keamanan privasi dan perangkat pengguna.

Jika kalian hanya ingin mendapatkan fitur mematikan centang biru atau membaca pesan tanpa diketahui si pengirim pesan, kalian tak perlu menggunakan aplikasi WhatsApp MOD. Berikut tutorialnya.

Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Mematikan pengaturan Laporan dibaca

Ini adalah cara yang paling mudah, saya bahkan kerap menggunakan cara ini jika ingin menghilangkan fitur centang biru. Kalian bisa masuk ke Setelan > Akun > Privasi > lalu matikan opsi Laporan dibaca.

Dengan mematikan atau menonaktifkan fitur Laporan dibaca ini, fitur centang biru tidak ada lagi. Jadi, jika kalian membuka sebuah pesan, centang biru tidak akan dikirimkan ke si pengirim pesan, si pengirim pesan akan tetap melihat centang berwarna abu-abu. Kekurangannya adalah kalian juga tidak akan mendapatkan centang biru jika pesan yang kalian kirim sudah dibaca oleh si penerima pesan. Ini cukup adil, jadi kalian dan lawan chat kalian sama-sama tidak mendapatkan centang biru.

Membaca pesan lewat notifikasi

Cara yang satu ini sebenarnya tidak bisa dilakukan di semua jenis ponsel Android, terutama ponsel keluaran lama. Tapi, setahu saya ponsel keluaran terbaru semuanya kemungkinan besar bisa menggunakan cara ini untuk membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim.

Pertama-tama masuk ke aplikasi WhatsApp kalian, kemudian pergi ke Setelan > Notifikasi lalu aktifkan opsi Gunakan notifikasi prioritas tinggi. Caranya adalah ketika kalian mendapatkan pesan WhatsApp maka akan ada notifikasi di bagian atas layar ponsel kalian. Jangan dulu di hapus notifikasi tersebut. Kalian bisa membaca pesannya langsung melalui notifikasi tersebut. Jika pesan terlalu panjang maka semua isi pesan tidak akan langsung ditampilkan, untuk menampilkannya kalian harus menekan tanda panah dan menggesernya ke bawah, lihat gambar di bawah ini.

Tekan tanda panah yang ditandai seperti di gambar di atas, lalu geser ke bawah maka semua isi pesan akan ditampilkan.

Dengan membacanya lewat notifikasi seperti ini, si pengirim tidak akan menerima centang biru meskipun kalian sudah mengetahui dan membaca isi pesannya.

Hati-hati ketika akan menekan tanda panah di bagian notifikasinya, karena tanda panahnya cukup kecil, jika kalian malah menekan notifikasi bukan tanda panahnya maka kalian akan langsung masuk ke WhatsApp dan membuka pesan tersebut yang otomatis akan mengirimkan tanda centang biru pada si pengirim pesan.

Membaca pesan saat menghidupkan mode pesawat

Ini adalah cara terakhir dan paling tidak saya rekomendasikan tapi jika diantara kalian ada yang mau menggunakan cara ini ya silakan saja. Apa alasannya saya tidak merekomendasikan cara ini? Nanti saya jelaskan.

Semua smartphone pasti memiliki mode pesawat. Sebuah mode dimana ponsel akan mematikan sinyal dan juga otomatis akan mematikan jaringan data internetnya juga. Saat dalam mode ini kalian bisa membuka WhatsApp dan membuka pesan baru yang ingin kalian baca. Saat di mode pesawat ini meskipun kalian membaca pesan tersebut, si pengirim pesan tidak akan mendapatkan centang biru. Sebelum mematikan mode pesawat dan menghidupkan kembali koneksi internet di ponsel kalian pastikan aplikasi WhatsApp sudah kalian tutup.

Saya tidak suka cara ini karena ketika mode pesawat dimatikan kemudian kita membuka WhatsApp maka si pengirim pesan yang pesannya tadi kita buka saat di mode pesawat akan mendapatkan centang biru. Hal ini akan terjadi bahkan ketika kalian hanya membuka aplikasi WhatsApp saja tanpa membuka pesan tersebut. Inilah kenapa saya tidak menggunakan cara ini. Tapi, jika kalian tidak ada rencana membuka aplikasi WhatsApp sampai nanti akan membalas pesan tersebut cara ini bisa kalian gunakan.

Itulah tadi beberapa cara sederhana untuk membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui si pengirim pesan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Kalian bisa menggunakan cara ini atau kalian bisa menggunakan aplikasi WhatsApp MOD hanya saja seperti yang saya bilang di atas, ada bahaya yang mungkin bisa saja menimpa kalian seperti privasi kalian yang tidak terjaga dan ada juga kemungkinan perangkat kalian bermasalah karena aplikasi WhatsApp MOD tersebut. Ini masih sebatas kemungkinan saja, tidak semua pengguna WhatsApp MOD akan mendapatkan bahaya semacam ini. Pada akhirnya tergantung dari kalian sendiri, apakah siap dengan resikonya atau tidak.

Keywords: baca pesan wa, baca pesan wa tanpa diketahui, baca pesan wa tanpa buka aplikasi, baca pesan wa tanpa ketahuan, baca pesan wa tanpa centang biru, baca pesan whatsapp, baca pesan whatsapp tanpa ketahuan pengirim, membaca pesan whatsapp tanpa ketahuan, membaca pesan whatsapp tanpa centang biru, membaca pesan whatsapp tanpa membuka aplikasi, cara membaca pesan wa tanpa diketahui, cara membaca pesan grup whatsapp tanpa diketahui pengirim